Tech

7 IKLAN TERBAIK INDONESIA PEMENANG ‘YOUTUBE WORKS AWARDS’ 2022

YouTube mengumumkan 7 iklan terbaik berdasarkan hasil penilain juri dalam event Brandcast 2022. Event tersebut merupakan sebuah acara marketing tahunan oleh YouTube.

title

FROYONION.COM - YouTube saat ini sangat erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Lo pun pasti sering menonton YouTube sambil makan atau sebelum tidur. YouTube pun merilis iklan terbaik tahun 2022 versi mereka.

Kini makin banyak bisnis memilih YouTube sebagai platform media untuk beriklan. YouTube dinilai menjadi salah satu platform andalan untuk beriklan. 

Dalam acara Brandcast 2022, YouTube bersama dengan Kantar dan Persatuan Periklanan Indonesia sebagai juri, menyeleksi 243 iklan yang mendaftar dan memilih 7 pemenang di setiap kategori.

Berikut nama-nama para pemenang YouTube Works Awards 2022 dalam acara Brandcast berdasarkan kategorinya:

1. Grand Prix: Bliblihome Launch with Ringgo and Sabai (Blibli.com)

2. Action Driver - Bliblihome Launch with Ringgo and Sabai (Blibli.com)

3. Best Creative Effectiveness - Bliblihome Launch with Ringgo and Sabai (Blibli.com)

4. Force for Good - Rambutku Mahkotaku (Head & Shoulders Indonesia)

5. Best Storytelling - #CepetanGoSendInstant (Gojek Indonesia)

6. Best Collaboration: Brand and YouTube Creators - #MoveOnBro 2.0 (Dove Indonesia)

7. Best Launch - #GoPay Coins Launch (GoPay Indonesia)

Pada YouTube Works Awards 2022, Blibli meraih penghargaan tertinggi pada tiga dari tujuh kategori. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi dan merayakan campaign-campaign iklan Indonesia yang paling menarik, efektif, dan kreatif. 

Sebanyak 25 juta orang Indonesia menonton video secara streaming dengan menyambungkan YouTube ke televisi selama tahun 2022. Data terbaru YouTube menunjukkan 80% orang dewasa di kota-kota besar menonton YouTube di Connected TV. Bahkan, 87% pemilik smart TV menonton YouTube di Connected TV.

Hal ini telah mengubah cara orang Indonesia mendefinisikan TV. Berdasarkan hasil survei, 74% responden mengatakan bahwa YouTube adalah TV ketika mereka menyaksikannya di layar televisi. Tiga konten teratas yang biasa mereka tonton adalah musik, hiburan, serta video tentang kesehatan fisik dan mental.

BACA JUGA: APAKAH MASIH PERLU KULIAH FILM PADAHAL LO BISA BELAJAR HAL ITU DARI YOUTUBE?

Sejak YouTube Shorts diluncurkan pada tahun 2021, channel yang mengupload video Shorts dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton dan pertumbuhan subscribers secara keseluruhan, dibandingkan dengan channel yang hanya mengupload video berdurasi panjang. 

Menurut laporan Culture and Trends YouTube 2022, 59% konsumen Gen Z menggunakan YouTube Shorts untuk menemukan konten video yang mereka sukai dalam format yang berdurasi lebih panjang. Jadi mereka menonton video pendeknya dulu baru menonton video panjangnya.

Kini ada lebih dari 1.300 kanal di Indonesia yang memiliki lebih dari satu juta subscribers (naik 30% selama setahun sejak 2021), dan ada lebih dari 16.200 channels yang memiliki jumlah subscribers lebih dari 100 ribu (naik 35% sejak 2021).

“YouTube satu-satunya platform yang cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati orang-orang di berbagai kategori, format, dan perangkat sepanjang hari,” kata Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing Google Indonesia.

Pada Februari 2022, masyarakat Indonesia rata-rata menonton YouTube selama 26,4 jam per bulan di aplikasi Android. Menurut data YouTube pada triwulan pertama 2022 waktu menonton YouTube dalam setahun tumbuh secara signifikan untuk:

1. Video tim sepak bola Indonesia naik 400% dalam setahun.

2. Video renovasi naik 70% dalam setahun.

3. Watch-time untuk video Motivasi Kebugaran Wanita naik 100% dalam setahun.

“Dengan alat berkelas dunia yang dimiliki oleh Google, Anda punya cara tanpa batas untuk menceritakan kisah brand, merencanakan campaign berikutnya dengan tepat, dan mengukur hasilnya untuk memaksimalkan upaya marketing,” kata Yolanda. 

Iklan terbaik yang rilis pada 2022 tentunya bakal menginspirasi iklan bagus lainnya yang akan muncul pada 2023. Selama anak muda terus memaksimalkan kreativitas yang mereka miliki, iklan yang bagus tentu bakal terus bermunculan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung