Movies

MENGINTIP SUKA-DUKA MENUJU DEWASA DALAM REALITY SHOW NINETEEN TO TWENTY!

Reality show satu ini menceritakan perjalanan menuju dewasa, termasuk dewasa dalam menyatakan dan menerima sebuah perasaan.

title

FROYONION.COM-Tidak hanya sukses memproduksi beragam drama berseri dan film, Korea Selatan juga turut mewarnai industri hiburan dunia dengan suguhan reality show. Mulai dari variety show seperti Running Man, hingga sebuah dating show yang diproduksi dan disiarkan oleh Netflix, Single’s Inferno.

Setelah sukses dengan 2 musim Single’s Inferno, kali ini Netflix pun membuat sebuah dating show dengan target penonton yang lebih spesifik, yakni bagi para remaja yang hendak memasuki usia dewasa. Reality Show itu diproduksi dan disiarkan oleh Netflix, dengan judul Nineteen to Twenty!

Meski telah resmi dihapuskan oleh pemerintah Korea Selatan per tanggal 28 Juni, 2023, Korea Selatan sempat memiliki sebuah sistem umur yang berbeda dengan beberapa negara di dunia. Sistem umur tradisional milik Korea Selatan ini membuat siapa saja akan bertambah umur ketika tahun masehi juga berganti (semua akan bertambah umur menginjak 1 Januari). 

Oleh karena itu, perayaan pergantian tahun masehi di Korea Selatan juga menjadi sebuah perayaan untuk bertambahnya umur bagi setiap orang, terlepas ia lahir di tanggal dan bulan apa.

Reality show satu ini menceritakan perjalanan menuju dewasa, termasuk dewasa dalam menyatakan dan menerima sebuah perasaan.
 

Perayaan bertambahnya usia itulah yang mendasari hadirnya reality show Nineteen to Twenty. Dalam acara ini, beberapa remaja Korea Selatan dari berbagai daerah dan latar belakang yang tengah berusia 19 tahun dikumpulkan ke dalam satu sekolah selama sepekan sebelum mereka bertambah umur menjadi 20 tahun dan menjalani awal kehidupan dewasa mereka bersama peserta lain, juga selama sepekan di House of 20.

Selama di sekolah, School of 19, seluruh peserta mempelajari beberapa mata pelajaran yang sengaja disiapkan untuk menjadi bekal mereka ketika dewasa dan menginjak umur 20 tahun. Pelajaran-pelajaran tersebut meliputi memasak, merias, hingga belajar berpacaran! Meski begitu, bersekolah rasanya tidak lengkap tanpa berdampingan dengan peraturan, dan tentu saja School of 19 memiliki sebuah aturan. Yap, benar! Sebuah aturan, hanya satu peraturan yang perlu ditaati oleh semua peserta, dilarang berpacaran!

BACA JUGA: PACARAN SAMA SAHABAT? EITS, PERHATIKAN INI DULU

Peraturan tersebut menjadi pemantik hadirnya beragam momen bahagia, sedih, lucu, menggemaskan, bahkan mendebarkan yang terjadi di antara tiap peserta. Tak hanya menonton keseruan cerita persahabatan dan cinta para siswa School of 19, para penonton juga dapat memetik dan ikut belajar beberapa hal menarik yang mungkin terjadi dalam proses memasuki dewasa, baik itu menyikapi perasaan suka ke orang lain dan “belajar menjadi dewasa” secara umum. Berikut adalah beberapa hal menarik yang dapat ditemukan dalam serial Nineteen to Twenty!

Sumber: Youtube,com/@netflixkcontent

1. BERANI MAKE A MOVE!

Melangkah itu berat, apalagi membuat langkah untuk mendekati doi! Tapi, jika kamu tidak segera memulainya, kamu bisa kalah dengan yang lain.

