Food

5 KULINER VIRAL YANG BISA JADI IDE BISNIS SAMPINGAN LO TAHUN INI

Kabar resesi bikin kita kudu pinter cari kerjaan sampingan, Civs. Lo bisa cobain ide bisnis kuliner ini buat nyari income tambahan.

title

FROYONION.COM - Tidak terasa tahun 2022 sudah berakhir, dan kini kita sudah memasuki bulan Januari tahun 2023. Meski menurut gue tahun 2022 adalah salah satu tahun yang sangat challenging, tapi banyak juga pengalaman dan hal-hal baru yang gue dapatkan. Salah satu yang gak luput dari tahun 2022 adalah kulinernya, haha. Ada beberapa kuliner yang sempat viral tahun 2022 yang menurut gue enak banget, meskipun ada juga yang kurang cocok sama selera gue.

Harus gue katakan, menjadi lulusan C ovid seperti gue dan teman-teman seangkatan bikin kita agak sulit beradaptasi, karena rasanya banyak proses yang gak maksimal sebelumnya akibat beberapa keterbatasan di masa Covid-19. Jadi jobseeker di tahun ini juga rasanya lebih sulit, karena selain lowongan yang terbatas, banyak juga perusahaan yang malah sedang mengurangi karyawannya. 

Ditambah banyak berita yang beredar kalo tahun 2023 ini Indonesia akan mengalami resesi. Wah, bikin panik gak tuh. Nah, karena alasan inilah beberapa dari kenalan gue malah termotivasi bikin usaha sendiri. Biasanya usaha yang mereka pilih adalah kuliner-kuliner yang lagi viral. 

Bermodalkan resep dari Google, eksperimen sana-sini, posting di story IG dan WA, mereka bisa mendapat keuntungan yang cukup untuk biaya hidup sehari-hari. Lumayan banget kan?

Berikut adalah beberapa kuliner terbaik yang sempat viral tahun 2022 versi gue dan bisa lo pertimbangkan untuk jadi usaha lo di tahun ini:  

1. CHURROS

Churros adalah makanan yang terkenal di beberapa negara seperti Spanyol, Portugal dan Prancis. Setahu gue sih, Churros ini udah terkenal di Indonesia sejak 2020. Tapi tahun 2022 ini viral lagi karena beberapa netizen memposting Churros buatan mereka yang malah menyerupai kotoran kucing dan gagal estetik, haha. 

Churros sangat mudah dibuat. Bahan dasarnya tepung terigu, telur, garam, mentega dan air. Adonan yang sudah tercampur ini dimasukkan ke piping bag lalu di lubangi bagian bawahnya dan dipasangi cetakan spuit untuk menghasilkan bentuk bintang lonjong dan panjang. Nah, kesalahan netizen kita adalah mereka gak pake cetakan, jadi pas goreng dan adonannya berubah warna jadi coklat, bentuknya malah menyerupai kotoran kucing, haha.

Churros yang sudah jadi lalu dimakan dengan dengan taburan gula pasir halus atau bisa juga dengan cokelat kental. Buat gue yang sangat suka cemilan gurih dan manis, Churros itu enak banget dan mudah dibuat. Bahan dasarnya pun ngga terlalu mahal. Jadi menurut gue, Churros bisa jadi salah satu opsi usaha kuliner lo.

2. ES SEMANGKA INDIA

Meski namanya Es Semangka India, sebenarnya asal dari minuman ini dari Pakistan. Minuman ini sempat viral karena rasanya yang menyegarkan, murah dan mudah dibuat. Gue kenal es ini pas bulan puasa. Udah menahan haus seharian, ditambah iklim Indonesia yang panas, bikin gue selalu terbayang Es Semangka India ini kalo siang hari, haha.  Kedai es ini juga ramai dan gue selalu kudu ngantri.

Gue cari tahu soal es ini, ternyata gampang banget dibuat. Lo cuma perlu menyiapkan semangka (terserah berapa banyak, sesuai minat dan budget), sirup nata de coco, gula (opsional), biji selasih dan es batu. Lo tinggal campur bahan-bahan itu aja. Gampang banget kan?

Meski gampang, buat gue yang pemalas ini, tetep prefer beli aja sih haha. Nah mengingat iklim kita yang tropis serta bahan baku yang mudah dan murah, gue rasa ini bisa jadi opsi lo dalam berjualan.

