Food

REVIEW JUJUR SATE JANDO, SATE DARI PUTING SUSU SAPI

Sate Jando emang khas banget buat orang-orang yang berkunjung ke Bandung. Terletak di deket Gedung Sate, sate yang terbuat dari lemak susu sapi ini bisa bikin orang ngantri berjam-jam. Tapi, apakah waktu dan harga yang kita bayar sepadan sama rasanya?

title

Tempo hari, Froyonion sempet jalan-jalan ke Bandung sambil men-challenge diri sendiri untuk bertahan berkuliner dan berwisata dengan budget Rp500.000 doang. 

Lo udah nonton videonya belom? Kalo belom, sini nonton dulu.

Nah, salah satu kulineran khas Bandung yang kita kunjungi adalah Sate Jando

Jando sendiri adalah lemak susu sapi yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa kita makan dengan nikmat. Gara-gara ini nih, Sate Jando jadi terkenal banget di seluruh penjuru Bandung sampe luar Bandung. 

Tempatnya ada di pinggir Jalan Hayam Wuruk, deket sama Gasibu dan Gedung Sate. Kalo kalian ke sini disaranin sih pake angkutan umum atau motor aja. Soalnya lahan parkirnya terbatas, apalagi kalo lo ke sini di jam-jam rame. 

Beruntungnya, waktu itu Froyonion dateng lumayan pagi dan di weekdays, jadi nggak terlalu rame. Kalo lo dateng waktu weekend, beuh, antrinya bisa panjang bener kayak orang ngantri minyak goreng. 

Ada 3 menu yang tersedia di sini. Sate Jando aja harganya Rp25.000, sate ayam atau sate sapi  aja pake lontong harganya Rp25.000, dan sate ayam campur sapi dan jando Rp30.000. Kalo pake lontong harganya beda lagi. Tapi menu yang paling direkomendasi jelas Sate Jandonya. 

ENAK NGGAK?

Kalo dari hidangannya, sebenernya kayak sate pada umumnya. Satu porsi isinya ada 10 tusuk, jadi sebanding lah sama harganya. Menunya dihidangkan pake ‘pincuk’ dari kertas nasi sama daun pisang, khas Indonesia banget deh. 

Kalo bumbunya, lumayan beda sih. Karena biasanya kan sate cuma dilumuri sama kecap dan rempah-rempah, tapi kalo Sate Jando ini, dagingnya diungkep dulu pake bumbu kuning. 

Sate Jando khas Bandung yang dibumbui kuning terlebih dahulu. (Foto: Froyonion)

Bumbu yang bahan bakunya kunyit ini biasanya kita temui di aneka hidangan Indonesia. Kayak ayam goreng bumbu kuning, gulai, dan segala hidangan restoran yang ada imbuhan ‘bumbu kuning’-nya. 

Tapi kalo di hidangan sate, jarang-jarang nih pake bumbu kuning. Sate Jando yang dibumbui kuning dulu bikin cita rasa satenya jadi gurih dan lebih kaya dari sate pada umumnya. 

Waktu proses pembakaran, Sate Jando dibakar pake arang yang masih fresh dan dilumuri lagi pake bumbu kecap. Jadi gurihnya double, deh. 

Tekstur Sate Jandonya lembut, gak terlalu berminyak di mulut, tapi tengahnya cenderung lebih keras. Begitu masuk mulut, jandonya gampang dikunyah dan nggak bikin seret di tenggorokan. Kalo dinilai, 4 dari 5 deh. 

Dari ketiga menu yang ada, emang Sate Jando yang paling jagoan. Kalo sate ayamnya, standar sih dan masih ada sate ayam yang lebih enak lagi. Cuman kalo sate sapinya, keras bener dah. Kita sih kurang recommend sate sapinya. 

Itu tadi ulasan lengkap soal menu-menu satenya. Overall oke lah buat dicoba, apalagi kalo lo lagi jalan-jalan di Bandung. 

Nah tapi, tetep ada poin minusnya nih. 

ENAK SIH, TAPI…

Dibilang enak mah enak. Tapi, sanitasi tempatnya kurang.

Pertama, letaknya sebelahan banget sama got. Beruntungnya waktu kita ke sana, gotnya lagi nggak ada air dan nggak kotor. Terima kasih banget sama petugas kebersihan yang menjaga saluran air tetep bersih. 

Pemilihan lokasi untuk menjual makanan tentunya berpengaruh terhadap kualitas makanan tersebut. Sayangnya, Sate Jando diperjualbelikan dekat saluran air, sehingga dapat mengganggu kenyamanan pengunjung yang ingin makan di tempat.
Lokasi Sate Jando berdekatan dengan saluran air. Bangku yang disediakan juga terbatas. (Foto: Froyonion)

Tapi, kebayang nggak kalo kondisinya lagi musim hujan dan banyak sampah? Kayaknya sih bakal muncul bau-bau nggak sedap yang bikin lo kurang nyaman untuk makan di tempat. 

Kedua, sate-sate yang siap dibakar ditumpuk di beberapa box plastik besar yang dikerubungi sama banyak banget lalat. Lalatnya nggak satu-dua aja, tapi se RT. Beneran, nggak lebay ini mah. 

Cuman ya namanya makanan pinggir jalan, jangan ngarepin sanitasi sebersih makanan restoran dong ya. Kuat-kuatan perut aja ini mah. Kalo perut lo sensitif, mungkin hal ini perlu dipertimbangkan walaupun katanya bakteri dan virusnya bakal mati waktu dibakar. 

Selebihnya soal kursinya yang sedikit dan bermodel kursi jongkok, juga waktu antri yang lumayan panjang, kayaknya bukan masalah besar. Mengingat ini jajanan kaki lima dengan harga yang sangat terjangkau. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.