Food

MENGAPA NASI GORENG MENJADI MAKANAN FAVORIT MASYARAKAT INDONESIA?

Jika rendang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat internasional, maka nasi goreng adalah makanan favorit masyarakat Indonesia.

title

FROYONION.COM - Variasi kuliner di Indonesia bisa dibilang jadi salah satu yang paling beragam di dunia. Dan dari adanya keberagaman aneka kuliner ini, nggak jarang makanan-makanan Indonesia seringkali mendapat spotlight dari dunia internasional.

Rendang, sate, dan bakso contohnya. 3 Makanan ini nyatanya mendapatkan kesan tersendiri di dunia internasional. Bakso dan sate yang menjadi makanan favorit mantan Presiden AS Barack Obama. Ataupun rendang yang pernah menjadi makanan terbaik di dunia pada nominasi “50 Makanan Terbaik Dunia” versi CNN.

Dari sini kita dapat sepakat, bahwa nyatanya dunia kuliner di Indonesia nyatanya telah mendapatkan pengakuan di dunia. Akan tetapi, sebenarnya makanan apa yang pada akhirnya menjadi favorit dari masyarakat Indonesia sendiri? 

Yes, nasi goreng. 

Nasi goreng adalah makanan favorit masyarakat Indonesia. Menurut Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam website resminya. Nasi goreng nyatanya menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Mengapa demikian?

NASI GORENG SEBAGAI REPRESENTASI KEBERAGAMAN INDONESIA

Rendang atau makanan lainnya mungkin menjadi makanan Indonesia yang mendapatkan pengakuan dunia. Tapi, pada akhirnya nasi goreng tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Pada dasarnya, daya tarik dari kuliner Indonesia berada di keberagaman kuliner yang terlahir dari adanya keberagaman daerah di Indonesia. Dan nasi goreng dirasa menjadi makanan Indonesia yang paling merepresentasikan keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia.

Fakta bahwa nasi goreng dapat dijumpai di mana pun dengan keadaan apapun menjadi buktinya. Berbeda dengan rendang yang umumnya hanya dapat dijumpai di rumah makan masakan Minang dan memang menjadi makanan khas Minang, nasi goreng justru sebaliknya. Dimanapun dan apapun tempat makanannya, setidaknya terdapat satu menu nasi goreng. Dan nyatanya, nasi goreng di tiap daerah pun nyatanya memiliki ciri khasnya masing-masing. Tapi apakah nasi goreng menjadi makanan khas salah satu daerah di Indonesia? Nggak, nasi goreng pada akhirnya tetap menjadi makanan khas Indonesia

Selain itu, nasi goreng pun bisa dibilang menjadi makanan yang menembus kelas sosial yang ada di Indonesia. Nasi goreng nyatanya dapat dijumpai di berbagai tempat. Mulai dari gerobak, kaki lima, kedai kecil, sampai ke restoran high class pada kenyataannya terdapat menu nasi goreng.

Baik orang miskin nyatanya tetap bisa menyantap nasi goreng melalui nasi goreng kaki lima atau nasi goreng di kedai tertentu. Pun sebaliknya, orang kaya pun bisa menikmati nasi goreng di restoran high class dan nggak ada larangan untuk mereka memakan nasi goreng yang tersedia di kaki lima.

Selain itu, nyatanya nasi goreng pun memiliki ragam variasi yang merepresentasikan keberagaman yang dimiliki Indonesia. Kembali lagi, nasi goreng di tiap daerah memiliki keunikannya masing-masing dengan menggunakan bahan-bahan ataupun kondimen yang menyesuaikan dengan tipikal masakan khas daerah tersebut. Tapi, pada akhirnya nama dari makanan tersebut tetap menjadi nasi goreng, bukan menjadi menu yang berbeda.

Dan disinilah nasi goreng nyatanya merepresentasikan keberagaman yang ada di Indonesia. Mau sebanyak apapun variasi yang ada di nasi goreng, mau “semewah” apapun sebuah nasi goreng, nasi goreng ya tetap menjadi nasi goreng. Sama seperti di Indonesia, mau dari manapun asal daerah seseorang, seberapa kaya pun seseorang, pada akhirnya kita masih sama-sama merupakan orang Indonesia.

KESEDERHANAAN YANG MEMBERIKAN KENYAMANAN

Daya tarik lain yang ditawarkan oleh nasi goreng adalah kesederhanaan yang dimilikinya. Well, kurang sederhana apa nasi goreng? Bahan baku utamanya hanya nasi, minyak, dan telur. Dengan 3 bahan itu saja sudah dapat menciptakan cita rasa yang memberikan rasa nyaman untuk lidah orang Indonesia.

Daya tarik masakan Indonesia memang ada di permainan rasa yang kuat dengan penggunaan rempah di dalamnya sehingga dapat memberikan rasa yang kuat. Tapi, bagi masyarakat Indonesia yang memang sudah terbiasa mengkonsumsi makanan dengan rempah yang kuat, rasanya makanan yang memiliki rasa sederhana dirasa sangat dibutuhkan. Terlebih, pada kenyataannya tidak semua masyarakat Indonesia menyukai makanan dengan cita rasa rempah yang kuat.

Dan dari sinilah pada akhirnya nasi goreng dapat menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Dengan kesederhanaan rasa yang dimiliki, nasi goreng nyatanya memberikan rasa nyaman untuk lidah masyarakat Indonesia.

Sehingga nggak aneh rasanya untuk melihat orang Indonesia dapat menyantap nasi goreng kapanpun tanpa melihat jam makan tertentu. Nasi goreng nyatanya dapat dimakan untuk sarapan, makan siang, dan juga makan malam. Alasannya ya simpel, kesederhanaan rasas yang dimiliki nasi goreng membuat masyarakat kita dapat memakan nasi goreng di manapun dan kapanpun.

SIAPAPUN BISA MEMBUAT NASI GORENG

Keragaman dan kesederhanaan membuat nasi goreng pada akhirnya dapat dibuat oleh siapapun. Mulai dari anak kos-kosan, ibu rumah tangga, mas-mas kedai, sampai chef bintang lima pada kenyataannya dapat membuat nasi goreng.

Nggak perlu menggunakan peralatan masakan yang canggih pun nasi goreng tetap bisa dibuat. Sehingga, nasi goreng pada akhirnya menjadi salah satu masakan Indonesia yang paling mudah dibuat.

Setidaknya, dalam seumur hidup pastinya kalian pernah mencoba membuat nasi goreng dalam hidup kalian kan? Karena kembali lagi, dengan beragamnya nasi goreng kalian bisa membuat nasi goreng versi diri kalian sendiri. Dan kembali lagi, dengan bahan baku dan cara masak yang sederhana, rasanya hampir semua orang bisa membuat nasi goreng. Sehingga, nasi goreng menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia itu sendiri. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Radhytia Rizal Yusuf

Mahasiswa semester akhir yang hobi menonton anime dan memiliki ketertarikan dalam berbagai budaya populer seperti, anime, J-pop, K-Pop