Kreatif

IDEAFEST 2022: PEGIAT INDUSTRI KREATIF WAJIB BANGET DATENG KE ACARA INI

Event IdeaFest tahun ini mengusung tema “Reality Re:defined”. Setelah berhasil berhasil survive kala pandemi, IdeaFest akan menghadirkan banyak stimulus buat pegiat industri kreatif; mulai dari ide, komunitas, juga sesi wellness yang baik buat kesehatan mental lo.

title

FROYONION.COM - Tahun 2022 bisa dibilang merupakan tahun yang paling banyak ngadain event atau festival. Bulan depan bakal terselenggara event buat lo pegiat industri kreatif bernama IdeaFest 2022.

IdeaFest 2022 mengusung tema “Reality Re:defined” yang artinya mendefinisikan ulang realitas. Dengan tema tersebut, Ideafest 2022 mengusung semangat pertumbuhan industri kreatif Indonesia, melalui partisipasi dan kolaborasi dari seluruh lapisan industri kreatif di tanah air. 

Ben Soebiaktoco-chairman IdeaFest 2022 menjelaskan bahwa dengan hadir ke Ideafest 2022, pengunjung bisa mendapat stimulus untuk membuat ide kreatif dan berkarya. Lo juga bisa ikutan berkolaborasi dan bergabung dengan komunitas industri kreatif yang hadir. 

Tidak hanya itu, IdeaFest 2022 juga menghadirkan sesi wellness yang baik buat kesehatan mental para pegiat industri kreatif. IdeaFest 2022 memfasilitasi terciptanya sinergi positif antara berbagai pelaku industri kreatif yang beragam, dalam menghadapi tantangan pasca pandemi, 

“Masa pandemi yang telah kita sama-sama lalui 2 tahun ini membuat pengalaman menghadiri on-ground event menjadi sesuatu yang kian ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Menjadi tahun yang spesial, pada gelaran IdeaFest 2022 kami akan menyulap hampir seluruh hall JCC menjadi sebuah collaborative hub yang mampu mengakomodir diskusi dan interaksi antar pelaku kreatif,” ujar Ben.

BACA JUGA: LINE UP SYNCHRONIZE FEST 2022 SANGAT BERAGAM, ANAK MUDA DITANTANG UNTUK MENGHARGAI WARNA-WARNI MUSIK INDONESIA

IdeaFest 2022 akan terselenggara secara resmi pada 24-27 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). Event ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para komunitas, merek, serta industry players lainnya untuk terus mengembangkan karya dan inovasi terbaik. IdeaFest 2022 harapannya dapat mengundang pengunjung untuk berkumpul, berdialog, dan menumbuhkan semangat kolaborasi yang positif.

Guna mewujudkan hal tersebut, keseluruhan rangkaian acara maupun agenda kegiatan IdeaFest 2022 telah dikurasi oleh jajaran tim Braintrust yang merupakan ahli dari berbagai bidang, seperti Edwin Nazir selaku Ketua APROFI, Direktur Festival Seni dan Desain Kontemporer Indonesia, Lalitia selaku Head of Program and Communication at Transition Team of Indonesian Museum and Cultural Heritage Public Service Agency, dan Adjie Santosoputro sebagai Wellness Practitioner

Selain tiga nama besar tersebut, IdeaFest 2022 juga memiliki jajaran tim Braintrust lainnya yang secara khusus mengkurasi berbagai isu dan fenomena spesifik, seperti Art, Women Interest, Fashion & Streetwear, Media & Advertising, Content, Urban & Culture, Wellness, Entrepreneurship, Music, Activism & ESG, Lifestyle, dan Design.

BACA JUGA: FESTIVAL ‘INIJAKARTA’ DI KOTA TUA MERANGKUL BANYAK KOMUNITAS DAN UMKM

IdeaFest 2022 turut melibatkan berbagai partner komunitas kenamaan, antara lain Makna, Manual Jakarta, Majelis Lucu Indonesia, Pemimpin.id, Double Deer Group, Utopia, 11th Space dan berbagai partner lainnya. 

Bersama para partner, IdeaFest 2022 akan menghadirkan beragam program seperti IdeaTalks, Conference, IdeaFest Music, Hall of Makers, Manual Food  Market, Lucu Fest, Lead The Idea, Litter by Litter, Utopia Blok:verse, Reality Re:united, dan Nex Space.

Selain berbagai program menarik di atas, deretan sosok inspiratif tanah air akan hadir di IdeaTalks dan Conference, seperti Ario Pratomo, Fellexandro Ruby, Cinta Laura Kiehl, Dipha Barus, Andhyta F. Utami, Henry Manampiring, Dharmaji Suradika, Dhira Narayana, Manoj Punjabi, Iyas Lawrence, Wena Wahyudi, Natasha Dian, Jessica Hali, Piotr Jakubowski, Alvin Tjitrowirjo, Rengkuh Banyu Mahandaru dan ratusan pembicara lainnya yang akan segera diumumkan.

Dalam satu dekade terakhir IdeaFest telah merangkul lebih dari 1500 ideation dengan mengajak kolaborasi pemateri dari berbagai macam bidang industri kreatif. Menurut Ben, IdeaFest selalu berkomitmen untuk mewadahi para pelaku kreatif dalam mengembangkan potensinya tanpa adanya batasan. 

IdeaFest yang berawal dari gerakan komunitas, pada tahun 2022 ini memberikan kembali ruang kepada berbagai komunitas kreatif yang ada di Indonesia untuk dapat “unjuk gigi” dalam perhelatan IdeaFest 2022. Tujuan akhirnya adalah dapat melahirkan sebuah ekosistem kreatif yang mampu memberdayakan pelaku industri kreatif, melalui berbagai ide-ide, dan gagasan eksploratif yang segar dapat terbangun. (*/)

BACA JUGA: DIENG CULTURE FESTIVAL: PEMOTONGAN RAMBUT GIMBAL, HINGGA JAZZ DI ATAS AWAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung