Food

5 TOP FOOD INFLUENCERS INDONESIA DI TAHUN 2023 YANG PERLU KAMU KETAHUI

Coba sebutkan dan cek tulisan di bawah ini, apakah ada food influencers Indonesia kesayangan kalian?

title

FROYONION.COM - Sebenarnya konten kreator semacam food influencers atau food vlogger bukan hal yang baru lagi di Indonesia. Namun beberapa waktu lalu jadi lebih ramai diperbincangkan nih. 

Fenomena ini dimulai sejak muncul potongan klip video seorang food influencer Indonesia yang mengeluarkan statement cukup menggemparkan. Sejak saat itu juga hingga kini, warganet ramai-ramai mengunggulkan food influencers Indonesia favoritnya yang dirasa jauh lebih baik dari yang lain.

Walau sudah sering nonton, tapi tahukah kamu arti food influencersFood influencers adalah mereka yang bisa mengajak atau mempengaruhi orang untuk mencoba makanan yang mereka unggah atau ditayangkan baik di social media atau di televisi. 

Konten yang mereka sajikan pun formatnya beragam. Ada yang me-review suatu makanan sambil ngevlog, masak-masak, makan besar dan pedas, hingga challenge makanan tertentu.

5 FOOD INFLUENCERS TOP INDONESIA 

Nah, di bawah ini penulis sudah mengkurasi beberapa food influencers Indonesia berdasarkan platform yang digunakan yaitu YouTube. Tidak selalu dilihat berdasarkan jumlah subscriber, tapi juga dari keunikan konten, eksistensi, dan konsistensinya sebagai konten kreator. 

1. TANBOY KUN, RAJANYA MUKBANG

Food Influencer Tanboy Kun
Potret Tanboy Kun melakukan challenge bersama Maxhill Leonardo. (Foto: Tanboy_Kun)

Pasti kalian sudah familiar dengan nama Tanboy Kun. Namun, pemilik akun dengan 17,5 juta subscriber itu sebenarnya bernama asli Bara Ilham

Terampil makan dalam porsi besar sedari kecil, membuat Bara terinspirasi untuk mengisi konten YouTube-nya dengan video-video mukbang. Bukan hanya porsinya yang besar, tapi juga dengan menu makanan ekstrem seperti makanan super pedas. 

Selain ketahanannya pada makanan pedas, ternyata ia juga jagonya makan cepat lho. Ia kerap menampilkan video challenge bersama rekan youtuber lainnya untuk adu makan tercepat, tentunya dengan porsi yang berkali-kali lipat dari orang normal. 

Selain skill yang digunakan untuk keperluan konten, Bara juga benar-benar menunjukkan kecintaannya pada makanan. Hal ini ditunjukkan dengan attitude positifnya yang sering kali tetap menghabiskan makanan, sebanyak dan sepedas apapun. Ekspresi dan tatapan matanya pun sering banget membuat penontonnya ngiler, terutama bagi penonton yang memang suka makan makanan seperti Bara.

Tidak heran, ya, kalau dia sampai menyabet penghargaan sebagai Content Creator Kuliner Terfavorit di ajang Video Content Creators Awards (VCCA) yang ditayangkan di RCTI tahun 2021. 

BACA JUGA: MAU JADI FOOD VLOGGER? CATET DULU TIPS INI BIAR TETAP HIDUP SEHAT

2. NEX CARLOS, TUKANG MAKAN KELILING NUSANTARA

Nex Carlos
Nex Carlos dengan ciri khasnya yakni topi dan makanan. (Foto: Nexcarlos)

Nex Carlos adalah food influencers Indonesia yang namanya lagi sering berseliweran di Twitterland. Walaupun jumlah subscriber-nya jauh di bawah Tanboy kun, tapi eksistensinya tidak bisa diremehkan. 

Dilihat dari penampilannya, saya pikir kontennya akan mirip dengan Tanboy Kun, tapi ternyata saya salah. Nex punya keunikan dan ciri khasnya tersendiri.

Kerap pergi berkeliling Indonesia, Nex akhirnya membuat konten review makanan di kota yang sedang disinggahi. Uniknya, ia tidak akan memilih tempat makan yang sedang viral atau yang sudah terkenal. Pedagang-pedagang street food atau kaki lima yang biasa-biasa saja dengan keunikan tersendiri, inilah kriteria tempat yang akan ia datangi. Dengan bekal rekomendasi dari para pengikutnya, Nex pun akan mampir dengan spontan.

Yang saya suka, pembawaannya sangat natural dan lucu. Walaupun kadang ada selipan promo, tapi tidak mendominasi dan membuat penonton kesal. Nah selain makan, Nex juga sering kali mengeksplor cerita dibalik makanan atau kedai makan tersebut. Jadi, suguhan videonya pun tidak membosankan.

