Food

JARANG DIKETAHUI! 5 PRODUK OLAHAN KOPI LOKAL YANG WAJIB LO COBAIN

Untuk menikmati rasa kopi yang enak nggak harus mahal kok Civs, produk olahan kopi lokal ini sangat melegenda di daerah tempat asalnya dan harganya pun sangat terjangkau. Rasanya juga juara, cocok buat kalian yang doyan ngopi biar anti mainstream hahaha.

title

FROYONION.COM - Berdasarkan data Kementerian Pertanian RI Indonesia disebut sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia setelah Brasil dan Kolombia Civs, produksi tahunan yang bisa mencapai 600 ribu ton mampu menyuplai 7% kebutuhan kopi dunia. Ditambah dengan tren anak muda maupun bapack-bapack yang sangat doyan sekali dengan ngopi, setiap sudut kota jalanan hingga gang-gang sempit banyak sekali orang berjualan kopi. Mulai dari cafe, angkringan, warung sederhana, atau kopi keliling jalanan juga ada. Bahkan sebelum kedai Mixue merajalela, coffee shop dan angkringan ini sudah terlebih dahulu menjamur di setiap kota.

Saking banyaknya varian kopi yang berkembang di coffee shop gue juga kadang bingung sendiri kalau mau pesen, alhasil cuma pesen kopi tubruk atau nggak kopi susu saja yang ramah di kantong dan familiar buat lambung. 

Mungkin kalian juga bosan Civs dengan menu di coffee shop atau malahan bingung kayak gue mau pesen apa karena nama varian kopinya terdengar asing, kangen dengan kopi sederhana dari kopi hitam dan kopi tubruk? Gue bakalan ngasih rekomendasi kopi lokal yang jarang orang jumpai tapi worth it banget karena rasanya yang nendang abis, nggak kalah sama menu yang ada di coffee shop.

BACA JUGA: MASYARAKAT INDONESIA LEBIH SUKA NGOPI DI KEDAI KOPI LOKAL

KOPI LIONG BULAN

Kopi dengan logo gambar naga dan bulan tersenyum berwarna biru ini sangat melegenda di Bogor Civs, nggak ada orang Bogor yang nggak tau kopi liong bulan, apalagi bapack-bapack. Dari aroma dan rasanya yang nampol kopi liong bulan ini sepertinya menggunakan kopi jenis arabica, gue kurang tahu juga sih pastinya. Nebak dari harganya aja cuma RP 1.500 - 2.000 per sachet.

Sejak tahun 1945 kopi liong bulan menjadi salah satu minuman khas Kota Bogor yang wajib dicoba untuk pecinta kopi. Aroma yang khas, aroma kopi yang kuat serta rasa yang gurih menjadi citarasa yang membuat kopi liong bulan begitu digemari penikmatnya dari berbagai lintas generasi. Kopi liong bulan ini mungkin sulit dijumpai di kota lain, tapi lo tetep bisa beli di toko hijau atau oren. Sebagai catatan Civs, karena kopi ini tanpa bahan pengawet jadi masa kadaluarsanya tuh cepet, sekitar 2-3 bulan aja.

KOPI IJO TULUNGAGUNG

Biasanya yang populer adalah teh hijau, tapi ada juga kok Civs kopi hijau. Kopi ini khas dari Tulungagung yang biasanya disebut dalam bahasa Jawa Kopi Ijo. Kopi ini disebut Kopi Ijo karena kopi tersebut digiling bersama dengan kacang hijau sampai halus. Kopi yang berwarna sedikit kehijauan tua dark green mungkin hahaha, sisa ampas kopi dari Kopi ijo yang halus biasanya dibuat nyethe yaitu mengoleskan ampas kopi pada batang rokok. Penasaran seperti apa nyethe Civs? nanti lah lanjut di artikel tersendiri. Untuk harganya? layaknya kopi di angkringan sekitar 2 - 5 ribu saja per gelas. Buat kalian yang pengen ngerasain Kopi ijo otentik asli Tulungagung coba dicari di marketplace “Kopi Bubuk Waris” karena produksi Kopi ijo di tempat itu sangat melegenda di Tulungagung. 

KOPI KASAR SAMAJAYA

Biasanya ketika nyeduh kopi hal yang paling dihindari adalah ampas kopi dan juga bubuk kopi yang kasar, namun berbeda hal dengan produk Kopi Kasar Samajaya khas dari Malang Jawa Timur. Bubuk kopi ini seperti sebesar merica gitu Civs, bentuk penyajiannya waktu diseduh biasanya bubuk kopinya akan mengambang sampai bibir cangkir dan rasa dari kopi ini kuat banget. Cocok buat lo yang hobi begadang, dijamin setelah minum kopi ini nggak ada tuh rasa-rasa ngantuk lagi, hampir mirip kayak Kopi Joss dari Jogja itu, tapi yang ini bisa lo dapetin dalam kemasan pouch di marketplace juga. 

KOPI CAP OPLET

Dengan nuansa vintage jadul dari kemasannya, dan gambar mobil oplet zaman dulu sekitar tahun 1950-an yang biasa digunakan untuk angkutan umum, kopi ini sukses mencuri perhatian gue Civs. Dengan cita rasa manis dan gurihnya serta aroma wangi kopi arabica yang sangat khas, bahkan sebelum bungkusnya dibuka udah tercium aromanya. Sangat worth it buat dicobain dan lagi-lagi kopi ini diproduksi di Bogor, sama seperti Kopi Liong Bulan, jadi buat lo yang diluar daerah Bogor hanya bisa beli melalui marketplace saja.

KOPI KINTAMANI 

Kopi Kintamani Bali, mungkin sebagian orang hanya mengetahui bahwa yang terkenal di Bali hanya pantainya saja, padahal ada juga olahan kopi dari Bali yang sangat unik dan memanjakan lidah. Dengan cita rasa biji kopi Arabika yang cenderung rasa asam seperti jeruk yang segar ditambah sedikit rasa coklat dan karamel atau brown sugar. Hal inilah yang membuat Kopi Kintamani menjadi sajian yang unik. Kalau lo ada waktu berlibur ke Bali atau WFB Work From Bali wkwk, sambil floating breakfast di Ubud, lo harus nyobain Kopi Kintamani ini Civs. Atau buat yang budget terbatas kayak gue, bisa beli di marketplace aja udah seneng rasanya sama kayak lagi liburan di Ubud wkwkw.

BACA JUGA: MENGKONSUMSI KOPI TIAP HARI BISA MENGUBAH STRUKTUR OTAK LO, EMANG IYA?
Sebenarnya masih banyak Civs olahan produk kopi yang bisa lo cobain, misalnya Kopi Joss Jogja, Kopi Kintamani Bali, Kopi Oplet, dll. Tapi yang gue sebutin di atas yang banyak ditemui di toko kelontong di daerah asalnya dan harganya sangat merakyat tapi sayangnya hanya beredar di kalangan warga lokal saja. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Irfan Kusbiantoro

Warga sipil biasa yang kebetulan menjadi mahasiswa sastra arab tapi selalu merasa salah jurusan