Kreatif

ANTI RIBET, 7 TOOLS BERBASIS KECERDASAN BUATAN INI MEMUDAHKAN LO BIKIN KONTEN DI MEDSOS

Penasaran hasilnya gimana? Langsung aja lo coba beberapa tools berbasis kecerdasan buatan ini. Simak ulasannya di sini, Civs!

title

FROYONION.COMCivs, mungkin lo udah nggak asing dengan teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence. Contohnya seperti aneka filter yang ada di media sosial, keyboard virtual, atau bahkan asisten virtual yang tersedia di smartphone. Enaknya, lo juga bisa dipermudah dengan kehadiran teknologi tersebut, loh!

Kenapa begitu? Karena teknologi kecerdasan buatan dapat membantu lo untuk mencari target dan topik konten yang sedang viral, mengolah konten secara lebih mudah, serta meningkatkan performa konten yang lo buat di media sosial.

Di balik canggihnya teknologi ini juga terdapat proses-proses rumit nan komprehensif. Mengutip SAS, teknologi kecerdasan buatan menggabungkan data dalam jumlah yang besar, diproses berulang dengan cepat yang didukung oleh algoritma, sehingga menghasilkan fitur secara otomatis.

Eits, walaupun pembuatan konten serasa dimudahkan berkat kehadiran teknologi kecerdasan buatan, menurut Simplilearn, ada beberapa kelemahan dalam penggunaannya. Misalnya, pada beberapa fitur, lo harus membayar biaya langgangan, kemudian bisa memicu menurunnya daya kreativitas, serta cenderung bikin lo jadi malas karena terbiasa mengandalkan fitur canggih.

Tapi, lo masih sangat diperbolehkan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dalam menciptakan konten di media sosial, utamanya industri kreatif Indonesia. Selain itu, teknologi ini nggak sepenuhnya dapat menggantikan kecerdasan alami manusia dalam bekreativitas. Namun, nggak ada salahnya buat lo coba agar memudahkan pekerjaan, kan, Civs?

Lo mau tau nggak, apa aja tools berbasis kecerdasan buatan yang bisa memudahkan dalam membuat konten di media sosial? Catat selengkapnya di artikel berikut ini, Civs!

BACA JUGA: 5 LANGKAH BIKIN KONTEN BERDASARKAN TRENDING TOPIC BIAR KONTEN LO AUTO RAMAI!

1. LATELY & HOOTSUITE

Ingin memasarkan lewat media sosial dengan lebih mudah? Lately bisa jadi pilihan lo karena saat ini sudah terintegrasi dengan Hootsuite melalui kemudahan dalam menganalisis metrik performa media sosial. Di samping itu, tools tersebut juga bisa bikin konten tulisan jadi lebih gampang karena memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Tulisan panjang yang dikutip dari blog ataupun jurnal dapat dengan mudah diproses oleh Lately & Hootsuite untuk memecahnya menjadi konten tulisan yang dirancang untuk meningkatkan respon audiens. Jadi, udah nggak perlu lagi repot-repot meringkas tulisan menjadi tulisan yang layak buat dibaca, Civs!

2. HEYDAY

Nah, bagi lo yang sedang berjuang untuk berbisnis dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Heyday bisa lo manfaatkan fitur unggulan di dalamnya, yaitu pengiriman direct message secara otomatis. Lo bisa menyesuaikan tipe balasan pesan, hingga menampilkan kategori produk yang mengarah ke situs e-commerce.

Sama seperti tools berbasis teknologi kecerdasan buatan pada umumnya, Hedyay memfokuskan pada tugas-tugas bernilai tinggi, sehingga memungkinkan penggunanya dapat mengirim pesan dan berinteraksi secara otomatis yang juga memuat beberapa rekomendasi produk hingga mengarahkan untuk melakukan penjualan.