3. RIA SW, SERING AJAK PENONTON JALAN-JALAN VIRTUAL

Ria SW
Keseruan Ria SW jalan-jalan di Gwangju. (Foto: Riasukmawijaya)

Cewek berambut bondol yang satu ini sangat populer di kalangan para wanita. Mungkin karena pembawaannya yang ceria, lengkap dengan style korean fashion-nya.

Setelah hengkang dari malesbanget.com (mbdc) di bawah pimpinan Christian Sugiono di tahun 2016, Ia (begitu panggilan akrabnya) mulai aktif mengisi konten YouTubenya. Meski diawali dengan video random, namun sekarang sudah berfokus pada konten makan sambil jalan-jalan. Dilengkapi story telling dan sinematografi yang ciamik membuat penonton sangat menikmati dan gemar memutar ulang kontennya. 

Tidak puas menjajal makanan Indonesia, Ia juga sering terbang ke negara-negara lain seperti Singapura, Taipei, Korea, dan Bangkok untuk mengeksplor makanan lokal, pasar tradisional, hingga perbelanjaan yang ada di sana. 

Walaupun tempat dan makanan yang Ia cicipi terlihat asing, justru ini menjadi motivasi dan penghibur bagi sebagian orang karena bisa merasakan jalan-jalan virtual.

4. BOENGKOES NETWORK, SAHABAT UMKM DAN SELEBRITI

Yudho Boengkoes
Yudho Boengkoes memperlihatkan kaos dengan tagline dirinya. (Foto: Boengkoesofficial)

Boengkoes Network adalah channel YouTube yang dibuat dan dikembangkan oleh Yudho di tahun 2015. Di awal karirnya sebagai youtuber, ia sempat merasa malu untuk makan di luar umum sembari ngevlog. Namun kendala itu bisa disiasati dengan membungkus makanannya, dan melakukan rekaman di dalam mobil saja, hingga akhirnya kini Yudho sudah lebih berani bahkan muncul di YouTube artis ternama. Dari sana juga akhirnya ide nama boengkoes tercetus. 

Pembawaannya yang santai, humoris dan humble, membuat kita ketagihan untuk nonton video selanjutnya. Kalau kamu salah satu penonton Nex Carlos, saya rasa kamu juga bakal menyukai channel yang satu ini.

Di channel ini, segala jenis makanan ia coba. Bukan cuma makanan kaki lima, tapi juga sampai ke makanan artis. Bahkan, videonya yang paling populer saat ini adalah ketika dia mencoba telur dadar milik chef ternama yakni Renatta Moeloek.

Meskipun seringkali me-review makanan artis, namun Yudho mencoba seobjektif mungkin sehingga pemilik usaha tidak merasa tersakiti, dan penonton juga tidak merasa dibohongi. 

5. MAMANK KULINER, PIONIR KONTEN SAD FOOD DI INDONESIA

Mamank Kuliner
Sumber: YouTube Mamank Kuliner

Mamang yang satu ini udah pasti berbeda dari mamang-mamang yang ada di bayangan kalian. Mamang yang satu ini adalah Hanif, bukan food vlogger ahli, cuma mas-mas penikmat makanan yang coba memberikan review jujur.

Salah satu review jujur Hanif terekam dalam konten sad food-nya, konten ketika ia bicara secara blak-blakan tentang makanan yang dicoba. Kepada penulis, Hanif mengaku kalau konten sad food ini malah datang atas saran dari para subscriber-nya untuk mencoba makanan dengan rating rendah. 

Menjadi jujur dan berbeda tentu tidak selalu enak dan mudah, walaupun subscribernya kini sudah mencapai 500 ribu. Pro-kontra dan komen kebencian selalu ada, tapi Hanif tidak ambil pusing dan malah menjadikan itu sebagai motivasi.

“Mau buat konten sebagus apapun akan ada aja hate comment-nya, saya menyikapinya ya jalan terus aja, toh sebenarnya hate comment itu juga kan yang bikin YouTube kita tetap exist.”, kata Hanif.

Tidak hanya makan dan review, keseriusannya juga ditunjukkan dengan belajar fotografi agar bisa menyuguhkan konten dengan sinematografi cantik ala-ala iklan ternama. 

Dari beberapa food influencers Indonesia di atas, mana nih influencers favoritmu? Walaupun tidak semua makanan punya cita rasa yang sama di lidah yang berbeda, tapi konten-konten mereka yang entertaining, no drama dan terhindar dari gimmick semata sangat layak mendapatkan apresiasi. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

E. Nur Badriah

Seorang taurus dan babu dari seekor kucing persia