Figur

CINTA LAURA: ‘MEMPERSIAPKAN PEMIMPIN MASA DEPAN BANGSA ADALAH TUGAS KITA SEMUA’

Ternyata nggak perlu jadi pejabat untuk bisa jadi pemimpin bangsa, kita sebagai anak muda, adalah calon-calon pemimpin yang memegang masa depan bangsa ini. Cinta Laura Kiehl, adalah sosok inspiratif yang memiliki mimpi untuk terus memberdayakan generasi muda Indonesia. 

title

Siapa yang nggak kenal sama Cinta Laura Kiehls? Aktris, penyanyi, entertainer, sekaligus aktivis sosial yang akrab dipanggil Cinta ini udah 15 tahun mewarnai industri hiburan Indonesia. 

Kalo dulu kita sering ngeliat Cinta main sinetron, main film, dan nyanyi, sekarang Cinta punya segudang kegiatan yang ia jalani di samping semua itu. Dalam wawancara bersama Froyonion pada Rabu (16/3) lalu, ia menyebutkan beberapa kesibukan yang sedang ia jalani akhir-akhir ini. 

I’m doing great! (Kabarku baik!) Sekarang ada beberapa kegiatan yang sedang aku jalani. Aku habis pulang dari Paris untuk syuting serial Daniel and Nicolette yang akan tayang di akhir bulan Maret ini. Selain itu aku juga sedang mengembangkan bisnis cafe di Bandung bernama Eighteen Coffee. Di samping itu aku juga sedang membangun management yang aku rasa punya diferensiasi dengan management-management lain di luar sana,” cerita Cinta dengan ramah. 

Udah nggak asing bagi kita untuk tahu kalau sosok Cinta Laura adalah sosok perempuan independen dan cerdas yang selalu memiliki pemikiran kritis di balik kegiatan yang ia jalani. 

Cinta Laura Kiehl adalah seorang public figure Indonesia yang masih aktif dalam dunia hiburan. Tapi juga sangat aktif dalam banyak gerakan sosial, terutama yang berfokus pada pemberdayaan anak muda Indonesia.
Potret sosok Cinta Laura Kiehl yang turun langsung dalam memberdayakan generasi muda Indonesia, bersama anak-anak di Sumba. (Foto: Instagram @claurakiehl

Salah satunya yang ia sebutkan adalah membangun management untuk mengembangkan talenta-talenta anak muda. 

“Yang membedakan management-ku dengan yang lain adalah tipe-tipe talent yang ingin aku bangun. Banyak management di luar sana yang mikir kalo mengembangkan talent adalah untuk mendapatkan uang. Tapi, menurutku yang terpenting adalah untuk mereka bisa mengembangkan talenta mereka, tapi juga untuk membentuk future leaders. Karena dengan platform dan potensi mereka, mereka juga punya kesempatan lebih besar untuk beropini terhadap isu-isu,” jelas perempuan kelahiran Quakenbrück, Jerman ini. 

Visi ini adalah semangat yang selalu dibawa Cinta di setiap langkahnya. Tak dibatasi hanya dengan satu cara, tapi Cinta menyiapkan sebuah network untuk mempersiapkan pemimpin masa depan Indonesia. Salah satunya, adalah melalui gerakan #ActOfLove. 

MEMBANGUN EKOSISTEM UNTUK MEMBERDAYAKAN ANAK MUDA

Kalau ditanya apa hal yang paling Cinta sukai, ia dengan cepat menjawab: akting. 

“Selama bertahun-tahun, bahkan sampai tahun 2021, kalau ditanya apa passion terbesarku aku pasti jawab akting. Tapi, belakangan ini aku sadar bahwa passion aku yang sesungguhnya adalah menggunakan platform yang aku punya untuk menyuarakan isu-isu penting yang dapat membantu masyarakat,” jelas Cinta. 

Kepedulian yang tinggi akan isu-isu sosial, pendidikan, kemiskinan, pemberdayaan perempuan, hingga pelecehan seksual, adalah beberapa hal dari sekian banyak concern Cinta yang ingin ia suarakan dengan lebih lantang. 

Mimpinya adalah untuk memberdayakan anak muda Indonesia, untuk juga bisa menggunakan media atau platform yang mereka punya untuk tempat beropini secara bertanggung jawab. 

Suara anak muda, adalah apa yang selama ini sering tak kita acuhkan, tapi punya kekuatan yang besar untuk memantik perubahan. 

