Food

ZEROGRAM, TEMPAT NONGKRONG UNIK INSTAGENIK SAMBIL HEALING DI KOTA PAHLAWAN

Surabaya punya banyak banget tempat-tempat nongkrong yang unik dan asik. Tapi ada nih tempat nongkrong yang instagenik juga bisa lo jadiin tempat buat healing tipis-tipis di Surabaya namanya ‘Zerogram’.

title

FROYONION.COM -  ‘Zerogram’ sebuah coffee shop yang berada di kawasan G-walk Surabaya tepatnya di Jalan Puri Widya Kencana, Lidah Kulon, Kec. Lakarsantri, Kota Surabaya. G-walk tak jauh dari pusat kota, kawasan ini strategis dan memang sudah terkenal dengan wisata kuliner serta tempat nongkrong dengan banyaknya cafe-cafe dan restoran. 

Zerogram baru saja buka pada 28 Januari 2023 lalu. Tempat ini merupakan cabang kedua dari Zerogram pertama yang ada di Jalan Flores nomor 15, Ngagel, kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Di cabang pertama, awal mula nama coffee shop ini bernama ‘Nol’ lalu rebranding menjadi ‘Zerogram’. 

Zerogram G-walk merupakan konsep baru dari cabang pertamanya yang ada di Jalan Flores, Kota Surabaya dengan mengusung tempat yang lebih fresh untuk pengunjung. Selain itu konsep ini juga dipilih karena target market yang lebih ke santai dan fotogenik untuk menarik pengunjung.  

Suasana yang asyik untuk membaca dan mengerjakan tugas. (Foto: Dok. pribadi penulis)
Suasana yang asyik untuk membaca dan mengerjakan tugas. (Foto: Dok. pribadi penulis)

Di Zerogram G-Walk pada nampak depan memang tidak terlihat karena kalian akan menemukan tembok besar yang berguna untuk membuat para pengunjung penasaran dengan coffee shop ini. Masuk melalui pintu sebelah kiri, kalian akan menemukan bangunan ini dengan konsepnya yang industrial minimalis yang mengarah ke dalam estetika dengan warna monokrom dominan hitam dan abu-abu yang bisa banget dijadikan untuk foto-foto instagenik.

Lantai bawah coffee shop kalian akan menemukan area indoor dan juga outdoor. Area Indoor menyatu dengan coffee bar ber-AC, dan outdoor yang minimalis namun unik juga nyaman. Lalu area lantai 2 ada ruangan indoor berkaca di setiap sisi hingga atapnya untuk pengunjung mendapat view dari jalanan dan taman G-walk itu sendiri.

All Menu yang ada mulai dari minuman dan makanan disini sangat beragam di range harga 20k-70k. Ada minuman special serta unik dari nama hingga rasanya yaitu Macarena dan Delta

Macarena minuman coffee mocktail perpaduan expresso, coconut water dan apple juice yang rasanya tuh bener-bener unik dari segi rasa coffee-nya dapet dan mocktail-nya juga dapat. 

Delta juga minuman mocktail dengan perpaduan rempah yang dicampur mixberry juga teh rosella. Untuk namanya sendiri diambil dari singkatan ingredients-nya.

Meskipun berfokus pada minumannya, Zerogram tak hanya menjual coffee dan mocktail tetapi di sini ada makanan berat juga menawarkan pastry yang enak. Menu best seller yang bisa kalian coba di sini untuk minuman Zerogram Coffee Milk, makanannya Chicken Sambal Matah dan pasta Aglio o Elio, dan untuk pastry ada Pan Au Chocolate dan Butter Croissant.

Sistem pembayaran cukup unik karena tidak hanya melayani dengan secara langsung tetapi juga bisa dengan Open Bill. Sistem Open bill di sini pengunjung langsung duduk dan dilayani melalui QR code yang diberikan pelayan, lalu pengunjung dapat memesan menu melalui device masing-masing yang tersedia di satu QR Code untuk satu meja tersebut. Untuk pembayarannya, pengunjung bisa membayar di akhir setelah mau pulang. 

Di malam hari suasana malam yang syahdu sambil melihat jalanan G-walk dengan adanya lampu-lampu kuning menghiasi bangunan kafe. Musik yang diputar juga tidak terlalu keras jadi tidak mengganggu pengunjung untuk mengobrol, mengerjakan tugas atau bekerja di sini.

Menurut Mitha Aryaninda, seorang mahasiswi Universitas Negeri Surabaya, segi ambience enak banget tempatnya. Wifinya kenceng cocok buat yang lagi WFA sama lagi nugas. Terus minumannya enak terutama mocktail juara banget. 

Vibes yang mendukung untuk nongkrong anak muda Gen Z. (Foto: Dok. pribadi penulis)
Vibes yang mendukung untuk nongkrong anak muda Gen Z. (Foto: Dok. pribadi penulis)

Ditambah lagi menurut Bayu, barista dari Zerogram bilang kalau anak muda bisa banget ke sini karena makanan dan minuman disini enak apalagi vibes tempatnya juga mendukung.

Riko selaku founder dari Zerogram juga mengatakan buat pengunjung yang pengen ngerasain arah G-walk yang seger dan juga dingin bisa berkunjung ke Zerogram, nongkrong di sini bisa terasa lebih private dan suasananya masih dapat apalagi menjelang sore ke malam. Di sini cocok banget untuk rapat di lantai 2, pacaran, ngopi-ngopi santai apalagi pagi sambil makan pastry pasti cocok banget. 

Zerogram buka setiap hari di Senin-Jumat pukul 8 pagi sampai pukul 10 malam dan Sabtu-Minggu pukul 7 pagi sampai 10 malam. Karena konsep tempat yang sangat kekinian, Zerogram bisa menjadi tempat yang paling recommended buat lo orang Surabaya maupun luar kota yang sedang berkunjung ke Surabaya. Disini bisa jadi destinasi kalian anak-anak muda yang kreatif buat nongkrong sambil healing tipis-tipis bahkan tempat ini cocok buat kalian untuk bekerja saat WFA atau WFH bahkan sampai meeting lho. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anggi Frima

Anggi Frima Damayanti Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Lahir pada tanggal 1 Januari 2001 di Bogor, Jawa Barat. Mahasiswi dengan hobby rebahan yang kini mulai belajar untuk menulis.