Movies

6 REKOMENDASI FILM DAN SERIES BERTEMA ZOMBIE PALING WORTH WATCHING

Film zombie emang nggak ada matinya! Buat yang penggemar film-film bertema zombie, kalian udah nonton semua film dan series yang ada di daftar ini belum?

title

FROYONION.COMDalam format film ataupun series, tontonan yang menjual kehororan mayat hidup ini selalu asyik buat diikuti. Nuansa yang dibawa nggak jauh-jauh dari rasa tegang dan menyeramkan dengan tetap dibumbui sedikit percikan drama. 

Berhubung zombie itu sendiri nggak ada di dunia nyata, penggambaran zombie dalam tiap film bisa saja berbeda. 

Ada yang jalannya cepat, ada yang jalannya lambat, ada yang terinfeksi gara-gara bakteri dan ada juga nih yang penyebabnya berasal dari jamur. Suka-suka penulisnya aja lah mau dibuat gimana. 

Nggak heran kalau tiap film zombie selalu punya keunikannya masing-masing. Dari sekian banyak film dan series yang mempertontonkan kengerian mayat hidup, berikut beberapa di antaranya yang bisa dibilang paling worth watching

1. THE WALKING DEAD

Nggak afdol rasanya bikin daftar tontonan zombie terbaik tanpa menyertakan The Walking Dead. Serial TV yang ditayangkan di kanal AMC ini diangkat dari buku komik dengan judul sama karya Robert Kirkman dan pertama kali tayang pada 2010. Hmm, udah lumayan lama juga ya. 

Ceritanya berpusat pada seorang polisi bernama Rick Grimes dan kelompoknya yang mencoba untuk bertahan hidup di tengah wabah misterius yang mengubah orang-orang menjadi walker, sebutan untuk zombie dalam serial ini. 

Beberapa kali berpindah tempat dan kehilangan anggota kelompok, hubungan mereka menjadi semakin erat satu sama lain.

Poin plus dari serial ini bukan hanya make-up zombienya yang keliatan real, tapi juga bagaimana kita sebagai penonton akan diajak untuk bersimpati pada semua karakter yang ada di dalamnya. Pengembangan karakternya dapet banget! 

Bahkan, bisa dibilang zombie-zombie yang ada di sini hanya sebagai background noise aja. Cerita yang sebenarnya adalah tentang berubahnya kemanusiaan orang-orang ketika dihadapkan pada situasi sulit. 

Setelah bergulir selama 12 tahun dan memiliki 11 musim, serial ini akhirnya tamat pada November 2022 lalu. Males nonton sampai 11 musim? Kamu bisa nonton sampai musim keempat, trus pura-pura aja ceritanya udah selesai sampai di situ. 

2. KINGDOM

Satu lagi serial zombie yang nggak boleh dilewatkan kalau kamu penggemar genre ini. Berlatar di era Joseon, seorang putra mahkota dikirim untuk menyelidiki wabah misterius yang menyebar di seluruh pelosok negerinya. 

Penyelidikan ini tentunya nggak mudah, apalagi sang putra mahkota juga tengah menjadi sasaran kudeta oleh orang dalam istana. 

Kalau ada yang bilang Kingdom ini versi Koreanya Game of Thrones, jangan percaya ya! Tapi kalau ada yang bilang Kingdom adalah versi Koreanya The Walking Dead, nah itu baru ada benernya. Bahkan, Kingdom berhasil menyajikan gambaran zombie yang lebih saintifik. 

BACA JUGA: BUKAN KINGDOM! INILAH ‘GAME OF THRONES’ VERSI KOREA 

Menghadirkan ketegangan dari awal sampai akhir dengan misteri yang dikuak perlahan-lahan, Kingdom bisa dibilang punya semua yang kita inginkan dari tontonan thriller

Pantes aja banyak netizen nodong Netflix buat segera ngerilis musim ketiganya. Sayang banget kalau serial sebagus ini nggak lanjut sampai akhir. 

3. ALL OF US ARE DEAD

Korea Selatan punya banyak stok tontonan zombie di Netflix. Selain Kingdom, judul-judul lain yang mungkin pernah kamu dengar adalah Sweet Home, Train to Busan dan Alive. Tapi, percaya deh, dibanding ketiganya, yang paling worth to watch adalah All of Us Are Dead. 