Hal paling krusial dalam kisah cinta anak muda, make a move, digambarkan dengan sangat jelas di serial ini. Perasaan takut dan bingung untuk memulai sebuah percakapan seringkali menjadi momok bagi siapa saja yang sedang kasmaran. Keadaan para peserta di serial ini membantu penonton untuk belajar bahwa make a move adalah kunci dari hadirnya ketertarikan dan terjalinnya sebuah hubungan.

Tak hanya memahami bahwa langkah pertama adalah langkah yang paling penting, kamu juga bisa lho mencontek beberapa langkah pertama dari peserta yang ada di serial ini!

Sumber: Youtube,com/@netflixkcontent

2. MENYATAKAN DAN MENGEKSPRESIKAN PERASAAN

Bukan hanya menyatakan perasaan suka, menyatakan dan membicarakan perasaan satu sama lain adalah hal yang penting. Meski kedua belah pihak sudah jelas memberi “tanda” ketertarikan, tetapi menyatakan dan mendeskripsikan perasaan adalah salah satu hal yang dapat membuat setiap peserta dalam suatu hubungan lebih mudah memahami dan menghormati perasaan satu sama lain.

Selain menyatakannya, penting juga bagi kamu untuk mengekspresikan perasaanmu, agar peserta dalam hubungan juga dapat melihat ketertarikan dan excitement kamu untuk bersamanya. Ekspresikan perasaanmu lewat perhatian-perhatian kecil yang bisa membuatnya yakin, kalau kamu serius dengannya!

Meski begitu, menyatakan perasaan tidak hanya penting dalam hubungan asmara, hubungan dalam bentuk yang lain juga memerlukan keterbukaan dengan saling membicarakan perasaan satu sama lain, agar setiap pihak dapat memahami dan makin mengenal satu sama lain. Dengan memiliki keterbukaan, segala jenis hubungan akan lebih mudah terhindar dari salah paham dan berpotensi menjadi makin erat!

Sumber: Youtube,com/@netflixkcontent

3. BERSAING DENGAN SEHAT

Jangan sampai urusan cinta membuat hubungan pertemananmu amburadul! Tak jarang kita memiliki crush yang sama dengan teman kita, itu hal yang wajar bukan? Kita tidak bisa mencegah teman kita untuk tidak jatuh cinta dengan orang yang sama dengan kita, apalagi melarang mereka untuk memiliki perasaan suka dengan orang yang mungkin sama seperti kita.

Maka dari itu, bersainglah secara sehat dan tetap saling mendukung satu sama lain agar hubungan pertemanan tetap dapat terjalin dengan baik. Mau bagaimanapun, teman tidak akan pernah putus, jadi jaga hubungan pertemananmu dengan bersaing dengan suportif ya!

Pada akhirnya, Nineteen to Twenty adalah salah satu reality show yang pas untuk ditonton bagi kamu yang sedang ingin kembali mengingat masa-masa menuju dewasa atau bagi kamu yang ingin mengintip bagaimana lika-liku perjalanan menuju dewasa. Lewat reality show ini, kamu bisa melihat atau mengingat kegalauan dan kebahagiaan di masa transisi dari umur 19 ke 20 tahun.

BACA JUGA: PATAH HATI DI BULAN CINTA? LAKUKAN 5 HAL INI UNTUK KEMBALI BAHAGIA

Hal yang paling tidak bisa kita abaikan sebagai Gen Z yang juga akan menginjak dewasa dan ditampilkan dalam show ini adalah keterbukaan untuk menyampaikan dan mengekspresikan perasaan dengan cara yang baik dan benar kepada teman tentang hal-hal yang kita rasakan. Selain itu, bersaing atau bersikap suportif kepada teman adalah pelajaran yang tak kalah penting yang berhasil digambarkan dengan indah di dalam serial ini.

Untuk kamu yang masih kikuk dalam urusan asmara, serial ini dapat kamu jadikan sumber referensi untuk belajar kiat-kiat menyatakan perasaan dan menerima sebuah kekecewaan dalam cinta!

Jadi, sudah siap berbunga dan berdebar lewat serial Nineteen to Twenty? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Arvy

Musisi kamar mandi, suka Reality Club dan 1975