Kreatif

MOTOGP NGGAK HANYA EUFORIA OLAHRAGA SEMATA, TAPI BISA JADI AJANG PENGENALAN KULINER NUSANTARA

Sandiaga Uno menerangkan kalo MotoGP Mandalika harus dimanfaatkan jadi ajang showcase keanekaragaman kuliner kita. Mungkin nggak sih, kuliner lokal kita bisa jadi lebih dikenal lewat ajang promosi kayak gini?

title

Perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika yang bakal diadakan tanggal 18 Maret esok hari rupaya membawa dampak positif di berbagai sektor kehidupan masyarakat kita. Karena diperkirakan, event ini bakal ditonton sama kurang lebih 400 juta orang di seluruh dunia.

Dengan jumlah penonton sebanyak itu, tentunya membuat negara kita berada di spotlight, Civs. Tapi ternyata nggak cuma dari sisi euforia olahraganya aja yang bikin negara kita diperhatiin sama masyarakat dunia, momen MotoGP di Mandalika hari esok juga bisa dimanfaatkan jadi ajang buat memperkenalkan santapan khas nusantara, khususnya buat para turis mancanegara yang datang ke Indonesia buat nonton MotoGP, Civs.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bilang bahwa momen ini harus kita manfaatkan sebagai showcase ragam kekayaan bangsa kita, utamanya soal memperkenalkan aneka kearifan lokal serta makanan khas Indonesia ke seluruh dunia.

Dalam acara “Food Truck Goes to Mandalika” yang diadakan tanggal 13 Maret 2022 di Jakarta, Sandiaga melepas 10 food truck yang akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Mandalika sebagai ajang promosi kuliner nasional. Diketahui kalo ajang promosi ini lahir dari kerjasama antara Kemenparekraf dan FJB (Festival Jajanan Bango), Civs.

BACA JUGA: SAMPAH BERSERAKAN DI MANDALIKA, TEMPAT SAMPAH KURANG BANYAK APA EMANG KEBIASAAN?

“Upaya promosi kuliner ini merupakan bagian dari program ‘Spice Up The World‘ karena pemerintah ingin menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi gastronomi unggulan yang harus dipromosikan melalui produk-produk kuliner,” jelasnya.

Menurutnya juga, aneka bumbu atau rempah-rempah otentik harus bisa dipromosikan kepada dunia lewat event MotoGP Mandalika ini, karena nantinya bakalan ada 34 santapan khas masing-masing provinsi di Indonesia yang bisa dinikmati penonton MotoGP selama event.

Sejumlah food trucks ini tentunya bakal ‘nangkring’ di Mandalika pas event MotoGP lagi berlangsung dari tanggal 18 – 20 Maret 2022. Sandiaga juga berharap, bahwa kehadiran food trucks di Mandalika bisa membantu meningkatkan transaksi kuliner sebesar 20-30% di sana.

Sandiaga pengen menjadikan food trucks to Mandalika sebagai contoh buat UMKM lainnya di Indonesia bahwa mereka semua bisa maju dan berkembang, nggak cuma buat kesejahteraan diri sendiri aja, tapi juga buat memajukan nama Indonesia di kancah perkulineran dunia, Civs. (*/)

BACA JUGA: PAWANG HUJAN MANDALIKA: MALU ATAU MALAH BANGGA?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.