Food

DI BAWAH 100K, BISA KULINERAN BERNUANSA JEPANG YANG KENTAL TAPI HALAL 

Pecinta kuliner Jepang khususnya mie udon, mari merapat. Pasalnya, Marugame Udon buka gerai ke-100 di Grand Kota Bintang, Bekasi dengan sejumlah inovasi baru. Ikuti perjalanannya di tulisan ini!

title

FROYONION.COMMenyantap udon seperti di negara asalnya, memang bisa? Jawabannya,  bisa dong! Apalagi jika kalian menyantap panganan berbentuk mie khas Jepang yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang gurih ini di Marugame Udon, satu-satunya restoran udon otentik di Indonesia!

Menyambut kehadiran 1 dekade Marugame Udon di tanah air, restoran yang tetap konsisten berinovasi dengan menu-menu baru hingga menyajikan suasana yang kental dengan kebudayaan Jepang kini meresmikan gerai ke-100 di Grand Kota Bintang, Bekasi pada Sabtu (14/10/2023).

Momen ini sekaligus memperkenalkan logo baru yang merepresentasikan nilai-nilai jenama yang mengutamakan rasa, pelayanan, dan kebersihan sebagai langkah baru bagi Marugame Udon untuk menghadirkan semangat baru di setiap gerainya.

Lantas, apa saja strategi yang membuat Marugame Udon berhasil membuka hingga 100 gerai di seluruh penjuru nusantara? 

Hajime Kondoh, CEO of Marugame Indonesia mengatakan terdapat beberapa strategi antara lain kerja sama tim yang baik hingga dukungan penuh dengan seluruh pemangku kepentingan atau mitra serta memiliki visi yang jelas dalam menghadirkan restoran udon yang khas.

“Pencapaian ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi tim, serta dukungan yang luar biasa dari mitra bisnis, juga berkat kesetiaan dan minat pelanggan kami di seluruh Indonesia. Visi kami sebagai pionir restoran bergaya kasual dari Jepang yang menyajikan udon semakin jelas adanya. Adapun dalam 5 tahun kedepan kami berkomitmen untuk melebarkan sayap untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia,” ucapnya di hadapan awak media.

Selaras dengan itu, Takaya Awata, President and CEO of TORIDOLL Holdings Corporation selalu mengutamakan preferensi lokal masyarakat Indonesia. Misalnya, menyediakan menu nasi untuk menyesuaikan dan beradaptasi terhadap keinginan pelanggan lokal.

“TORIDOLL melihat potensi pasar yang besar di Indonesia sehingga hal tersebut menjadi keputusan kami menghadirkan Marugame Seimen di Indonesia dengan nama Marugame Udon. Kemudian, untuk menarik pelanggan kami melakukan penyesuaian dan adaptasi terhadap preferensi lokal. Contohnya, kami menyediakan menu nasi di Indonesia. Dengan demikian, kami menjadi lebih dekat dengan pelanggan kami,” ujarnya.

Menu-menu favorit pengunjung antara lain Niku Udon yang terdiri dari udon, daging sapi sukiyaki impor dan sup kakedashi, lalu Beef Curry Udon yaitu kombinasi udon, daging sapi sukiyaki impor dengan kuah kari Jepang, dan Chicken Katsu Curry Udon yang berisi udon, katsu ayam spesial dengan kuah kari ala Jepang.

Sudah tidak sabar mencicipi udon terbaik di gerai ke-100 Marugame Udon? Ikuti keseruan kami di tulisan ini!

HADIRKAN SUASANA JEPANG YANG KENTAL DAN TERJAMIN HALAL

Tampilan fasad gerai ke-100 Marugame Udon di Grand Kota Bintang, Bekasi yang membawa suasana asli Jepang. (Foto oleh Marugame Indonesia)
Tampilan fasad gerai ke-100 Marugame Udon di Grand Kota Bintang, Bekasi yang membawa suasana asli Jepang. (Foto oleh Marugame Indonesia)

Ketika kami menginjakkan kaki untuk pertama kalinya, tampilan fasad rumah khas Jepang begitu terlihat dari luar. Tak seperti kebanyakan gerai Marugame Udon yang berada di dalam pusat perbelanjaan, selain gerai ke-100 di Grand Kota Bintang, Bekasi, tercatat ada gerai ke-50 di Semeru, Malang yang memiliki gaya bangunan serupa.

Perjalanan berlanjut. Kami lalu masuk ke dalam dan aroma udon sontak memanjakan indera penciuman. Benar saja. Seperti dikatakan Hajime Kondoh, Marugame Udon memiliki konsep restoran dapur terbuka atau open kitchen untuk memberikan pengalaman mengesankan kepada pengunjung.

“Kenapa kita memiliki konsep open kitchen? Supaya pengunjung bisa melihat secara langsung proses pembuatan udon. Seluruh prosesnya transparan dan diperlihatkan ke pengunjung, termasuk jaminan kebersihan dan sanitasi di dalam restoran,” jawabnya ketika diwawancarai Froyonion.com.

Konsep open kitchen di gerai ke-100 Marugame Udon, Grand Kota Bintang, Bekasi. (Foto oleh Marugame Indonesia)
Konsep open kitchen di gerai ke-100 Marugame Udon, Grand Kota Bintang, Bekasi. (Foto oleh Marugame Indonesia)

Selain melihat aksi para koki membuat udon yang otentik melalui open kitchen, kalian juga bisa memilih langsung menu tanpa membaca terlebih dahulu buku menu. Cukup tunjuk dan katakan menu yang kalian ingin pesan, maka seporsi udon hadir secara cepat di depan mata.

