Food

BERAGAM ISTILAH DALAM DUNIA KOPI YANG HARUS KAMU KETAHUI

Biar kalian makin ngerti pas pesen kopi kekinian.

title

FROYONION.COM - Ada banyak padanan kata yang digunakan dalam dunia perkopian. Nggak terbatas hanya pada jenis-jenis kopi tapi juga sebutan untuk biji kopi limited edition hingga teknik khusus dalam menyeduh kopi.

Buat kalian yang masih newbie dalam dunia kopi, pastikan kalian tahu aneka istilah di bawah ini, ya. 

1. SINGLE ORIGIN. Istilah ini mengacu pada pengelompokkan biji kopi yang didasarkan pada wilayah. Misalnya nih, West Java Ciwidey single origin artinya biji kopinya berasal dari Ciwidey, Jawa Barat.

2. BLEND. Artinya, kombinasi dua atau lebih dari biji kopi yang berasal dari beberapa daerah. Tujuannya untuk mendapatkan cita rasa yang lebih sesuai dengan selera.

3. SPECIALTY COFFEE. Biji kopi limited edition akan disebut sebagai specialty coffee. Kemasannya akan berisi informasi spesifik seperti perkebunan asal, ketinggian tanaman sampai dengan proses pengolahan biji kopinya.

4. CAP. Ini singkatan dari cappuccino. Biasa disebut oleh seseorang yang mau memesannya di kedai kopi.

5. COFFEE CUPPING. Proses ini terdiri dari tiga tahapan. Pertama adalah sniffing atau menghirup aroma kopi, kedua adalah slurping atau menyeruput kopi dan ketiga adalah swallowing atau menelan kopi.

6. KALIBRASI. Istilah ini berarti proses persiapan yang biasa dilakukan dalam memastikan kualitas serta karakteristik kopi yang disajikan sudah sesuai. Kalibrasi akan dilakukan oleh barista sebelum kedai kopi dibuka.

7. SHOT. Satu shot artinya satu porsi espresso. Kadang juga berarti campuran antara espresso dengan sirup perasa. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read