Kreatif

STYLING OUTFIT ANTI RED FLAG PAKE KOLEKSI SPRING/SUMMER UNIQLO 2023

Tahu kan konten nanya-nanya di TikTok tentang outfit red flag? Ternyata ada cara menyiasati hal itu dengan pake item-item koleksi Spring/Summer UNIQLO 2023 loh!

title

FROYONION.COM - Pernah liat konten yang lagi rame di TikTok tentang outfit red flag? Pasti pernah deh, soalnya di FYP gue aja konten kayak gitu bisa lewat lebih dari 5 kali sehari. 

Jawaban para responden juga macem-macem tergantung dari subjektivitas mereka. Tapi ada satu jawaban soal jenis outfit red flag yang sering diulang-ulang: warna dan model bajunya nggak matching. 

Misalnya pake kaos macan tutul tapi celananya pola zebra, atau yang pake baju merah, kaos kuning, dan sepatu ijo. Mungkin orang yang kayak begitu sebenernya mau menerapkan konsep color blocking, tapi malah jadi kayak lampu lalu lintas. 

Buat lo yang ngerasa outfit-nya dibilang red flag, jangan sedih dulu–apalagi sampe putus asa. Gue punya tips nih buat lo yang pengen tampil keren dan fashionable tapi takut dibilang red flag. Biar gampang dilakukan, kita pake contoh baju dan celana dari koleksi Spring/Summer UNIQLO ya. 

BACA JUGA: APA SIH BEDANYA 'STYLE' DAN 'LOOK' DALAM FASHION?

WARNA NGEJRENG+NETRAL=GREEN FLAG OUTFIT

Biasanya pemula tuh suka salah memahami konsep color blocking, alhasil outfit yang dipake pun jadi terkesan norak dan bertabrakan. Padahal caranya cukup mudah, yaitu dengan memperhatikan color wheel. 

Kuncinya dengan memadukan warna yang berseberangan. 

Konsep color wheel juga bisa dipake untuk menentukan warna outfit dengan konsep color block. (Gambar: Proven Winners)
Konsep color wheel juga bisa dipake untuk menentukan warna outfit dengan konsep color block. (Gambar: Proven Winners

Contohnya kayak yang dipake sama Herjunot Ali di acara ‘2023 Spring/Summer Season Preview’ yang mengusung tema The Art of Everyday Life pada Jumat (20/1)  lalu. 

Contoh pengaplikasian konsep color block pada outfit Herjunot Ali. Jaket berwarna mustard dipadupadankan dengan kaos biru dongker dengan motif garis berwarna senada dengan jaket, membuat outfitnya terlihat simple sekaligus modis. (Foto: Garry/Froyonion)
Contoh pengaplikasian konsep color block pada outfit Herjunot Ali. Jaket berwarna mustard dipadupadankan dengan kaos biru dongker dengan motif garis berwarna senada dengan jaket, membuat outfitnya terlihat simple sekaligus modis. (Foto: Garry/Froyonion) 

BACA JUGA: ALASAN KENAPA ANAK MUDA HARUS MELEK SOAL FESYEN

“Untuk bikin outfit yang keren itu nggak perlu repot-repot kok. Kalo mau pake konsep color blocking misal, pilih 1 item yang warnanya ngejreng. Misal kayak Junot pake jaket warna mustard, dalemnya pake navy blue. Jadinya kalo dipadukan lebih tone down. Ditambah celana jeans-nya bikin look dia kali ini terlihat lebih casual,” jelas Carissa Perusset yang juga hadir dalam acara bersama Vincent Rompies, Raline Shah, Herjunot Ali, Lukman Sardi, dan Aghniny Haque. 

Kalo udah paham konsep ini, dijamin outfit lo nggak akan dibilang red flag lagi deh!

UTAMAKAN BAHAN PAKAIAN YANG NYAMAN DIPAKE

Pasti gengges banget kalo ngeliat orang pake baju dan jaket tebel, padahal tinggal di Jakarta yang mataharinya udah kayak neraka bocor–panas! 

Emang sih jaket-jaket tebel ala-ala winter keliatan keren, apalagi kalo kita ngeliat model-model yang pake jaket tebel dengan gaya streetwear. Masalahnya, outfit kayak gitu nggak cocok kalo dipake di Indonesia. 

Keren sih keren, tapi kalo nggak nyaman ya buat apa? 

BACA JUGA: JANGAN SALAH, 4 FESYEN FEMININ INI DULU SERING DIPAKAI KAUM COWOK

Makanya, UNIQLO selalu mengedepankan kenyamanan di setiap produknya. Contohnya kayak koleksi AIRism yang memakai teknologi mudah menyerap keringat, sehingga cocok banget dipake di negara tropis kayak Indonesia. 

Kalo dulunya teknologi AIRism ini hanya diaplikasikan di pakaian dalam, sekarang udah diaplikasikan ke kaos bahkan hoodie juga. Warna-warna yang tersedia juga macem-macem, jadi lo masih bisa pake teori color block di atas supaya outfit lo nggak red flag dan nyaman. 

Selain AIRism, UNIQLO juga punya koleksi berbagai kemeja linen dengan warna-warna cerah yang breathable dan cocok banget buat lo penganut ‘kue’ look. Contohnya kayak yang dipake Carissa di bawah ini. Kelihatannya simple banget ya, doi cuma pake tank top dan kemeja linen pink aja sebagai luaran. Tapi bisa kelihatan modis karena paduan warna yang serasi dan bahan pakaian yang berkualitas. 

Selain warna yang serasi, penting juga untuk memperhatikan kenyamanan dan kualitas bahan untuk bikin outfit lo kelihatan kece dan nggak dibilang red flag, Civs. (Foto: Garry/Froyonion)
Selain warna yang serasi, penting juga untuk memperhatikan kenyamanan dan kualitas bahan untuk bikin outfit lo kelihatan kece dan nggak dibilang red flag, Civs. (Foto: Garry/Froyonion)

Selain tips yang udah gue jelasin, ada kabar baik lagi nih, Civs. 

Lo bisa langsung praktekin teori-teori di atas pake koleksi Spring/Summer UNIQLO yang bakal rilis dari bulan Januari-Juli 2023 ini! Mulai dari jaket yang dipake sama Junot dan kemejanya Carissa, bisa lo beli di toko, website, dan aplikasinya UNIQLO. Biar nggak ketinggalan, lo bisa pantengin website dan aplikasi mereka untuk tahu item apa aja yang udah rilis. 

Percaya deh, pake item fesyen dari UNIQLO itu jalan pintas supaya lo dibilang fashionable. Pokoknya anti outfit red flag deh! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.