“Caraku untuk mewujudkan itu tertuang dalam beberapa kegiatan. Pertama adalah gerakan #ActOfLove yang mencakup 3 bidang, yaitu sosial, pendidikan, dan lingkungan. Gerakan ini akan terlaksana dalam kegiatan online dan offline dengan membawa harapan untuk bisa memajukan dan memberdayakan anak-anak muda Indonesia untuk menjadi agen perubahan,” katanya. 

BACA JUGA: GERAKAN #ActOfLove CINTA LAURA: AJAK ANAK MUDA INDONESIA UNTUK MELAKUKAN SEGALA HAL ATAS DASAR CINTA

Gerakan #ActOfLove hingga kini masih dalam tahap riset. Namun ketika sudah siap untuk dilaksanakan, salah satu poin kegiatan yang akan dilakukan adalah memberikan akses pendidikan digital pada anak-anak di Indonesia Timur. 

Cinta juga menjelaskan bahwa gerakan ini memiliki tujuan yang besar untuk mempersiapkan pemimpin masa depan Indonesia melalui program ambassador

Ambassador itu nggak mesti artis, ya. Soalnya banyak yang mikirnya kayak gitu. Yang aku maksud dalam memilih ambassador untuk #ActOfLove adalah memilih anak-anak muda di daerah yang menjadi target gerakan, untuk mereka bisa jadi koordinator dari acara-acara yang akan kita laksanakan di tempat mereka. Dalam pemilihannya, aku akan terlibat langsung karena aku percaya, lewat menjadi ambassador #ActOfLove, seorang anak muda bisa belajar jadi pemimpin,” tegasnya. 

MENGGUNAKAN MEDIA SEBAGAI ‘SENJATA’ 

Menurut Cinta, menjadi agen perubahan nggak perlu dimulai dengan sesuatu yang besar. Kadang orang banyak berpikir: go big or go home, tapi sering lupa kalau langkah-langkah kecil juga bagian dari perubahan. 

“Untuk terlibat dalam #ActOfLove, kalian bisa mulai dengan post foto atau video yang menunjukkan kasih sayang, rasa cinta pada sesama, di sosial media kalian dan mencantumkan #ActOfLove dan #AoLKiehlers. Kalian nggak perlu jadi fans-ku, nggak perlu suka aku, tapi kalau kalian mau terlibat dalam gerakannya, aku sangat terbuka,” kata Cinta menjelaskan cara termudah untuk kita bisa terlibat. 

Bagi Cinta, media massa dan media sosial adalah ‘senjata’ yang amat kuat untuk bisa menyebarkan opini. Dalam sehari ribuan bahkan jutaan berita ada di media dan nggak sedikit yang ternyata hoax. Nggak sedikit juga ada ujaran kebencian, gosip miring, bahkan tayangan yang mematahkan semangat. 

Padahal seharusnya media bisa jadi ‘senjata’ untuk menyebar kebaikan. 

“Zaman sekarang sangat mudah untuk posting di sosial media. Maka, kita sebagai pengguna juga harus bijak dalam menggunakannya. Kalau kita bijak, buahnya adalah kebaikan. Aku sadar aku punya platform yang cukup besar untuk bisa berdampak. Tapi kalian, nggak perlu punya followers berjuta-juta untuk berdampak. Karena dengan mempengaruhi 1 orang aja, kalian udah jadi influencer,” cetus Cinta beropini. 

Kemudian Cinta juga melanjutkan dengan beberapa pesan yang ingin ia sampaikan kepada generasi muda Indonesia. 

“Untuk generasi Z dan Alpha, aku percaya sama kalian sepenuhnya karena kalian harapan masa depan bangsa. Kalau sekarang kalian belum punya kapasitas untuk melakukan aksi sosial yang besar, gapapa. Mungkin sekarang kalian lagi dalam masa yang sulit juga. Sama orang tua, teman, kegiatan di sekolah, dan aku juga pernah mengalami itu,” katanya seraya melanjutkan.

But listen, ketika kalian sudah sembuh, ayo bangkit lagi. Ayo bermimpi bersama untuk menjadikan Indonesia sebagai tempat yang baik untuk anak muda bisa berkembang. Karena dengan bersama, kita pasti bisa,” tegas Cinta, tersenyum manis, tapi juga menyiratkan harapan dalam setiap kata-kata yang terucap. 

Bukan kebetulan bahwa rasa cintanya pada bangsa ini sama dengan namanya, Cinta, dan gerakan yang ia cetuskan, #ActOfLove. Yang jelas dari Cinta kita belajar bahwa peduli itu keputusan dan mencintai dengan sepenuh hati dapat memberikan harapan. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Content writer Froyonion, tukang nulisnya Bang Roy dan supplier permen kantor