Food

REKOMENDASI KULINER LEGENDARIS KOTA MALANG UNDER 20K, WAJIB DICOBA!

Sedang berkunjung ke Kota Malang? 5 rekomendasi kuliner legendaris dengan harga di bawah 20 ribu ini, wajib kalian coba!

title

FROYONION.COM - Kota Malang yang dikenal sebagai Kota Apel, selalu menjadi salah satu destinasi utama untuk berlibur bersama keluarga maupun teman-teman. 

Mulai dari destinasi wisata alam, wahana permainan, sampai ribuan coffee shop unik, sudah menunggu di bucket list kita. Tak hanya itu, wisata kulinernya pun sangat beragam, mulai dari yang fancy sampai yang on budget, semua tersedia di Kota Malang.

Saat mengunjungi kota Malang, wisata kuliner on budget yang menjamur seringkali membuat kita ragu dan takut tidak cocok di lidah karena pada umumnya, ‘ada harga, ada rasa’. 

Namun, 5 rekomendasi kuliner Kota Malang berikut ini ‘harga boleh kaki 5, tapi rasa tetap bintang 5’. Jangan lupa dicatat!

  1. Bakso Mekar Sari Pak Munir

Rekomendasi kuliner Malang kali ini dibuka dengan ‘Bakso Mekar Sari Pak Munir’. Selain karena bakso malang merupakan kuliner khas yang tidak boleh ketinggalan,  ‘Bakso Mekar Sari Pak Munir’ ini berlokasi tepat di samping Stasiun Blimbing, Kota Malang. Bagi kalian para penumpang kereta lokal, kalian bisa memilih untuk turun di Stasiun Blimbing dan langsung membuka petualangan kuliner kalian dengan ‘Bakso Mekar Sari Pak Munir’. 

Gerobak cokelat bakso Pak Munir dilengkapi dengan tenda, meja, dan kursi sehingga kalian bisa menikmati berbagai pilihan isi mangkuk bakso kalian di tempat, mulai dari pentol (bakso) halus dan urat, pentol jumbo, tahu bakso putih dan goreng, siomay, bakso goreng, gorengan kembang, sampai ke pilihan mi kuning, atau sohun yang dibanderol dari harga 500 rupiah sampai 5000 rupiah saja per bijinya. 

Walaupun harganya murah, rasa baksonya bukan ‘kaleng-kaleng’. Terbukti dari tenda bakso Pak Munir yang tidak pernah sepi pelanggan. Rasa baksonya kenyal, empuk, sangat gurih, dan dagingnya berasa. Bakso gorengnya pun begitu nikmat ketika digigit. Tekstur kulitnya crispy dan bagian dalamnya lembut serta gurih. Tipikal kuah bakso Pak Munir yang gurih dan segar akan semakin menggugah bagi pecinta pedas, ketika ditambahkan sambal yang terbuat dari cabe rawit dan hijau, yang sama sekali tidak merusak rasa. Kenikmatan dari ‘Bakso Mekar Sari Pak Munir’ akan semakin lengkap ketika disantap saat Kota Malang diguyur hujan. 

2. Nasi Rawon  Mbak Ten

Masih di sekitar daerah Blimbing, Kota Malang, Warung Nasi Rawon Mbak Ten cocok menjadi pilihan kuliner tengah malam kalian. Meskipun jam buka mulai pukul 1 pagi, tetapi antrian panjang sudah menunggu sejak setengah jam sebelumnya. 

Porsi Nasi Rawon Mbak Ten tergolong jumbo, sekitar 4,5 centong nasi untuk setiap porsinya. Tiap piring Nasi Rawon Mbak Ten akan dilengkapi dengan 4-5 potong daging dan dua iris tempe goreng. Aroma rempah khas kuah rawonnya yang kuat, akan semakin wangi dan gurih dengan taburan tauge pendek dan bawang goreng. Walaupun cita rasa rawon milik Mbak Ten ini juara, kalian bisa menikmati sepiring rawon jumbo ini dengan harga 15 ribu rupiah saja. Tak heran, rawon Mbak Ten akan langsung ludes hanya dalam waktu 1 jam.

Selain rawon, Warung Mbak Ten juga menyediakan menu nasi campur dan satu menu unik yang patut dicoba, yaitu nasi campur rawon. 

3. Warung Sate Ayam/Kambing Madura Pak Sabar

Seperti namanya, kita harus cukup sabar dalam menunggu antrean makan di warung yang satu ini. Bagaimana tidak, warung Pak Sabar yang legendaris ini selalu dibanjiri pelanggan karena kualitas rasa yang tetap terjaga namun harganya tetap terjangkau. Setelah menunggu lama, kesabaran kita akan langsung terbayar dengan cita rasa sate dan gulai kambing yang empuk, gurih, plus kuah gulai yang kaya rempah. 

