Movies

HIDDEN TV SHOW DI VIU YANG BIKIN WAWASAN LO TAMBAH LUAS

Suka nonton TV Show di VIU kayak Running Man, Sixth Sense, atau Amazing Saturday? Nih gue kasih rekomendasi TV Show lainnya yang bikin wawasan lo tambah luas.

title

FROYONION.COM - Hayo siapa nih yang nonton variety show atau reality show di VIU? Kebanyakan emang acara ragam dari Korea Selatan sih, karena emang VIU itu gudangnya film atau drama Korea. Acara ragam yang dari Indonesia sebenarnya juga ada yang baru di VIU, judulnya Play Date, cuma memang basic-nya memang lebih ke hiburan aja.

Gue sendiri juga suka nonton acara ragam kayak Running Man, Amazing Saturday, Men On A Mission, Yu Hui Yeol's Sketchbook, dan lain sebagainya karena kadang bosen aja sih nonton drakor atau film mulu.

Selain yang gue sebutkan di atas, ternyata banyak juga loh acara ragam di VIU yang bikin wawasan lo lebih luas lagi dan lo bisa nemuin hal-hal yang belum pernah lo denger sebelumnya. Emangnya apa aja sih?

1. MEN IN BLACK BOX

Acara ragam asal Korea ini menampilkan liputan kejadian kecelakaan yang terekam oleh black box. Kalau lo suka nonton film atau drama Korea pasti tau kalau setiap mobil ada kamera CCTV-nya. Ini sangat membantu penyelidikan kepolisian di sana terkait apa yang terjadi sebenarnya.

Nah, di acara ini nantinya dijelaskan mengenai prosedur hukum yang akan didapat dari kejadian tersebut dan juga kita diberitahu hukuman apa aja yang diterima akibat dari kejadian tersebut. Jadi acara ini mengedukasi kita agar taat lalu lintas dan kita jadi tau peraturan atau pasal-pasal apa aja yang ada dalam undang-undang.

BACA JUGA: APAKAH MENONTON DRAKOR TERMASUK PRODUKTIVITAS?

2. PROBLEM CHILD IN HOUSE

Mungkin beberapa dari kalian yang tau acara ini menganggap kalau ini cuma acara kuis aja, tapi emang betul ini tuh acara kuis. Lebih tepatnya sih acara bincang-bincang disertai kuis yang ditanyakan oleh produser acaranya. Namun, dengan kuis yang dilontarkan produsernya, kita jadi tau fakta-fakta kecil yang mungkin tidak diajarkan di sekolah. 

Bintang tamu yang hadir juga nggak sembarangan orang. Biasanya yang hadir itu orang-orang yang berpengaruh di Korea. Seperti profesor, detektif, profiler, insinyur, dll. Jadi pembicaraan mereka juga berbobot.

3. THE HOUSE DETOX

Bisa dibilang acara ini kayak bedah rumah versi Korea. Namun, yang jadi pembeda adalah acara ini khusus untuk menata isi ulang rumah aja. Jadi lo akan tau bagaimana penataan ruang yang baik sesuai kondisi ruangan itu gimana. 

Lo juga akan tau bagaimana cara agar ruangan tersebut bisa terlihat efektif, efisien, dan estetik walaupun hanya punya sedikit ruang. Intinya acara ini mengedukasi kita untuk belajar hidup minimalis dengan barang yang kita punya.

4. THE 8HIBITION

Kalau acara yang satu ini berasal dari Hongkong yang hanya terdiri dari 4 episode saja. Acara ini tuh ekshibisi pameran dinosaurus pertama yang jumlah dinosaurusnya lengkap. 

Jadi kerangka dinosaurus yang tersebar di seluruh dunia ini dikirim ke Hongkong untuk dipamerkan di acara ini. Di acara ini juga dikenalkan beberapa jenis dinosaurus yang mungkin masih asing di telinga. 

Dalam acaranya juga ada liputan bagaimana cara membersihkan, menyatukan, dan cara packing tulang dinosaurus. Kita juga dikenalin sama orang-orang yang ahli paleontologi di seluruh dunia. Jadi menambah pengetahuan baru kalau kerjanya ahli paleontologi ini lumayan rumit.

5. I LIVE ALONE

Kalian pasti udah nggak asing lagi sama acara ragam yang satu ini. Jadi acara ragam ini isinya kehidupan artis atau selebriti Korea yang hidup seorang diri. Semacam survive kehidupan gitu lah.

Mungkin ini bisa dibilang acara hiburan biasa sih, tapi buat lo yang anak kos, kontrak, atau hidup sendiri, gue saranin nonton acara ini. Banyak life hack yang bisa lo terapkan dari para artis ini.

Walaupun biasanya artis atau selebriti itu kaya, nyatanya mereka juga ngirit kayak orang pada umumnya. Jadi acaranya ini bakal ngebantu lo untuk bertahan hidup dan bisa nemenin lo yang hidupnya sendirian mulu. Jadi kita juga tau gimana sih cara survive ketika nggak punya siapa-siapa.

Gue sendiri suka banget nontonin kegiatan sehari-hari grup pelangi (para MC acara ini), terutama Kian48. Dia seniman yang sangat sederhana, nggak kayak artis pada umumnya lah pokoknya.

6. ENCYCLOPEDIA OF USELESS FACTS ON UNBELIEVABLE HUMAN BEINGS

Nah, kalau acara yang satu ini sebenarnya udah ada sejak 2017. Namun, yang tayang di VIU hanya season barunya dengan judul yang sangat panjang seperti di atas.

Buat lo yang belum tau, acara ini tuh reality show perkumpulan orang-orang pintar yang sharing tentang fakta random, entah itu ekonomi, politik, sosial, astronomi, literature, sains, tokoh terkemuka, dll.

Gue nonton acara ini bukan karena MC nya RM BTS (Yep, MC nya itu Kim Nam Joon a.k.a RM), tapi karena gue kepo banget sebenarnya ini acara apa. Bayangin aja, ada 6 orang duduk di satu meja berbincang-bincang selama 12 jam bahkan lebih. Pertanyaan gue adalah, mereka ngomongin apa sampai selama itu? Udah kayak tongkrongan anak muda yang makin fajar ceritanya makin religius wkwk.

Gue pikir bakalan bosen cuma lihat 6 orang cerita ngalor-ngidul bahas hal hal random dari topik orang yang dicintai sampai nyasar ke semikonduktor, tapi nyatanya gue malah dapet fakta-fakta baru yang belum pernah gue denger sebelumnya.

Kalau lo penasaran sama acara ini, lo nonton aja di VIU, udah kayak dengerin orang baca ensiklopedia beneran, asli dah.

Itulah beberapa rekomendasi TV Show dari gue yang ada di VIU. Sebenarnya pilihannya ada banyak banget, cuma yang menurut gue bikin wawasan tambah luas tuh rada jarang. 

Beberapa acara yang gue sebutkan di atas ada yang cuma beberapa episode aja yang tayang di VIU. Gue nggak tau kenapa VIU tidak menyajikan semua episode dari acara tersebut. Mungkin karena yang nonton dikit kali ya.

Yang masih eksis sih I Live Alone sama Encyclopedia Of Useless Facts On Unbelievable Human Beings dan setiap minggunya selalu update episode baru. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dynasti Savira

Investor Reksadana, pro player Blossom Blast Saga, pegiat hidup monoton, dan penikmat seni tapi bukan air. Motto hidup : Semua masalah pasti akan berlalu, iya berlalu lalang.