Berlatar di sebuah SMA, wabah zombie yang nggak sengaja menular dari seekor tikus percobaan ke seorang siswi secara cepat menjalar ke seluruh sekolah dan bahkan menjangkiti satu kota. 

Sekelompok siswa yang masih terjebak di dalam gedung sekolah pun mencoba kabur dan menyelamatkan diri di tengah kepanikan yang melanda. 

Tegang dan seramnya dapet banget! Apalagi tentu saja dengan bumbu-bumbu romansa ala anak SMA dan adegan sedih saat satu per satu anggota kelompok terjangkiti virus ini. 

Buat kamu yang terlanjur bucin Lee Suhyeok atau penasaran gimana nasib Choi Namra selanjutnya, wajib banget tungguin musim kedua yang bakal tayang tahun ini! 

4. WORLD WAR Z

Nah, yang satu ini formatnya film. Dibintangi Brad Pitt, World War Z mengisahkan seorang mantan staf PBB Garry Lane yang mendapat teror zombie ketika terjebak macet di tengah kota. 

Tim khusus PBB kemudian meminta Garry  Lane menyelidiki awal mula penyebaran serta menemukan vaksin guna menyelamatkan jutaan umat manusia. 

BACA JUGA:

DARI ‘WORLD WAR Z’ SAMPAI ‘ALL OF US ARE DEAD’: PENGGEMAR FILM ZOMBIE LEBIH SIAP MENGHADAPI PANDEMI? 

Beda dengan film zombie kebanyakan yang berpusat pada kisah sekelompok orang yang mencoba bertahan hidup di tengah wabah zombie, World War Z justru menceritakan bagaimana orang-orang yang nggak terjangkit ini mencari vaksin guna menyembuhkan mereka yang terinfeksi. 

Sama-sama ada sisi survivalnya, tapi di film ini jadi kelihatan lebih real. Oiya, zombie di sini juga dikisahkan bisa bergerak dalam kecepatan tinggi, lho. Nggak terseok-seok seperti zombie kebanyakan. Dijamin bikin efek ngerinya makin berasa, deh. 

5. BLACK SUMMER

Apa yang bikin serial Netflix ini jadi salah satu serial zombie paling worth watching? Black Summer pakai teknik pengambilan gambar yang bakal membuat penonton terbawa dalam suasana kengerian bencana zombie. 

Kamera akan mengikuti tiap gerak-gerik karakter utama dan terkadang juga terasa banyak guncangan.

Sensasi petualangan menyelamatkan dirinya terasa banget, sih. Kalian akan merasa seolah sedang turut berada di dalam ceritanya. 

Plotnya sendiri udah cukup mainstream: sekelompok orang dengan latar belakang berbeda-beda yang mencoba bertahan hidup di tengah wabah zombie. 

6. THE LAST OF US

Penggemar film dan serial zombie bener-bener nggak boleh melewatkan serial dari HBO ini. Diangkat dari video game berjudul sama, The Last of Us bisa dibilang adalah film zombie yang nggak hanya bikin ngeri, tapi juga bikin nangis berkali-kali! 

Dikisahkan, infeksi jamur sejak 2003 membuat orang-orang yang terinfeksi akan berubah menjadi haus darah layaknya mayat hidup. 

Salah seorang penyintas wabah ini, Joel, berperjalanan bersama seorang anak perempuan bernama Ellie yang anehnya dapat tetap bertahan hidup meski sudah digigit oleh orang yang terinfeksi. 

Porsi dramanya bisa dibilang mendominasi walau tentu masih ada sesekali adegan action seru. Pengembangan karakternya keren banget, terutama gimana hubungan layaknya bapak-anak yang terjalin antara Joel dan Ellie. Kalau kalian baru berencana marathon series ini, saranku siapkan tisu saat nonton episode 3, 7 dan 8 ya! 

Nah, itu dia rekomendasi serial dan film bertema zombie yang cocok buat tontonan akhir pekan kalian. Beberapa masih ada yang on going, nih. Wajib banget dipantau kapan musim berikutnya bakal tayang. Selamat menonton! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read