Karena selalu ludes, daging ayam maupun kambing yang disajikan di warung Pak Sabar selalu fresh. Teknik pengolahan dan pemanggangan daging yang tepat membuat daging kambing yang disajikan tidak tercium bau prengusnya. Selain kaya rempah, isian gulai kambing buatan warung Pak Sabar juga tidak pelit, yakni jeroan, daging, dan tulang sumsum yang banyak. 

Buka mulai pukul 6 sore di Jalan Mayjend Panjaitan Kavling 1, Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, ‘Warung Sate Pak Sabar’ cocok menjadi pilihan kuliner malam kalian di Kota Malang yang dingin. Soal harga tidak perlu dikhawatirkan, dengan 12 ribu saja kalian bisa mendapatkan 1 porsi sate ayam atau gulai kambing. Sedangkan untuk sate kambing, kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar 17 ribu rupiah saja. Tambahan 1 porsi nasi atau lontong akan seharga 4 ribu rupiah saja. 

4. Sego Penjara, Mami Cukam

‘Sego Penjara’ dikenal sebagai istilah yang digunakan untuk nasi campur yang hanya berisi nasi, mie kuning, tahu bumbu kare, sayur kacang panjang, dan sambal sehingga menunya sederhana seperti di penjara. Harganya pun hanya 3 ribu rupiah. Walaupun murah meriah dan sederhana, tetapi rasanya juara. 

Tak hanya ‘Sego Penjara’, warung milik perempuan bernama Sumarmi ini juga menyediakan pilihan lauk tambahan mulai dari jeroan babat, paru, usus, rempelo ati, kikil, sampai lauk telur, ayam goreng, krengsengan, ikan tongkol, dan bandeng juga ada di sini. Kisaran harga masakan kampung Mami Cukam hanya mulai dari 3 ribu rupiah, sampai harga 9 ribu yang paling mahal untuk 1 lauk, dan 14 ribu untuk satu porsi nasi penjara dengan dua lauk. 

Selalu ramai pelanggan sejak 1985, rasa masakan rumah Mami Cukam yang legendaris ini selalu nendang dan tidak mengecewakan walaupun harganya 'segitu-segitu aja'. Berlokasi di dua tempat, yaitu di Jalan Puntodewo No. 1A, Polehan, Kecamatan Blimbing dan di Perempatan Cukam, Pasar Kebalen, ‘Warung Mami Cukam’ akan menambah list destinasi wisata kuliner malam kita yang buka setiap hari pada pukul 17.00 - 04.00 dini hari. 

5. Warung Pojok Pak Bajil

Tak ada habisnya, hidden gem kuliner malam Kota Malang semakin lengkap dengan kehadiran Warung Pojok Pak Bajil yang berada di pojokan perempatan Jl. Terusan Pulosari No.2, Bareng, Kec. Klojen, Kota Malang. Buka dari pukul 5 sore sampai 3 pagi, warung yang satu ini menyediakan berbagai menu, mulai dari nasi rawon, nasi soto, nasi campur, nasi bali telor, sampai menu andalannya, yaitu nasi kari dan nasi sayap ‘setan’ yang luar biasa pedas. 

Warung legendaris satu ini selalu menjadi tempat makan malam favorit semua kalangan karena cita rasanya yang juara, harga yang sangat murah, dan sensasi makan malam di pinggir jalan Kota Malang yang dingin sambil melihat suasana kota di malam hari. 

Untuk satu porsi nasi kare, dibanderol dengan harga 10 ribu saja sama seperti menu lainnya. Khusus untuk satu porsi nasi sayap setan dengan dua potong sayap tiap porsinya dibanderol dengan harga 15 ribu rupiah. Rasa kuah kari yang penuh rempah dan segar sangat cocok dimakan dengan nasi hangat. Begitu pula kuah sayap pedas yang rasanya juga berempah dan nendang pedasnya, sangat cocok berpadu dengan dinginnya Kota Malang di malam hari. Resep rahasia pedasnya sayap pedas Pak Bajil ini dijamin bikin ketagihan para pecinta pedas.

Gimana, mau cobain kuliner Kota Malang apa hari ini? (*/)

BACA JUGA: 6 SPOT KULINER KHAS PURWOKERTO YANG HARUS KAMU COBA

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Nadya Hiranyo

Sehari-hari hobi mikir dan nulis, penyuka hal-hal vintage.