Movies

5 REKOMENDASI FILM INDIA WAJIB DITONTON, TENTUNYA ADA 3 IDIOTS!

Karena tidak semua film India berisi adegan Shah Rukh Khan dan Kajool kejar-kejaran di taman bunga sambil nyanyi Kuch Kuch Hota Hai. Berikut 5 rekomendasi film India yang wajib kalian tonton.

title

FROYONION.COM – Apa yang kalian pikirkan saat mendengar “film India”? Adegan tarian dan nyanyian khasnya mungkin langsung terlintas di kepala. Sederet nama aktor dan aktris legendarisnya seperti Amitabh Bachchan, Hritik Roshan dan Tina Mukherjee juga mungkin langsung terpikirkan saat membayangkan film dari negara ini. 

Industri perfilman India yang kerap disebut Bollywood memang terbilang sangat produktif. Per tahun, mereka mampu memproduksi hingga 1000 film. Dari ribuan judul yang sudah dirilis, tidak sedikit pula yang meledak di pasaran dan melekat dalam ingatan. 

BACA JUGA:

6 REKOMENDASI FILM DAN SERIES BERTEMA ZOMBIE PALING WORTH WATCHING 

Eits, jangan dulu berpikir film-film India hanya berisi adegan nyanyi dan joget. Satu dekade terakhir, film-film India justru banyak mendapat pujian karena kemampuannya dalam mengangkat isu-isu sosial yang cukup sensitif dalam balutan cerita yang menarik dan penuh humor. 

Kalau kalian butuh rekomendasi film untuk tontonan di akhir pekan, lima film India di bawah ini bisa jadi pilihan. Spoiler alert: tidak semuanya berisi adegan ikonik kejar-kejaran di bawah hujan! 

1. 3 IDIOTS

Kita mulai daftar rekomendasinya dari salah satu film India paling populer sekaligus paling sukses yang pernah dibuat. 

Dibintangi Aamir Khan dan Kareena Kapoor, film rilisan 2009 ini mengisahkan dua orang laki-laki yang mencoba mencari keberadaan salah seorang sahabat mereka semasa kuliah. 

BACA JUGA:

4 REKOMENDASI FILM DENGAN TEMA JATUH CINTA PADA SAHABAT

Pencarian ini sekaligus menampilkan kilas balik masa-masa kuliah dulu. Sang sahabat yang tengah dicari ini dikenal sebagai pribadi yang cerdas namun seringkali berpikir out of the box dan membuat dosen mereka kesal. 

Mengangkat isu pendidikan dalam durasi 3 jam, film ini sama sekali tidak terasa membosankan. Banyak adegan yang membuat tertawa terpingkal-pingkal, ada adegan yang sukses membuat air mata mengalir dan ditutup dengan plot twist yang cukup bikin melongo. 

2. 12TH FAIL

Diangkat dari kisah nyata, 12th Fail mengisahkan Manoj Kumar Sharma, seorang anak lelaki dari keluarga miskin di distrik Chambal yang terkenal sebagai sarang bandit. Ia bercita-cita menjadi seorang polisi yang jujur. 

Sebuah harapan yang aneh dan nyaris tidak akan tercapai. Pasalnya, selain karena berasal dari keluarga miskin, lingkungan sekitar Manoj seakan mengharuskannya untuk menghalalkan segala cara demi mencapai tujuan. 

Tidak ingin menyerah, Manoj tetap berusaha mewujudkan keinginannya tanpa jalan pintas. Ia belajar dengan rajin sembari bekerja sambilan demi memenuhi cita-citanya. 

Premis yang terdengar sederhana namun eksekusinya luar biasa. Karakter utamanya terasa kuat dan membuat kita terikat dengan ceritanya hingga akhir. Tema isu sosial yang cukup menyentil struktur organisasi di India juga dihadirkan dengan sangat baik. Banyak adegan menguras air mata, jadi siapkan tisu saat menonton, ya! 

3. LAAPATA LADIES  

Deepak Kumar dan Phool Kumari baru saja menikah. Dalam perjalanan kereta api ke rumah keluarga Deepak, secara tak sengaja Phool tertukar dengan pengantin lain karena keduanya mengenakan baju dan kerudung yang sama persis. 

Alhasil, wanita yang dibawa pulang Deepak bukanlah istrinya, Phool tertinggal di kereta dan terlunta-lunta seorang diri di stasiun, sementara pengantin wanita satunya ternyata memiliki niat lain saat terbawa ke rumah Deepak. 

BACA JUGA:

4 REKOMENDASI FILM KARYA ZACK SNYDER BUAT KALIAN BINGE WATCH 

Siapa sangka kisah pengantin yang tertukar ini bisa jadi ide cerita film yang tidak hanya lucu namun juga penuh akan satir. Laapata Ladies  membawa isu-isu berat mulai dari praktek kawin paksa hingga korupsi di kepolisian. 

Ada juga topik seputar feminisme dan kesetaraan gender yang disisipkan tanpa kesan memaksakan sehingga tidak berakhir sebagai woke agendaLaapata Ladies justru membekas sebagai film yang menghangatkan hati dan menyentuh. 

4. ANDHANDUN

Seorang pemain piano muda secara sengaja berpura-pura menjadi penyandang tuna netra saat mengerjakan musik barunya. Ia lalu mendapat pekerjaan sebagai pemain piano di restoran dan kemudian diundang ke sebuah pesta. 

Tak disangka, di pesta itu ia menjadi saksi kasus pembunuhan yang terjadi tepat di depan matanya. Andhandun sempat jadi perbincangan warganet di tahun rilisnya pada 2018 karena mampu menyuguhkan thriller apik lengkap dengan adegan berdarah-darah. 

Konon, ide pembuatannya berasal dari film Prancis berjudul The Piano Tuner. Penasaran bagaimana kelanjutan ceritanya? 

5. TO KILL A TIGER

Khusus yang satu ini adalah film dokumenter. Tayang perdana di Festival Film Internasional Toronto, To Kill a Tiger mengisahkan perjuangan seorang ayah yang mencari keadilan untuk putrinya yang menjadi korban pelecehan seksual. 

Isu kekerasan seksual pada perempuan memang bukan hal baru di India. Statistik menunjukkan bahwa negara ini termasuk salah satu yang memiliki indeks keamanan perempuan terendah di dunia. 

Diceritakan dalam tempo lambat dan minim adegan-adegan bombastis, To Kill a Tiger tetap mampu mengacak-acak emosi lewat serangkaian pernyataan dari para narasumbernya. Dokumenter berdurasi dua jam ini harus ditonton dalam suasana hati yang baik supaya kita tidak ikut stress membayangkan nasib korban. 

Itu dia lima rekomendasi film India wajib tonton dari genre komedi, thriller hingga dokumenter. Selamat menonton! (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read