3. DESSERT BOX

Iya, gue tahu kalo Dessert Box ini kurang cocok masuk hitungan viral di tahun 2022, karena udah lama ada Dessert Box sebelum tahun 2022. Tapi mengingat ketenarannya yang stabil meski udah lama terkenal, gue rasa ini bisa dimasukkan kedalam salah satu opsi usaha kuliner lo di tahun 2023.

Gue cukup tercengang pas denger cerita dari sepupu gue. Jadi sepupu gue ini punya temen yang suka bikin Dessert Box dan dijualnya lo tau dimana? di sekolah. Iya, di sekolahnya pas lagi istirahat dia langsung gelar lapak di atas meja! Wah gila sih keren banget, masih muda tapi cara dia melihat peluang perlu gue acungin jempol. Harga untuk Dessert Box dia juga cukup merakyat kisaran lima ribu perak sampai dua puluh ribu. Meski begitu omset bersih yang didapat perharinya bisa mencapai ratusan ribu. 

Dessert Box merupakan cake berlapis dengan berbagai macam topping yang berwadah kotak plastik. Harganya beragam tergantung bahan dasar dan topping dari Dessert Box itu. Untuk tata cara pembuatan, lo cari tahu sendiri ya. Soalnya kepanjangan kalo gue masukin    di tulisan ini haha.

4. BASRENG ALIAS BAKSO GORENG

Bakso Goreng atau yang disingkat Basreng ini adalah jenis snack kering dengan rasa pedas dan gurih. Basreng punya bentuk seperti kripik yang kriuk dan renyah, tapi ditambahin serbuk cabai sebagai pelengkap. Setahu gue ini adalah cemilan khas Sunda, dan udah ada dari lama. Bahkan pas gue SD aja Basreng ini udah banyak dijual dengan harga lima ratus perak. 

Tapi belakangan ini, Basreng kembali viral karena salah satu pengusaha yang mempublikasikan proses ia membuat Basreng.

Video tersebut menjadi viral dan mempengaruhi pencarian di Google. Viralnya Basreng juga berpengaruh pada peningkatan konsumen Basreng. 

Nah karena makanan ini adalah snack kering yang awet, mudah dibuat, serta konsumennya dari berbagai kalangan, Basreng bisa jadi salah satu opsi usaha kuliner lo di tahun 2023.

Untuk resepnya gue ga bisa cantumin di sini ya, karena panjang betul haha. 

5. KUE BAWANG

Eits, jangan ketipu dulu. Meski namanya kue, sebenernya Kue Bawang ini lebih cocok ke kategori snack kering dengan rasa gurih, kriuk dan sedikit asin. Umumnya Kue Bawang ini berbentuk stick, persegi ataupun melingkar. Kue Bawang ini berasal dari Sumatera Barat. 

Cara membuatnya yang cukup mudah, bahan bakunya yang tidak mahal serta tahan lama membuat gue memutuskan untuk memasukan Kue Bawang dalam list makanan viral yang bisa lo jadikan pertimbangan untuk membuka usaha. 

Sebenarnya Kue Bawang ini sudah ada sedari lama, tapi kembali viral saat Dewi Zuhriati alias mertua Alm. Vanessa Angel alias Mama Fujianti bertamu ke rumah Aurel dan membawa Kue Bawang. Sama seperti Basreng, viralnya Kue Bawang pun berdampak pada peningkatan konsumsi Kue Bawang.

Bahannya cukup sederhana kayak tepung terigu, tapioka, mentega, santan, telur, bawang merah dan bawang putih, kaldu dan seledri. Nanti lo bisa search lebih lanjut aja ya cara pembuatannya, haha. Engga sulit, kok. Kue Bawang ini tahan lama dan bisa lo konsumsi sendiri bareng keluarga, karena Kue Bawang bisa dikonsum semua kalangan.

Itu adalah beberapa makanan viral 2022 yang menurut gue potensial buat lo jadikan usaha di tahun ini. Pertimbangan gue, kelima makanan tadi cukup mudah dibuat, bisa dikonsumsi berbagai kalangan serta berbahan baku murah. Selamat mencoba, guys! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Kal

Seorang gadis sederhana dengan pikiran ruwet. Punya kecanduan sama film serta buku.