Movies

ADAPTASI WEBTOON MALAH JADI KONTROVERSI?

Adaptasi film dari Manga atau Webtoon biasanya paling dinanti para pembacanya, tapi sekarang kok justru jadi kontroversi?

title

FROYONION.COM – Pada 20 Juni lalu, Falcon Pictures mengadakan presscon terkait film terbaru yang tengah mereka garap. 

Adapun presscon tersebut bertujuan untuk memperkenalkan para pemeran dari film adaptasi Webtoon berjudul Pasutri Gaje yang ditulis dan digambar oleh Annisa Nishifani.  

Dari presscon tersebut diketahui bahwa Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari akan memerankan karakter Adimas dan Adelia dari Webtoon tersebut.

Selain itu ada beberapa nama artis besar lainnya seperti Andre Taulany, Kiky Saputri, Indro Warkop, Tora Sudiro dan masih banyak lainnya.

Tak heran, mengapa Falcon Pictures membuat keputusan untuk mengadaptasi Pasutri Gaje jelas karena rating dari Webtoonnya sendiri mencapai 9.87 dan dibaca hampir lebih 5 juta kali. 

Pasutri Gaje sendiri menceritakan soal sepasang pasutri yaitu Adimas dan Adelia yang bekerja sebagai PNS tetapi keduanya bekerja di instansi yang berbeda, akan tetapi suatu moment mempertemukan mereka sehingga benih-benih cinta tumbuh diantara keduanya dan tak lama berselang keduanya memutuskan untuk menikah. 

Plot cerita yang menarik ditambah bumbu-bumbu PDKT yang absurd di antara keduanya membuat Pasutri Gaje memiliki banyak sekali pembaca kendati saat ini serialisasinya tengah diberhentikan sementara atau Hiatus. 

POSTER ADAPTASI FILM YANG BERMASALAH

Segera setelah Presscon warganet berbondong-bondong menyerbu Twitter dan laman media sosial lainnya. Hal tersebut tak ayal disebabkan karena poster resmi di background Presscon dianggap tak sesuai dengan Webtoonnya. 

Beberapa akun jelas mengkritik hal tersebut, seperti yang dikutip dari @tubbirfess : Shame buat art director-nya bcs what the.. is this poster? Pasutri Gaje kan ceritanya slice of life pasangan PNS, posternya kenapa ala cyberpunk 2077 gini? Also kalo mau pake AI minimal jejak-jejaknya tuh dibersihin WKWKWKWKWK MALU MALUIN. 

@favorbte juga mengomentari seragam PNS di universe mana ini?. Selain itu juga akun lain dengan nickname @chatxtime mengomentari : ini ga ada vibes pasutri gajenya sama sekali, harusnya pake baju PNS atau yang gambarin keseharian pasutri sama tone warnanya lebih ke yang cocok buat slice of life. Dan masih banyak sekali komentar-komentar negatif lainnya.  

Kebanyakan warganet kecewa dengan poster yang tampil di press conference, karena bagaimana tidak sebuah film dari adaptasi Webtoon justru tidak dibuat sesuai dengan yang aslinya dan justru menggunakan AI atau Artificial Intelegent dalam pembuatannya dan semakin diperparah sebab tak sesuai dengan genre ceritanya yang jelas sekali lebih ke arah Slice of Life justru ditampilkan dengan konsep Cyberpunk yang tak nyambung sama sekali. 

Melihat banyak sekali keributan, salah satu pemeran di film Pasutri Gaje yaitu Kiky Saputri membuat twit bernada klarifikasi akun Twitter pribadinya: 

@kikysaputrii : Banyak yang udah marah-marah sama posternya padahal ini bukan poster asli tayangan, karena kita belom pada syuting juga. Mungkin ini dadakan dibuat sama PH cuma buat background u/ presscon hari ini. Sabar ya pemirsa.

Meski Kiky Saputri sudah membuat sebuah twit bernada klarifikasi bahwa poster tersebut bukanlah poster aslinya, warganet terlanjur kecewa karena ternyata adaptasi film Pasutri Gaje ternyata sudah ditunggu-tunggu sejak 2020 akan tetapi karena pandemic Covid-19 produksi filmnya terpaksa dihentikan dan baru 2023 ini dilanjutkan kembali produksinya. 

Meski bola panas sudah bergulir dan dirasa hal tersebut adalah blunder yang cukup fatal, ada kalanya mungkin kita sebagai masyarakat tetap harus berbangga sebab karya anak bangsa yang bisa diapresiasi oleh banyak sekali orang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Naya Rasendrya

Naya Rasendrya Movie Enthusiast, Produser Film Pendek dan fans berat film-film Wong Kar-Wai. Kata-kata Mutiara “Sombonglah jika memang ada yang bisa kamu sombongkan”.