3. HEADLIME

Butuh tools berbasis kecerdasan buatan yang bisa membantu lo membuat copy alias kalimat iklan yang menarik bagi bisnis maupun konten media sosial lo? Headlime bisa jadi solusinya! Caranya juga nggak rumit, cukup gunakan template yang tersedia, lo sudah bisa membuat kalimat yang menarik bagi audiens lo.

Tentu, cara kerja Headlime menggunakan beberapa basis data yang sudah tersimpan dari berbagai kumpulan data sebelumnya, sehingga membuat pekerjaan maupun kreativitas lo juga terbantu. Agar hasilnya memuaskan, lo bisa menyesuaikan dengan pengaturan yang tersedia di Headlime, ya, Civs.

4. GRAMMARLY

Yap, Grammarly! Mungkin bagi lo yang suka berkutat dengan tulis-menulis, khususnya menggunakan bahasa Inggris, tools ini sangat direkomendasikan karena menawarkan koreksi dari segi tata bahasa maupun menyarankan dengan beberapa kata yang sesuai dengan tata bahasa yang ada.

Grammarly juga sudah tersedia banyak di berbagai platform, baik itu bisa diakses melalui smartphone ataupun desktop dengan mengunduhnya terlebih dahulu sebagai ekstensi tambahan di browser ataupun peramban favorit lo. Jadi, nggak perlu bingung lagi, apakah tulisan lo sudah sesuai dengan grammar atau belum, ya!

5. QUILLBOT

Psst! Gue punya cara bagi lo yang ingin mengutip dari suatu sumber, namun nggak sampai bikin lo ketauan plagiasi. Nah, lo bisa menggunakan tools bernama Quillbot. Lewat tools ini, lo akan dibantu untuk meringkas dan menyusun ulang suatu kutipan menjadi konten yang menarik untuk diunggah lewat media sosial ataupun blog.

Terdapat dua versi di dalam Quillbot, ada yang berbayar dan versi gratisannya, Civs. Pada versi gratis, tersedia beragam fitur dasar yang memudahkan lo untuk mengonversi suatu kutipan yang akan diparafrase menjadi kalimat baru. Sedangkan, pada versi berbayar, lo bisa mengutip dengan jumlah karakter yang bebas dan masih banyak keunggulan lainnya.

6. HELLO WOOFY

Hello Woofy adalah tools berbasis kecerdasan buatan yang memudahkan penggunanya untuk merencanakan maupun menjadwalkan konten sehingga bisa diunggah secara otomatis ke beberapa media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, TikTok, Pinterest, dan masih banyak lagi!

Keunggulan yang ditawarkan bukan cuma itu, Civs. Hello Woofy bukan sekadar penjadwalan unggahan konten secara otomatis, namun, tools ini juga menyediakan koreksi dan rekomendasi kalimat secara otomatis yang memudahkan lo saat membuat caption di media sosial. Hello Woofy juga menyediakan banyak content library sebagai ide konten.

7. COPYSMITH

Satu lagi rekomendasi tools berbasis kecerdasan buatan yang memudahkan lo dalam membuat konten di media sosial adalah Copysmith. Dengan tools ini, pekerjaan lo dalam pemasaran produk melalui artikel SEO juga akan dimudahkan. Pasalnya, Copysmith menyediakan banyak templates yang akan membantu pekerjaan lo kedepannya.

Fitur unggul yang ditawarkan di dalam Copysmith di antaranya adalah penulisan deskripsi, meta datacaption media sosial, meta tags, dan masih banyak lagi. Serunya, dengan versi gratis pun lo dapat menggunakan beberapa fitur dasar yang sudah sangat membantu pekerjaan lo dalam kreasi konten. 

Jadi, di antara ketujuh tools berbasis kecerdasan buatan tersebut, mana yang jadi favorit lo untuk menunjang kebutuhan dalam berkreasi membuat konten di media sosial, Civs? (*/)
BACA JUGA: CONTENT CREATOR LEBIH SUKA PAKAI IPHONE? TERNYATA INI ALASANNYA!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas