Civs

DIENG CULTURE FESTIVAL: PEMOTONGAN RAMBUT GIMBAL, HINGGA JAZZ DI ATAS AWAN

Mungkin beberapa dari kalian sudah mengenal Dieng Culture Festival ya Civs, setelah dua tahun dilaksanakan secara virtual, bulan September 2022 akan dilaksanakan secara offline lho Civs, Detailnya di sini ya Civs.

title

 

 


 

 

 

FROYONION.COM – Dieng Culture  Festival (DCF) dijadwalkan akan digelar pada 2 hingga 4 September 2022. Setelah kurang lebih 2 tahun acara tersebut dilaksanakan dengan cara virtual, tahun ini acara tersebut akan dilaksanakan secara langsung dan dapat dikunjungi oleh penonton.

Dikutip dari laman resmi Dieng Culture Festival, tema yang diambil adalah Return of the Light. Dipilihnya tema tersebut karena hal tersebut merupakan wujud representasi dari semangat, harapan, dan cita-cita untuk bangkit, berdiri, dan kembali bersinar setelah Industri di Kawasan Wisata Dieng sempat vakum akibat pandemi. 

Serangkaian acara yang akan dilaksanakan bermacam-macam, di antaranya yaitu Aksi Bersih Dieng, Pemotongan Rambut Gimbal, QRIS Jazz di Atas Awan, Pesta Lampion, Pesta Kembang Api, Festival Kopi Dieng dan sebagainya.

Ini merupakan salah satu acara yang sangat cocok untuk kalangan anak muda di Indonesia, apalagi jika kalian datang bersama teman-teman tongkrongan kalian pastinya akan lebih seru dan lebih hemat budget ya Civs. 

Dalam acara ini bakal ada keseruan seperti yang sudah disebutkan di atas. QRIS Jazz di Atas Awan juga kabarnya akan menghadirkan artis-artis ternama yang dikenal oleh anak-anak muda Indonesia Civs. Hal tersebut pastinya akan membuat pengunjung semakin ramai.

APA ITU DIENG CULTURE FESTIVAL?

Dieng Culture Festival atau DCF, merupakan suatu event budaya yang berada di Jawa Tengah, pagelaran budaya ini mulai diadakan sekitar tahun 2010. Saat itu diadakan dengan sangat sederhana. Namun seiring berjalannya waktu, event ini semakin berkembang, acara ini juga semakin menjadi salah satu hal yang di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. 

Pemotongan Rambut Anak Gimbal, menjadi salah satu acara inti pada event budaya ini. Namun, banyak acara pendukung juga yang tak kalah menariknya, salah satunya yaitu QRIS Jazz di Atas Awan yang sering mengundang artis-artis  ternama. 

Selain itu terdapat pesta lampion dan kembang api yang pasti ditunggu-tunggu oleh kalangan anak muda, kenapa pasti ditunggu? Karena hal tersebut pastinya membuat pemandangan di atas langit semakin cantik dan indah dengan adanya lampion di langit, serta membuat suasana menjadi semakin romantis. 

Selain acara tersebut, biasanya akan ada pertunjukan seperti tarian budaya lokal yang ikut meramaikan DCF. Acara ini juga masuk ke dalam kategori Festival Budaya di Indonesia, bahkan saat ini acara Dieng Culture Festival juga masuk  dalam kalender event Pesona Indonesia.

MENGUNDANG ARTIS TERNAMA

Pada gelaran Dieng Culture Festival 2022, tepatnya saat pertunjukan QRIS Jazz di Atas Awan, kabarnya pihak penyelenggara akan menampilkan beberapa penyanyi papan atas Indonesia, seperti Denny Caknan yang dijadwalkan akan tampil ada tanggal 2 September 2022 malam, setelah itu akan disajikan pesta Lampion.

Untuk hari Sabtu, 3 September 2022, QRIS Jazz di Atas Awan juga akan menampilkan artis lainnya, acara tersebut dilaksanakan pukul 14.00 WIB akan ada doorprize yang dibagikan dan sebagainya. Kemudian pukul 19.30 WIB akan ada penampilan dari Budi Doremi, Andien, Marcell Siahaan, Souljah, serta akan ditutup dengan pesta kembang api. 

Acara musik tersebut pastinya akan terlaksana seru ya Civs, seperti tahun-tahun sebelumnya yang juga mengundang artis ternama seperti Anji dan Isyana Sarasvati. Dua tahun sebelumnya acara ini dilaksanakan dengan cara virtual, tahun 2022 ini akan kembali dilaksanakan secara langsung, ini menjadi antusias tersendiri untuk penonton yang akan datang mengunjungi dataran tinggi Dieng, apalagi setelah dua tahun tidak menonton secara langsung.

Oh ya Civs, jangan lupa juga untuk beli tiketnya juga ya, supaya dapat menikmati berbagai acara Dieng Culture Festival. Biasanya, karena pengunjung berdatangan dari berbagai kota, tiket tersebut sudah sekalian dengan Homestay dan sebagainya, jadi bisa saja merogoh kocek yang cukup dalam. Tetapi dengan mengunjungi acara tersebut, menjadikan rasa capek terasa terobati dengan adanya hiburan yang dilaksanakan di Dataran Tinggi Dieng.

SEDIKIT TIPS BERKUNJUNG KE DIENG CULTURE FESTIVAL

Jangan lupa untuk menggunakan jaket yang tebal, karena akhir-akhir ini kawasan dataran tinggi Dieng sangat dingin, bahkan suhunya bisa mencapai -1 derajat celcius. Bahkan, dengan suhu yang serendah itu, kadang terdapat embun es di Dieng. Dengan hal tersebut, maka diusahakan kalian menggunakan jaket yang tebal ya Civs, supaya tidak terlalu kedinginan saat mengunjungi acara Dieng Culture Festival.

Pada tahun 2019, padatnya penonton juga tidak berhasil untuk menghangatkan udara di Dieng Culture Festival, maka dari itu, alangkah baiknya kalian untuk menggunakan jaket yang tebal dan pakaian yang rapat, supaya tubuh kalian tetap sehat.

Selain itu, pastikan kalian untuk berangkat menuju venue lebih awal, jangan semata-mata rumah kalian dekat atau Homestay sudah dekat jadi kalian berangkat nanti-nanti saja. Acara akan dilaksanakan dari siang-malam, maka dari itu, usahakan kalian untuk berangkat lebih awal, karena jika berangkat terlalu sore bahkan malam, bisa dipastikan kalian tidak dapat menikmati acara DCF, karena bisa saja kalian terjebak macet, atau bahkan venue sudah sangat dipadati oleh pengunjung lainnya. 

Jangan minum air terlalu banyak, hal ini dilakukan karena dinginnya suhu di dataran tinggi Dieng, minum merupakan hal yang penting tetapi jika perlu, alangkah baiknya minum secukupnya saja dan jangan berlebihan. Dinginnya suhu udara di malam hari membuat tubuh kita tidak berkeringat, sehingga hal ini dapat memungkinkan akan lebih sering buang air kecil. 

Karena hal tersebut, maka diusahakan kalian untuk tidak meminum air yang berlebihan, supaya tidak terlalu sering untuk buang air kecil.

Nah Civs, acara ini merupakan acara yang menarik ya, terutama pada pertunjukan QRIS Jazz di Atas Awan yang selalu menghadirkan artis-artis ternama dan digandrungi oleh anak-anak muda Indonesia. 

Jangan lupa juga ajak doi agar bisa melepas lampion bersama orang terkasih, supaya suasana terasa lebih romantis. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.