Kreatif

KRITERIA IKLAN BAGUS MENURUT YOUTUBE DAN 3 CARA CUAN LEWAT YOUTUBE

Di zaman serba digital seperti saat ini, beriklan di YouTube dinilai sebagai salah satu cara yang efektif. Di 2022 ini, Sebanyak 25 juta orang Indonesia menonton video secara streaming dengan menyambungkan YouTube ke televisi.

title

FROYONION.COM - Pada akhir Oktober, YouTube telah mengumumkan 7 iklan terbaik peraih YouTube Works Awards berdasarkan hasil penilain juri dalam event Brandcast 2022. Event tersebut merupakan sebuah acara marketing tahunan oleh YouTube.

YouTube Works Awards merupakan bagian dari Brandcast di mana YouTube bekerja sama dengan Kantar dan P3I untuk merayakan dan mengapresiasi brand dan agensi dalam menghasilkan kampanye paling menarik dan efektif di YouTube. 

Ini adalah kampanye terbaik di kelasnya yang menggabungkan data, penggunaan format iklan YouTube, dan materi iklan yang andal untuk membangun brand, menjangkau penonton dengan cara yang unik, dan mendorong hasil yang terukur. Daftar 7 pemenang lengkap 2022 ada di sini.

YouTube telah berkembang dari sekadar tempat orang mengunggah dan berbagi video menjadi tujuan utama bagi pembuat konten untuk membangun komunitas. Dan pada gilirannya, tempat bagi bisnis untuk terhubung secara mendalam dengan audiens mereka. 

“YouTube telah menjadi platform penting untuk mengekspresikan kreativitas dan menjangkau khalayak luas lintas generasi,” ujar Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing Google Indonesia. 

“Itulah mengapa kami membuat Brandcast untuk pengiklan dan agensi untuk merayakan komunitas pembuat konten YouTube dan mendapatkan tren, pembaruan, dan inspirasi terbaru dari merek yang berhasil di platform,” tambahnya.

Adapun kriteria penilaian iklan peraih YouTube Works Awards mencakup:

1. Penjabaran keseluruhan cerita yang lengkap dengan menggabungkan unsur kreatif dan media. Alur cerita dimulai dengan tujuan, pendekatan atau 'approach” pada bagian tengah dan dampak yang ditimbulkan di bagian akhir.

2. Sederhana dan ringkas.

3. Konteks materi iklan.

4. Media yang relevan.

5. Sasaran, KPI dan tolak ukur dari karya.

Yolanda turut menjelaskan bahwa iklan digital yang efektif adalah yang seimbang antara kualitas kreatifnya dengan perencanaan medianya. Materi iklan yang baik dengan perencanaan yang buruk tidak akan mengarah pada peningkatan merek, sedangkan perencanaan yang baik dengan materi iklan yang buruk menghasilkan peningkatan merek yang minim. Pengiklan YouTube dapat memperoleh manfaat dengan berfokus pada 4 pendorong utama efektivitas ini.

Pasca pandemi, Google Indonesia mengamati bahwa cara penonton menikmati hiburan telah berubah. Menurut temuan dalam laporan SEA e-Conomy yang baru saja diluncurkan, rata-rata 37% orang Indonesia menggunakan aplikasi video-on-demand setidaknya sekali seminggu. 

Dengan perubahan tersebut, audiens saat ini menentukan apa yang membuat konten kreatif menjadi bagus. Dan praktisi kreatif saat ini memenuhi kebutuhan konsumen. 

Alih-alih selalu fokus pada produksi besar, mereka mampu mengambil cerita dari 'penggalan kehidupan' sehari-hari yang dapat dikemas sedemikian rupa, begitu mendalam dan relevan, sehingga dapat menyentuh hati banyak orang. 

Misalnya, iklan #CepetanGoSendInstant by Ariel NOAH x GoSend yang menampilkan momen sederhana seperti menunggu paket diantar menjadi cerita yang dramatis sekaligus kreatif.

Ada 3 cara yang dapat dilakukan para kreator dalam mengoptimalkan keuntungan melalui YouTube:

1. Iklan

Pendapatan iklan dihasilkan ketika orang-orang menonton iklan yang ditayangkan pada video. Pendapatan dari iklan ini dibagikan kepada YouTube dan kreator sehingga kreator mendapatkan keuntungan langsung dari karyanya.

Hal itu juga mendorong kreator untuk terus berkarya dan meningkatkan kemampuannya dalam membuat karya.

2. Monetisasi alternatif

Terdapat beberapa sumber pendapatan alternatif di luar iklan untuk membantu kreator agar dapat memonetisasi kontennya sekaligus terhubung dengan penonton. Sama halnya dengan iklan, kreator dan YouTube berbagi pendapatan dari produk alternatif seperti Channel Membership, Super Chat dan Super Stickers, juga YouTube Shopping.

3. Langganan

YouTube juga menghasilkan uang dari bisnis langganan bulanan seperti YouTube Premium. Dengan YouTube Premium, para pelanggan dapat menikmati video apa pun di YouTube tanpa iklan dan tetap mendukung kreator. 

Saat ini, pendapatan dari biaya langganan YouTube Premium dibagikan kepada kreator video YPP, berdasarkan seberapa banyak pelanggan yang menonton konten mereka.

Contoh iklan yang dinilai bagus udah banyak. Dengan begitu, lo bisa mempelajari formula dari iklan bagus tersebut. Bisa aja kan iklan buatan lo jadi peraih penghargaan YouTube Works Awards berikutnya. (*/)

BACA JUGA: YOUTUBE SPILL CARA ATUR STRATEGI BIKIN KONTEN BUAT PEMULA: DIJAMIN SEMUA ORANG BISA!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung