Kreatif

FESTIVAL ‘INIJAKARTA’ DI KOTA TUA MERANGKUL BANYAK KOMUNITAS DAN UMKM

Selama 3 hari, Kota Tua diramaikan oleh pengunjung festival IniJakarta. Festival bertajuk “Raya Rasa Kota Kita” ini turut mengenalkan Jakarta kepada seluruh pengunjung yang berasal dari berbagai daerah.

title

FROYONION.COM - Festival IniJakarta baru saja selesai terlaksana selama 3 hari di Kota Tua, Jakarta. Berbagai komunitas dan UMKM turut hadir mengenalkan beragam identitas ke dalam festival tersebut. Pada penutupan festival, grup musik Reality Club turut tampil di panggung utama dan membuat festival menjadi semakin ramai.

Diadakan oleh +Jakarta (Plus Jakarta) tiap tahun, Festival IniJakarta tahun ini adalah yang kedua. Pada tahun ini, festival mengusung tema “Raya Rasa Kota Kita”. Dengan tema tersebut, penyelenggara ingin mengenalkan Jakarta yang di dalamnya terdapat banyak komunitas dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Kami ingin dengan adanya Plus Jakarta yang mengusung tema Rasa Raya Kota Kita, bisa membuat semua warga yang di tinggal di Jakarta dapat merasakan Kota Jakarta dengan makna kolaborasi,” ucap Wiliam Reynold (23), Ketua Umum Festival IniJakarta 2022 kepada Froyonion (18/9). 

William menceritakan bahwa festival ini merupakan aksi membangun narasi kota Jakarta sebagai kota kolaborasi. Arti kolaborasi dalam IniJakarta adalah festival ini turut mengajak komunitas, UMKM, dan stakeholders yang bisa diajak untuk berkumpul bersama dan memberikan hal yang positif bagi warga yang tinggal di Jakarta.

BACA JUGA: DIENG CULTURE FESTIVAL: PEMOTONGAN RAMBUT GIMBAL, HINGGA JAZZ DI ATAS AWAN

IniJakarta menghadirkan berbagai aktivitas komunitas seperti kelas mendongeng bagi anak-anak, belajar bahasa isyarat dengan komunitas tunarungu, membaca garis tangan, dan aktivitas komunitas lainnya. 

Pada aktivitas belajar bahasa isyarat dengan komunitas tunarungu, seluruh pengunjung yang hadir belajar bersama menggunakan bahasa isyarat ketika berdialog dengan tunarungu dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami berfokus pada aktivasi [sic] komunitas dan menikmati penampilan grup musik Reality Club,” kata WIliam. “Semuanya terasa spesial karena bisa terlaksana dengan baik. Seluruh panitia melakukan persiapan selama 2 hingga 3 bulan bersama seluruh relawan (volunteer) yang bersedia.”

Festival IniJakarta akhirnya bisa selesai dengan sukses pada penutupan di hari Minggu (18/9) salah satunya berkat kehadiran 110 volunteer. Wiliam menuturkan bahwa dia berharap festival tersebut akan selalu diadakan di setiap tahunnya.

“Selama nyala kolaborasi hadir di tengah warga, kami yakin festival IniJakarta akan long-lasting,” kata Wiliam. “Harapan kami, acara ini bakal diadakan di Jakarta setiap tahun.” (*/)

BACA JUGA: BECAK BERSERI: CARA UNIK ANAK MUDA KREATIF MUDA ANGKAT LAGI BECAK SOLO

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung