Kreatif

5 GAMES INI BISA MENGASAH SKILL DESAIN LO

Seorang desainer atau lo yang baru menggeluti bidang desain, lo mesti mainkan 5 game ini Civs. Gue yakin setelah lo mainkan game ini, kemampuan desain lo makin jago!

title

FROYONION.COM - Peluang karir desain grafis saat ini makin diminati oleh sejumlah perusahaan. Apalagi pola komunikasi saat ini cenderung dibentuk secara visual dibanding audio atau tekstual.

Coba liat media sosial seperti Instagram, Twitter atau TikTok, lebih banyak visual yang ditampilkan daripada  teks bukan? Memang teks masih diminati tapi gue yakin lo bakal lebih tertarik konten visual hehe.

Kerja seorang desain grafis gampang-gampang susah. Lo dituntut untuk membuat desain visual yang bikin orang tertarik sekali lirik. Apalagi bekerja di industri media kreatif, yang namanya kreatif lo bakal dituntut untuk bisa terus menghasilkan konten yang menarik.

Nah untuk itu, lo perlu ide-ide fresh di setiap karya yang lo buat. Untuk memunculkan ide tersebut, mungkin bisa pakai ide lama yang pernah lo terapkan di karya sebelumnya dengan beberapa unsur yang diubah. Atau dengan cara menemukan ide baru dengan melihat karya orang lain. Tapi jangan plagiat ya.

Biar lo makin jago emang harus sering latihan. Terutama buat lo yang pengen paham desain mendesain, seperti warna, menggambar tinggi dan lebar pixel, dan mengatur tulisan dalam suatu desain. Nih beberapa game udah gue siapin yang cocok buat melatih skill desain lo Civs.

1. THE BEZIER GAME

Tau kan alat pena di Photoshop atau Illustrator, kira-kira lo udah ahli belum menggunakannya? Memang alat ini agak susah digunakan oleh pemula, serasa punya pikirannya sendiri. Nah permainan ini bakal membantu lo menguasai pena ini.

Level pertama game ini cuma tutorial biar lo makin terbiasa menggunakan alat tersebut. Setelah lo mampu menguasai dengan baik, lo bakal disuguhkan banyak level yang lebih sulit seperti bentuk gambar mobil, kunci pas, dan bahkan penjepit kertas. 

Lo bisa selesaikan level-level tersebut secara bertahap ya. Hasilnya bisa dilihat, ketika lo udah mahir dan bisa menguasai, lo bakal cepat menyelesaikan level tersebut. Buat yang nggak sabar lo bisa langsung mampir ke website ini Civs: bezier.method.ac

2. COLOR

Permainan sederhana tapi bikin lo ketagihan. Game ini bakal menguji kemampuan lo dalam mencocokkan warna. Seperti warna campuran yang cocok untuk warna-warna dasar.

Ada beberapa tingkat kesulitan yang mesti lo lalui ketika game ini berjalan, dimulai dengan rona, saturasi, warna komplementer, dan lainnya. Memang ini game ini mudah untuk dimainkan tetapi sulit untuk dikuasai.

Dimulai dengan timer dan warna di tengah. Tujuan lo adalah mencocokkan warna yang diberikan sedekat mungkin dengan menggerakkan mouse. Saat permainan berlanjut, kompleksitas berubah. Tertarik? Lo bisa memainkan game di sini: color.method.ac

3. KERN TYPE

Game yang satu ini melatih lo supaya bisa mengatur spacing tulisan, agar lebih bagus dan terlihat lebih rapi. Di muka website game ini, lo akan disuguhkan beberapa huruf yang belum tersusun dengan rapi. Jarak antar huruf pun masih belum presisi.

Nah tugas lo menggerakkan huruf-huruf yang nampak teracak diatur secara presisi dan rapi. Memang nggak sulit, tapi setelah lo mencoba permainannya, akan ada hasil yang muncul. Apakah lo meletakkan huruf tersebut secara presisi atau nggak.

Lo tinggal mainkan gamenya di sini Civs, type.method.ac

4. PIXACTLY

Mungkin game ini udah banyak digunakan oleh seorang desainer untuk latihan. Yap game yang fokusnya buat identifikasi ukuran. Nantinya lo akan disuruh untuk menggambar tinggi maupun lebar pixel yang akan diberikan di sebuah halaman kosong.

Jika lo melakukan banyak pengeditan foto, lo mungkin sudah terbiasa membuat perkiraan dimensi piksel. Tapi seberapa jago sih?

Game ini mungkin membantu lo menjawab pertanyaan itu. Ketika lo memulai permainan, lo akan diberikan resolusi dan diminta untuk menarik keluar kotak yang cocok. Bakal ada 5 putaran dan semakin dekat lo ke dimensi yang sesuai, semakin sedikit poin yang bakal lo peroleh.

Lo bisa mainkan gamenya di sini: pixaclty.ly

5. I SHOT THE SHERIFF

“I shot the sheriff,” Bob Marley pernah berdendang hehe. Bukan, bukan itu hehe. Ini merupakan game sederhana yang mereka beri nama ‘Shoot the Serif’ (tembak si serif).

Caranya sederhana tinggal menembak jatuh semua huruf serif yang lo temukan. Ada beberapa level yang bisa lo coba di game ini, mulai easy, medium dan hard. Jika level lo semakin sulit, akan ada banyak pilihan huruf yang menyerupai huruf serif.

Dan di sini ketelitian lo bakal diuji, kira-kira lo sanggup nggak CIvs? Cek gamenya di sini: tothepoint.co.uk

Belajar sambil bermain game tentu saja bakal menyenangkan, selain lo makin ahli dalam hal desain mendesain, otak lo juga jadi refresh, cobain Civs! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.