Ternyata konsep seperti ini lumrah ditemui pada restoran yang ada di Jepang. Alih-alih memberikan buku menu, pengunjung diajak untuk memilih langsung varian udon dan aneka menu tambahan yang telah tersaji sehingga semakin menggugah selera makan dari pengunjung.

“Kita bukan memperlihatkan foto tapi memperlihatkan makanannya langsung ke pelanggan. Jadi, mereka dapat tergugah selera dan bakal memilih lebih banyak lagi menu lainnya,” timpalnya.

Hajime Kondoh, CEO of Marugame Indonesia saat kami temui perihal keunikan dan jaminan halal di seluruh menunya. (Foto: Dok. Pribadi Penulis)
Hajime Kondoh, CEO of Marugame Indonesia saat kami temui perihal keunikan dan jaminan halal di seluruh menunya. (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Setelah selesai memesan menu, gerai Marugame Udon di Grand Kota Bintang, Bekasi terdiri dari dua lantai. Jika kalian ingin segera menyantap udon, pilihlah lantai satu. Namun, jika ingin mencicipi udon sambil melihat pemandangan di balik jendela dan ruangan yang lebih luas, lantai dua dapat menjadi pilihan untuk ditempati pengunjung.

Aneka pajangan, hiasan, maupun pernak-pernik turut menyajikan suasana khas Jepang yang begitu kental. Oleh karena itu, bagi siapapun yang datang ke sini, seolah-olah kalian sedang menikmati semangkuk udon hangat langsung di negeri sakura yang sudah terjamin kehalalannya.

“Kita juga berusaha sekuat tenaga bagaimana kita bisa menyajikan menu udon yang otentik namun terjaga kehalalannya sehingga bisa dinikmati oleh khususnya konsumen muslim di negara mayoritas muslim seperti Indonesia,” pungkasnya.

MENCICIPI MENU UDON LEGENDARIS DI MARUGAME UDON

Informasi daftar menu di gerai ke-100 Marugame Udon, Grand Kota Bintang, Bekasi. (Foto: Dok. Pribadi Penulis)
Informasi daftar menu di gerai ke-100 Marugame Udon, Grand Kota Bintang, Bekasi. (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Tanpa berpikir panjang, kami menyantap beberapa menu yang dipesan antara lain Niku Udon, Chicken Katsu, Chikuwa Cheese, dan ditutup kesegaran teh ocha khas Jepang yang masing-masing dibanderol tidak lebih dari Rp65 ribu. Jadi, tak sampai membuat dompet kalian kempis.

Mulai dari menu yang selalu jadi incaran favorit pengunjung, Niku Udon tampil dengan menggugah selera. Kenyalnya mi udon, berpadu dengan taburan daging sapi sukiyaki impor dan kuah sup kakedashi memang cocok kami santap untuk mendapatkan cita rasa udon yang gurih dan tentu mengenyangkan. Seporsinya dihargai Rp62 ribu.

Menu berikutnya adalah pilihan makanan yang menjadi pelengkap menyantap udon. Kami memilih sepotong Chicken Katsu seharga Rp17 ribu per potong dan Chikuwa Cheese seharga Rp13 ribu per potong. Chicken katsu yang disajikan benar-benar memiliki ukuran lebar dengan lapisan tepung panko atau remah roti yang garing namun tetap menjaga kelembutan daging ayam.

Sedangkan Chikuwa Cheese merupakan sajian tempura yang terbuat dari olahan daging ikan berbentuk tabung dengan isian keju khas Marugame Udon. Tekstur yang super garing, lembut, dan gurihnya keju di dalam juga pas untuk teman makan udon. Tak lupa, segelas teh ocha dingin ternyata mampu melepas dahaga setelah menyantap makanan berat.

Jangan lewatkan sajian makanan penutup berupa Japanese Potato Salad yang begitu segar karena terdiri dari mashed potato lembut dan aneka sayuran yang ditabur saus mayones serta parutan keju nan gurih. Kami juga sempat mencicipi Hokkaido Milk Pudding yang rasa manisnya sangat cocok dimakan setelah menikmati menu udon.

Selain menu udon, tersedia aneka menu pendamping. Seperti ragam tempura dan makanan penutup bercita rasa manis. (Foto: Dok. Pribadi Penulis)
Selain menu udon, tersedia aneka menu pendamping. Seperti ragam tempura dan makanan penutup bercita rasa manis. (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Ken and Grat, F&B Influencer yang turut hadir di peresmian gerai ke-100 Marugame Udon juga memiliki selera yang sama dengan kami, khususnya soal pilihan makanan penutup berupa Japanese Potato Salad dan Hokkaido Milk Pudding.

“Tadi kita sempat cobain puding dan saladnya. Rasanya enak banget. Saladnya itu bisa jadi appetizer sebelum makan yang panas-panas karena rasanya segar dan creamy keju di atasnya. Terus kita juga cobain pudingnya, rasanya lembut dan gak terlalu manis,” ucap mereka.

Jadi, tunggu apalagi. Rayakan kemeriahan ini dengan mendapatkan promo dine in Hemat Berdua 100K hingga 23 Oktober 2023 untuk menu pilihan seperti Niku Udon, Chicken Katsu Curry Udon, Spicy Tori Baitan Udon, dan Maru Ten Udon. Itadakimasu!

BACA JUGA: 7 MANFAAT DATENG KE EVENT JEJEPANGAN YANG NGGAK BANYAK ORANG TAHU

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas