Kreatif

BIAR GAK NYARI KLIEN TERUS, IDE PASSIVE INCOME UNTUK DESAINER GRAFIS INI WAJIB LO COBAIN

Nggak cuma pebisnis aja sekarang yang bisa punya passive income sambil rebahan, buat lo desainer grafis cobain ide ini agar sekali bikin karya bisa dapet cuan terus meskipun lo lagi rebahan alias jadi passive income Civs.

title

FROYONION.COM - Siapa bilang passive income hanya bisa didapatkan oleh para pebisnis saja. Di industri media kreatif seperti seorang desainer grafis saat ini juga punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan passive income, apalagi sekarang pemerintah memfasilitasi dengan adanya HAKI (hak kekayaan intelektual) lebih lengkapnya adalah hak atas kekayaan intelektual yaitu jenis kekayaan yang memuat kreasi tak mewujud dari intelektualitas. HAKI memiliki banyak jenis, dan banyak negara mengakui keberadaannya. Contoh yang paling dikenal adalah hak cipta, paten, merek dagang, dan rahasia dagang. 

Lo sebagai desainer grafis bisa mendaftarkan karya yang lo buat sebagai hak cipta paten sebagai HAKI, jadi nanti ketika ada orang yang mau menggunakan aset karya yang lo buat mereka harus membayar untuk membeli lisensi yang telah lo buat atau disepakati bersama. Jadi lo nggak perlu nyari klien terus setiap hari dan dibayar per project. Dengan cara ini minimal ketika lo lagi santai rebahan bisa tetep dapet cuan dari karya yang lo jual sebagai aset digital download premium sekaligus bisa nambah portofolio jadi semakin profesional.

BUAT ASET VECTOR

Pilihan pertama yang bisa lo lakuin nih Civs yaitu membuat aset file vector kemudian upload filemu ke platform online seperti Microstock atau bisa juga yang lainnya. Untuk membuatnya bisa kalian menggunakan Software Adobe illustrator, Affinity Designer, Sketch dan Procreate. Sedangkan tempat yang bisa kalian gunakan adalah CreativemarketFreepikEnvato ElementsShutterstock dll.

Beberapa platform ini bisa kalian gunakan untuk menjual hasil karya yang lo buat. Bisa lo buat aset digital seperti illustration pack, ornamen atau shape pendukung dan icon set atau Ui kit yang sedang trend dan selalu dicari banyak orang.  

Untuk di awal memang membutuhkan effort atau usaha yang lebih untuk membuat aset digital yang berkualitas dan unik. Tetapi setelahnya, lo tinggal menaruhnya di situs marketplace dan tinggal menunggu aset desain yang lo buat dibeli. Setiap ada pembelian maka lo sebagai kreatornya akan mendapatkan cuan.

BUAT TEMPLATE YANG EDITABLE

Sering lihat kan zaman sekarang ini media sosial terutama instagram sudah menjadi sumber penghasilan bagi sebagian orang, memulai usaha nggak perlu punya toko secara offline dengan etalase dsb. Cukup membuka toko online di instagram saja.

Hal ini bisa lo jadikan kesempatan untuk membuat template media sosial di marketplace, banyak banget kan yang jualan template media sosial untuk instagram secara premium. nggak cuma template media sosial aja Civs, lo bisa bikin template lain yang editable alias bisa di edit sendiri dengan mudah oleh pembeli. Seperti bikin mock up, logo, desain banner, cover buku, pamflet dll pokoknya banyak banget deh tergantung lo pinginnya yang mana. Template yang udah lo buat dengan susah payah tadi bisa lo jual secara premium di marketplace seperti freepik, envato, atau lo bisa juga bergabung sebagai kontributor dan menyediakan template premium di Canva.

TUTORIAL VIDEO ATAU E-COURSE

Banyak yang nanyain ketika lo buat desain, “bang gimana tuh caranya? Pake aplikasi apa bang?, referensi nya dari mana bang”. Sering dapet komen atau dm kayak gitu, berarti mungkin sudah waktunya buat lo berbagi ilmu seputar desain.

Nggak cuma sekedar berbagi secara gratis, ilmu dan pengalaman lo selama ini bisa lo jadikan sebagai investasi untuk mencari passive income juga. Dengan cara lo bisa  membuat video yang berisi tentang tutorial desain atau  berbagi pengalaman bagaimana solusi menghadapi klien, mencari ide, atau bagaimana mencari style desain yang sesuai dengan karakter lo atau bikin tutorialnya sesuai bidang yang sudah lo geluti selama ini seperti cara mengoperasikan pen tool untuk membuat logo. Dari hal-hal dasar seperti ini sampai yang detail bisa lo buat tutorialnya dan sampai bisa menghasilkan karya desain yang bagus sehingga dilirik oleh klien atau perusahaan ternama. Website yang bisa lo gunakan untuk menjual tutorial yang telah lo buat banyak sekali, mulai dari akun ig pribadi atau lo juga bikin website sendiri atau menggunakan marketplace yang sudah ada  seperti SkillshareUdemyTeachable dan Youtube.

Sekali bikin paket video tutorial misalkan 15 video dan lo kasih akses kepada member untuk bertanya secara pribadi kepada lo, hal ini akan sangat memberikan daya tarik bagi calon konsumen lo nantinya.

E-BOOK DESAIN

Mau buat video tutorial desain tapi merasa kurang pede dengan suara lo sendiri, bisa cari alternatif lain dengan cara menulis dan membuat E-book semacam panduan untuk desain. Hal ini juga sering dilakukan oleh desainer yang sudah profesional mereka juga menyempatkan menulis karena tahu dengan sekali membuat E-book pdf ini lo nggak perlu biaya untuk cetaknya, tinggal nulis saja berdasarkan pengalaman dan skill yang lo punya, hasilnya bisa lo jual panduan E-book tadi di akun ig pribadi atau di marketplace seperti PayhipAmazon Kindle dan Gumroad

Kalau menurut gue sih emang di awal akan agak susah buat brandingnya, tapi sekali nama lo udah dikenal bakalan banyak yang nungguin aset aset premium yang lo buat, selain bisa ngembangin portofolio, lo juga bisa dapet cuan ketika rebahan, sekali bikin bisa dijual terus. Dan lo bisa fokus ke kerjaan utama lo dan dapat penghasilan tambahan lain yang cukup menjanjikan pastinya dari aset digital yang udah lo buat sebelumnya. Gimana Civs mau nyobain salah satu tips di atas? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Irfan Kusbiantoro

Warga sipil biasa yang kebetulan menjadi mahasiswa sastra arab tapi selalu merasa salah jurusan