Tips

APAKAH MENONTON DRAKOR TERMASUK PRODUKTIVITAS?

Siapa sih yang suka nonton drakor sampai berpuluh-puluh episode? Ternyata kegiatan tersebut termasuk salah satu kegiatan yang produktif loh (*syarat dan ketentuan berlaku).

title

FROYONION.COM - Banyak orang yang bilang bahwa semua hal yang berhubungan dengan screen time hanyalah membuang-buang waktu. Seperti bermain video game, menggunakan komputer, bermedia sosial, menonton drakor, dan lain-lain.

Padahal jaman sekarang semuanya serba screen time, alias semua orang punya ponsel. Segala hal bisa diakses hanya menggunakan ponsel aja. Mulai dari nyari berita, berkomunikasi, menyelesaikan suatu pekerjaan, bahkan sampai pesan makanan.

Tak terlepas juga dengan yang namanya mencari hiburan, salah satunya yaitu menonton Drama Korea. Gue sendiri awalnya ogah banget nonton drakor karena susah bedain wajah para aktor dan aktrisnya. Akhirnya mulai nonton  akhir tahun lalu dan keterusan sampai sekarang.

Namun, banyak orang yang bilang kalau menonton drakor itu hanya membuang-buang waktu dan tidak berguna, istilahnya tidak produktif gitu lah. Benarkah menonton drakor hanya membuang-buang waktu? 

JAM MENONTONPRESENTASE
1,5 Jam22%
1,5 - 3 Jam46%
3 - 5 Jam21%
>5 Jam11%

Dari data survei JakPat seperti di atas, rata-rata penggemar drakor di Indonesia menonton sebanyak 4 kali dalam seminggu dengan durasi 2 jam 45 menit dalam sekali nonton. Survei ini melibatkan 1025 responden dari seluruh Indonesia yang menonton drama dalam 6 bulan terakhir (24 Juni - 4 Juli 2022).

Ini menunjukkan bahwa penggemar drakor di Indonesia telah meluangkan waktu yang lumayan banyak untuk menonton drakor. Padahal 2 jam 45 menit bisa digunakan untuk aktivitas yang lebih produktif, seperti olahraga, menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline, bersih-bersih rumah, atau membaca buku kisah nabi.

BACA JUGA: 5 HAL YANG BELUM TERJAWAB DI DRAKOR THE GLORY SONG HYE KYO

Nonton drakor dengan durasi yang lama bisa dibilang membuang-buang waktu, bisa juga dibilang produktif. Sebagai contoh, lo nonton drakor 2 episode berturut-turut, tapi lo hanya sekedar nonton aja dan meninggalkan kewajiban yang lo punya.

Contoh lain, lo nonton drakor maraton 7 hari 7 malam abis itu lo ulangi lagi. itu yang dinamakan membuang-buang waktu secara percuma. Lo tidak mengambil sisi baik dari nonton drakor. Padahal hobi nonton drakor itu bisa dijadikan produktivitas kalau lo tau caranya. Emangnya nonton drakor bisa dijadikan suatu produktivitas?

CARA AGAR NONTON DRAKOR JADI SUATU BENTUK PRODUKTIVITAS

Gue sendiri juga suka nonton drakor, gue bisa menyelesaikan 1 season drakor hanya dalam waktu 4-7 hari (tergantung on going apa enggak). Bisa dibilang gue lumayan drakor addict gitu lah, walaupun baru setahun hehe. 

Awalnya gue dulu juga sekedar nonton doang, tapi lama-kelamaan khawatir juga sama diri sendiri yang tidak ada perkembangan akibat nonton drakor mulu. Akhirnya gue melakukan beberapa hal di bawah ini biar waktu gue nggak sia-sia.

1. SEBISA MUNGKIN MENGGUNAKAN SUBTITLE INGGRIS

Mungkin sebagian besar orang yang suka nonton drakor pasti akan mengerti beberapa kata dalam bahasa Korea. Seperti annyeong haseyo, nugu, gamsahabnida, ige mwoya?, meokja, chagiya, dan tentunya ssibal saekia, wkwk.

Namun, apakah sebagian besar orang yang nonton drakor ini bisa berbahasa Inggris? Belum tentu. Seharusnya kita harus lebih lancar dalam berbahasa Inggris karena bahasa Inggris adalah bahasa nomor satu di dunia. Misal suatu hari nanti lo bisa keliling luar negeri kan udah nggak khawatir lagi harus menyewa translator atau buka google translate

2. TONTON YANG GENRENYA MISTERI

Gue emang suka banget genre ini karena bisa mengasah otak dan melatih kita berpikir kritis. Menurut gue, serial misteri itu memang agak susah dalam memproduksinya, pengambilan gambarnya juga perlu teknik tertentu agar teka-tekinya bisa tersampaikan dengan baik.

Selain itu, genre ini juga  melatih lo untuk melihat situasi dari berbagai sudut pandang, itu akan mempengaruhi lo dalam memecahkan suatu masalah. Bukan berarti genre lainnya buruk, tapi lo akan menemukan banyak istilah asing jika lo nonton genre misteri.

Mengambil manfaat dari menonton drakor juga bergantung pada kualitas cerita filmnya.
Mengambil manfaat dari menonton drakor juga bergantung pada kualitas cerita filmnya.

3. SELALU CATAT APA YANG PERLU DICATAT

Gue selalu sedia catatan ketika menonton drakor. Emangnya buat apa sih? Jadi catatan ini berguna untuk mencatat kosakata baru atau istilah lainnya yang belum gue ngerti sebelumnya. Karena menggunakan subtitle bahasa Inggris, waktu gue dalam menonton satu episode bisa memakan waktu lumayan lama, bisa sampai 2 jam an.

Selain itu catatan ini juga berguna untuk mencatat teka teki yang ada di film atau mencatat pertanyaan yang terlintas di pikiran gue. Karena gue suka genre misteri, pasti banyak banget scene yang bikin penonton bertanya-tanya apa maksudnya. Jadi gue akan catat semua yang ada di pikiran gue ketika menonton drakor genre ini.

Walaupun nantinya catatan tersebut akan terjawab di episode selanjutnya, pasti masih ada beberapa detail yang belum terjawab. Nah, dari hal yang tidak terjawab itu biasanya gue cari jawabannya di Twitter atau YouTube. 

Dari semua hal yang gue lakukan di atas, biasanya gue akan membuat artikel setelahnya. Entah itu review, entah itu membahas hal yang belum terjawab, entah mengulas tokohnya, dan lain sebagainya.

Itu sih beberapa hal yang gue lakukan agar waktu menonton drakor gue tidak terbuang percuma. Mungkin lo juga bisa buat podcast yang membahas drakor tersebut, atau konten di YouTube, atau bisa juga buat kontennya di TikTok, dan lain sebagainya.

Intinya sebisa mungkin lo melakukan kegiatan yang berguna setelah menonton drakor agar waktu lo tidak terbuang percuma. Pastinya juga harus menyelesaikan kewajiban yang lo punya dulu, baru nonton drakor. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dynasti Savira

Investor Reksadana, pro player Blossom Blast Saga, pegiat hidup monoton, dan penikmat seni tapi bukan air. Motto hidup : Semua masalah pasti akan berlalu, iya berlalu lalang.