Movies

KETAHUI MUSISI LO-FI DARI INDONESIA YANG KARYANYA BISA BIKIN LO NYAMAN

Ngomongin musik Lo-Fi kemarin sempat viral karena youtube memblokir live streaming channel Lofi Girl yang sangat populer itu, Jangan panik Civs, di Indonesia sendiri juga punya musisi Lofi keren yang mungkin jarang orang ketahui. 

title

FROYONION.COM - Dengerin musik saat nugas ataupun ngerjain sesuatu emang paling enak sih Civs, bahkan kayaknya sudah menjadi bagian dari budaya anak muda Indonesia. Apalagi musik yang santai dan kalem gitu, bisa membantu kita jadi semakin fokus dan tenang. 

Biasanya gue dengerin musik instrumental gitu atau nggak musik Lo-Fi, musik Lo-Fi sendiri singkatan dari Low Fidelity adalah musik yang dibuat secara unik dengan instrumental-instrumental tambahan dari alam. Mulai dari beberapa suara obrolan orang lain, kicauan burung, atau tetesan air hujan. Ditambah instrumen unik seperti suara radio yang berganti, langkah kaki, hingga suara plastik yang bergesekan. Banyak musisi-musisi dari luar negeri yang bisa terkenal dengan membuat musik-musik bertemakan Lo-Fi ini Civs.

Mengutip dari laman ubaya.ac.id, Jenis musik ini sempat eksis pada tahun 90-an dan kembali tenar akhir-akhir ini di kalangan anak muda karena musiknya sederhana dan tenang serta bernuansa alam.

Kemarin sempat kaget dan panik juga karena di hari Minggu (10/7)  gak tahu kenapa streaming dari kanal Youtube Lofi Girl tiba-tiba berhenti. Untuk saat ini sih udah normal lagi ya, bisa lo nikmatin  lagi musik Lo-Fi dari kanal youtube Lofi Girl itu.

Ternyata di Indonesia sendiri Civs ada juga musisi Lo-Fi yang mungkin jarang orang ketahui dan karyanya juga asik banget buat lo nikmatin.

1. SETERUSUNYI

(Sumber foto: Youtube Seterusunyi)
(Sumber foto: Youtube Seterusunyi)

Pertama gue rekomendasikan Seterusunyi, karena Seterusunyi jadi duo Lo-Fi pertama di Indonesia nih Civs, terbentuk pada 22 Januari 2020, grup duo asal Semarang ini langsung mencuri perhatian dengan karyanya yang unik dan berbeda dari musik lainnya. Mereka juga sering collab bareng musisi terkenal lain seperti Ifan seventeen dan Tuan tiga belas. Buat lo yang penasaran kayak gimana musiknya langsung aja kunjungi kanal youtube atau spotify mereka di sini Seterusunyi.  

2. ICE CREAM

(Sumber foto: Tangkapan layar ice cream - rahasia)
(Sumber foto: Tangkapan layar ice cream - rahasia)

Ya ice cream, tapi bukan ice cream untuk dimakan, melainkan untuk didengarkan. Musiknya mengusung campuran dari gaya Hip-Hop, Beat dan Rap, membuat beberapa karya ice cream mungkin kurang familiar di telinga. Ditambah dengan pembawaan musik yang dikategorikan sebagai musik Chill Lo-Fi.

Dengan tempo lambat yang cukup bertentangan dengan musik-musik rap yang biasanya memiliki tempo yang cepat. Salah satu karya orisinil yang pernah dibuat dan terkenal adalah "Rahasia". Bisa lo dengerin di youtube,spotify maupun apple music.

3. MASIYOO

(Sumber Foto: Youtube Masiyoo)
(Sumber Foto: Youtube Masiyoo)

Sering mengcover lagu Indonesia mulai dari lagu pop dan lagu anak-anak menjadi versi Lo-Fi dengan musik yang unik dan jadi chill banget buat didengerin. Ditambah dengan tampilan visual di youtube menggunakan karakter anime yang semakin menambah nuansa chill di lagu-lagunya. Wajib banget buat lo dengerin Civs sambil nugas atau kerja bisa membawa lo terbang nostalgia ke zaman dulu. Misalnya seperti lagu Si Bolang, Doraemon, Crayon Shinchan makin asik banget buat didengerin. 

4. PXZVC

(Sumber foto: Youtube PXZVC)
(Sumber foto: Youtube PXZVC)

Dengan teknik remix layaknya musisi internasional lainnya. PXZVC atau musisi yang memiliki nama asli Khoidir Ali ini memiliki ciri khas yaitu Lo-Fi mix. Lo-Fi buatan PXZVC yang cukup terkenal adalah kolaborasi musik buatannya dengan Shiloh Dynasty yang berjudul in luv w u, Bad Idea, dan Stay. Mungkin lo pernah dengerin di cafe-cafe atau tongkrongan tapi nggak tau ini lagu judulnya apa. 

Di Indonesia sendiri sepertinya belum banyak musisi yang membuat lagu Lo-Fi buat lo nih Civs yang punya referensi lain dari grup band, penyanyi solo, atau duo grup dll bisa lo komen di sini Civs, apa saja musik Lo-Fi dari Indonesia yang lo ketahui. (*/)

BACA JUGA: PUNYA SELERA MUSIK BAGUS BIKIN COWOK AUTO-GANTENG, EMANGNYA IYA?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Irfan Kusbiantoro

Warga sipil biasa yang kebetulan menjadi mahasiswa sastra arab tapi selalu merasa salah jurusan