Tips

TIPS MENGHASILKAN DUIT BUAT LO KAUM MAGERAN

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: Gimana cara jadi kaya galer doang? (@raidama)

Jawaban:

Yah, kalo ada cara yang bisa bikin gue jadi kaya tanpa kerja, gue juga mau kali, hehehehe. Jawaban singkatnya mah, nggak ada. Tapi tenang, gue paham betul apa yang lo maksud dan rasa. Jadi gue coba kasih beberapa tips ya. 

Pertama, bisa banyak duit walau tidur doang itu akan tercapai kalo kita udah punya passive income yang cukup. Passive income adalah penghasilan yang bisa lo dapat dengan usaha seminimal mungkin. Ibaratnya, tidur doang lo bisa menghasilkan duit. 

Orang-orang sering mengira kalo passive income itu nggak terlalu penting untuk kita pikirkan di masa muda. Padahal, semakin cepat kenal, tahu caranya, dan memulai, ya semakin bagus. Buat kita-kita yang masih muda ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh passive income

Pertama, bikin karya yang bisa kasih royalti. Bisa dalam bentuk apapun, musik, gambar, desain, video, apa aja yang lo bisa. Buat platform yang paling familiar dan aman buat hal ini ya NFT. Kalo lo belom familiar sama NFT, lo bisa baca-baca juga beberapa artikel di sini yang ngebahas soal itu. 

Dengan membuat NFT, lo bisa dapet royalti yang akan terus mengalir kalo ada orang yang beli karya lo, walaupun lo lagi tidur. Besar royalti-nya juga bisa lo atur sendiri. BIsa 10%, 15%, atau bahkan lebih. Enak banget kan? Konsep serupa juga bisa lo terapkan di platform lain kayak YouTube dan lainnya. Bedanya kalo di YouTube, besar royaltinya udah ditentuin berdasarkan revenue per impressions yang lo dapat dari video-video lo. 

Tapi ya itu, ini nggak bakal terjadi kalo lo nggak bikin karyanya dulu. Sering terjadi dan gue saksikan sendiri nih ke beberapa temen-temen gue ataupun anak-anak di Froyonion yang sebenernya bisa dan mumpuni bikin karya, tapi kehambat karena magernya aja. Jadi pertama-tama, tepiskan dulu deh rasa magernya kalo mau jadi kaya. 

Kedua, selain bikin karya dan dapetin royaltinya, passive income juga bisa lo dapat dengan berinvestasi. Nggak perlu yang berisiko tinggi kayak main saham, mulai aja dulu dari yang kecil-kecil kayak reksadana. Emang sih, kalo reksadana biasanya untungnya kecil. Tapi kalo tujuan lo mau belajar dan membangun kebiasaan berinvestasi, lo bisa nyobain dulu. 

Kalo udah pro, boleh deh main kripto sampe saham. Kalo lo tertarik buat tahu lebih lanjut soal main kripto, kabarin aja ya, Bro. Bisa lewat DM Instagram-nya Froyonion atau komen di bawah, nanti gue jelasin lebih lanjut. 

Masih merasa ini terlalu effort untuk kaum mageran? Yah, kalo gitu cuma satu solusinya. Ngepet. Hehehehe kagak. Jangan ya bro, nggak berkah nanti. Intinya ya kita nggak akan kaya tanpa usaha, bro. 

Tetep semangat ya, bentar lagi gajian kok. (*/) 

BACA JUGA: TIPS MENGELOLA KEUANGAN BUAT ANAK MUDA SUPAYA MELEK FINANSIAL

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy