Movies

DARI ‘WORLD WAR Z’ HINGGA ‘ALL OF US ARE DEAD’: PENGGEMAR FILM ZOMBIE LEBIH SIAP MENGHADAPI PANDEMI?

Sebagian orang menghindar film bertema zombie, dengan suatu alasan karena tayangan tersebut terlihat relevan dengan kejadian pandemi Covid-19 yang hanya menimbulkan ‘keparnoan’. Namun, ternyata riset mengatakan penggemar film zombie lebih siap mental dalam menghadapi pandemi!

title

FROYONION.COM - Pada tanggal 28 Oktober 2022, Netflix kembali merilis dengan serial thriller Korea yang berjudul, All of Us Are Dead. Berdasarkan data Flix Patrol, penayangan perdana drama yang diadaptasi dari webtoon ini memecahkan rekor baru dengan mengemas  679 poin. Tentu ini mengalahkan semua drama Korea termasuk Squid Game maupun Hellbound yang hanya mengemas 231 poin dan 634 poin pada penayangan perdananya.  

Kalo kita flashback ke film western bertema zombie berjudul World War Z yang diangkat dari novel karangan Max Brooks dengan judul yang sama. Film ini pernah menjadi film zombie terlaris di dunia sepanjang 12 tahun terakhir. Ini menunjukkan kalo film dengan latar kiamat zombie cukup dinikmati dan diminati, Civs.

Namun yang jadi pertanyaan buat gue, kenapa kebanyakan orang terutama dari kalangan anak muda begitu gemar menyaksikan adegan yang menegangkan, berdarah-darah, kekerasan, hingga kematian yang bercampur dalam tema zombie? 

Padahal kalau dipikir-pikir secara polos dengan konsep yang terjadi pada dua film di atas, maupun di cerita film zombie yang lain, pasti selalu mengawali cerita dengan wabah, virus, dan vaksin. Tentu ini, seharusnya membangkitkan ketakutan atau ‘keparnoan’ kita dalam situasi pandemi seperti ini.

Namun opini gue itu tentunya gak didukung dengan bukti yang shahih ya Civs. Malah sebaliknya, ternyata ada riset yang mengatakan bahwa menonton film zombie memungkinkan beberapa orang untuk lebih siap dalam menghadapi pandemi Covid-19. Lah kok bisa?

PENONTON FILM zombie LEBIH SIAP MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Riset yang dimaksud berasal dari Penn State University. Para peneliti di sana menemukan, orang-orang yang menikmati film bertema zombie lebih siap menghadapi pandemi. Dilansir dari ScienceDirect, penemuan ini telah dipublikasikan di jurnal Personality and Individual Differences.

Penelitian jurnal ini berawal dari riset yang melibatkan 310 orang untuk menguji apakah mereka yang suka menonton film zombie lebih siap menghadapi pandemi. Para peserta diarahkan untuk mengisi semacam kuesioner tentang film kesukaan mereka. Terkhusus seberapa besar mereka menikmati tayangan zombie ini.

Dan alhasil dari temuan tersebut menunjukkan bahwa penggemar film zombie itu memang lebih siap menghadapi pandemi Covid-19 ini. Dalam jurnal tersebut, salah seorang peneliti yang bernama John Johnson mengatakan bahwa semakin banyak orang yang menonton film yang bertema kekerasan seperti zombie, maka semakin baik mereka dalam menghadapi pandemi. Jadi menurut doi, tayangan zombie dengan koreografi kejang kayak orang kesurupan  ini bisa berfungsi sebagai latihan mental untuk menghadapi kejadian yang nyata seperti pandemi Covid-19 ini, Civs.

KENAPA KECENDERUNGAN ITU  BISA TERJADI?

Kalau dalam penelitian yang dilansir di PsyArXiv Preprints, dalam jurnal yang berjudul The Psychological Benefits of Scary Play in Three Types of Horror Fans. Jurnal ini sebenarnya menghubungkan 3 kategori orang yang menikmati adegan kekerasan. Namun gue mencoba mengkorelasikannya dengan adegan zombie yang memang notabene berbau kekerasan juga.

Dalam jurnal ini, ternyata di antara para penggemar memiliki alasan tersendiri, mengapa mereka menyukai tontonan kekerasan seperti film zombie.  Jadi ada penggemar yang dijuluki sebagai pecandu tantangan atau adrenalin bahasa kerennya, mereka cuman kepengen buat dapetin feel emosinya dari tayangan zombie tersebut.

Namun, ada juga yang menikmati tayangan zombie karena merasa seolah-olah dia bisa mempelajari sesuatu dari tontonan itu. Dan terakhir ada kelompok penggemar yang mendapatkan kedua dari manfaat tersebut. Doi dapet sensasi filmnya, sekaligus dapat mempelajari sesuatu dari tayangan zombie tersebut.

Yaa, menurut kelompok terakhir ini selain menghibur, ternyata dengan menyaksikan film zombie yang berisikan kekerasan, wabah, virus dan hal-hal yang berhubungan dengan pandemi, menjadi langkah persiapan diri untuk menghadapi dunia yang penuh kekerasan dan berbahaya ini. Dengan menonton film yang mengerikan dan menegangkan menjadi menarik untuk alasan yang baik.

Karena dengan alasan yang sederhana, seperti konsep di tayangan zombie, lo juga bakal berusaha untuk tidak terkena infeksi, virus, dan yang pastinya memenangkan pertarungan dengan bertahan hidup, sembari menunggu vaksin. Kurang lebih seperti itu gambarannya. (*/)

BACA JUGA: LIVE ACTION: APAKAH BENAR BAGUS? ATAU HANYA SEKEDAR FAN SERVICE?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bayu Dewantara

Mahasiswa UI(n) Jakarta, Content Writer, Civillion, Penulis buku antologi "Jangan Bandingkan Diriku" dan "Kumpulan Esai Tafsir Progresif"