Kreatif

DORONG INDONESIA CAKAP DIGITAL, KOMINFO MENGGAET AURELIE MOEREMANS & NOPEK

Aurelie Moeremans dan Nopek Novian berkolaborasi dengan Kominfo RI dalam kampanye terbarunya: Makin Cakap Digital 2024 #MakinHepii. Gimana keseruannya?

title

FROYONION.COMApa jadinya jika aktris Aurelie Moeremans dan komika Nopek Novian bersama memberantas kejahatan siber di Indonesia dengan cara yang asyik? Seperti diwartakan pada 26 April 2024, mereka tergabung dalam kampanye Makin Cakap Digital 2024 #MakinHepii.

Kampanye digital yang digerakkan sepenuhnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI tersebut menyasar generasi milenial dan Z agar netizen Indonesia semakin bijak berinternet dan berkarya secara positif di media sosial.

Ada beberapa aspek yang perlu kita terapkan di dunia maya untuk mendukung kampanye #MakinHepii ini. Slamet Santoso, Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo RI menyebut 4 pilar dalam menyukseskan kampanye tersebut.

“Ada 4 pilar yang kami targetkan melalui kampanye Makin Cakap Digital, yaitu Digital Skill, Digital Ethic, Digital Safety, dan Digital Culture, sehingga generasi muda bisa memanfaatkan internet atau media sosial untuk semakin memberi dampak positif baik bagi dirinya sendiri maupun bagi lingkungannya,” ungkap Slamet Santoso.    

Makin Cakap Digital
Aurelie Moeremans dan Nopek Novian sebagai talent video kampanye Makin Cakap Digital #MakinHepii. (Foto oleh Kominfo RI)

BACA JUGA: STUDI: GEN Z DAN BABY BOOMER SAMA BURUKNYA DALAM MERESPON HOAX

Selama ini, netizen Indonesia mengenal wujud kejahatan siber hanya berupa hoaks atau berita bohong. Nyatanya ada banyak kejahatan siber yang dapat diberantas secara positif–sesuai dengan tagar #MakinHepii, seperti judi online, investasi palsu, dan penipuan lainnya.

“Nanti jika diperlukan, kami siap bekerjasama dengan berbagai pihak, misalnya OJK, untuk turut turut mengedukasi masyarakat agar terhindar dari berbagai modus kejahatan dan penipuan di dunia maya,” pungkasnya lebih lanjut.

KAMPANYE BERKONSEP SEGAR AGAR SEMUA #MAKINHEPII

Video kampanye #MakinHepii terbukti berhasil memudarkan stigma lembaga pemerintahan yang kaku dan kurang dilirik oleh generasi muda. Namun, siapa sangka kehadiran Aurelie dan Nopek membawa warna segar–selaras dengan makna tagar tersebut.

Diluncurkan di Hotel Ibis Styles Tanah Abang (26/4), video kampanye ini diproduseri oleh seniman multitalenta, Jui Purwoto. Ia secara istimewa bertugas meracik konsep musik yang dinyanyikan dalam video kampanye berdurasi 1 menit itu.

NOPEK
Tangkapan layar video kampanye Makin Cakap Digital #MakinHepii dinyanyikan oleh Aurelie dan Nopek. (Youtube Literasi Digital Kominfo)

Lirik lagu video kampanye #MakinHepii memiliki narasi yang asyik dan mudah didengarkan. Terlebih, melalui permasalahan yang dekat dengan netizen Indonesia, menjadi motivasi agar semua masyarakat dapat teredukasi di dunia maya.

Menurut tanggapan Aurelie Moeremans, aktris yang aktif membuat konten dan memiliki 2,8 juta pengikut di Instagram ini secara tegas mendorong semua pengikutnya untuk dapat membagikan hal positif di internet.

“Menurut aku kampanye ini sangat bagus karena media sosial memang bisa bikin #MakinHepii dan aku pakai akun media sosialku untuk share hal yang positif. Bisa menambah skill, misalnya aku belajar Bahasa Inggris dari internet. Aku juga sering sharing informasi positif untuk mempengaruhi masyarakat, misalnya tentang pelestarian hewan dan lingkungan,” ujar Aurelie. 

Selaras dengan Aurelie, Nopek Novian yang terkenal akan banyolannya sebagai komika juga bangga dapat menjadi bagian penting dari kampanye #MakinHepii untuk saling berbagi tentang kecakapan digital dengan cara yang menghibur.

“Konten saya memang untuk bikin #MakinHepii bagi siapa saja yang melihat. Melalui komedi dengan bahasa Jawa, saya membuat konten yang menghibur dengan kolaborasi bersama influencer lain,” pungkas Nopek. 

BACA JUGA: LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENGHINDARI HOAX DAN MISINFORMASI DI INTERNET

Terpilihnya Aurelie dan Nopek sebagai talent di video kampanye Makin Cakap Digital #MakinHepii didasari kiprah mereka yang sangat aktif menggunakan media sosial secara positif dan dapat mewakili generasi muda seperti milenial dan Z, khususnya menyampaikan pesan pentingnya literasi digital.

Berdasarkan laporan dari Statistika tahun 2023, Indonesia menyabet peringkat ke-4 sebagai negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebut internet diakses lebih dari 215 juta jiwa atau setara 78% penduduk Indonesia. 

Oleh karena itu, pesatnya penggunaan internet dan derasnya alur informasi di dunia maya menjadi kepedulian bersama untuk terus meningkatkan edukasi literasi digital, oleh pemerintah, pemangku kebijakan, dan masyarakat luas.

Lagi pula siapa yang nggak ingin berselancar di dunia maya secara santai dan terbebas dari serangan kejahatan siber seperti hoaks, pencurian data pribadi atau phising, penyelenggaraan UU ITE, hingga judi online?

Tonton video kampanye Makin Cakap Digital 2024 #MakinHepii selengkapnya di kanal YouTube Literasi Digital Kominfo atau dapat mengunjungi kanal media sosial Instagram Aurelie Moeremans dan Nopek Novian serta temukan informasi kegiatan literasi digital dari Kominfo RI di sini. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas