Esensi

SELAIN HOBI NONGKRONG DAN HEALING, INI CIRI KHAS GEN Z

Mayoritas Gen Z selalu mengutamakan pendidikan dan karier. Itu cuma sebagian ciri-ciri Gen Z. Yang lainnya ada di bawah ini.

title

FROYONION.COMSelalu ada hal menarik yang bisa dibahas dari Gen Z karena mereka memiliki pengaruh yang cukup besar. Terhadap perkembangan generasi digital dan kemajuan dalam perekonomian.

Gen Z akhir-akhir ini, memang sering muncul di berbagai kesempatan. Selain terkenal dengan sifatnya yang ambisius, Gen Z juga memiliki jiwa yang sangat kritis dan pola pikir yang sangat kreatif. Hal inilah yang membuat mereka selalu diperhitungkan.

Maka dari itu, Gen Z selalu mampu bersaing di berbagai macam bidang pekerjaan dan unggul dalam pendidikan. Gen Z juga terkenal sangat perfeksionis terhadap apa yang sedang mereka kerjakan. Hal ini, tentunya akan memberikan dampak positif dan juga negatif.

BACA JUGA: MENELUSURI KEHIDUPAN PARA GEN Z YANG HIDUP DI DAERAH

Pencapaian yang mereka dapatkan juga tidak main-main. Pendidikan tinggi dan jenjang karier yang mapan. Alasan inilah yang membuat Gen Z selalu bisa berbaur dengan mudah di berbagai macam kalangan umur dan menguasai banyak bidang pekerjaan.

Banyak sekali hal menarik yang bisa kita temukan dari Gen Z. Entah itu dari kebiasaan mereka ataupun cara bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, ada beberapa ciri-ciri Gen Z yang sangat mudah untuk diketahui.

Namun, sering kali masih banyak yang belum sadar bahwa yang sedang mereka hadapi adalah seorang Gen Z. Seperti apa ciri-ciri Gen Z? Mari simak penjelasan di bawah ini.

1. PENDIDIKAN DAN KARIER NOMOR SATU 

Gen Z merupakan makhluk super ambisius yang selalu mengutamakan pendidikan dan juga karier. Hal ini, tentunya sangat melekat dengan kepribadian mereka yang sangat suka tantangan dan senang mencoba hal-hal baru.

Meskipun demikian, Gen Z juga memiliki problem yang berkaitan erat dengan kehidupan dunia kerja yang terkadang tidak seindah kenyataannya. Tekanan kerja yang terkadang membuat mental health mereka terganggu.

Hingga menginginkan work life balance di kehidupan mereka sehari-hari. Hal inilah yang membuat Gen Z selalu mencari celah agar kehidupan mereka tetap berjalan sesuai rencana dan bisa mengatasi berbagai macam problem yang ada.

2. HOBI NONGKRONG 

Banyak sekali cara yang dilakukan oleh Gen Z agar work life balance mereka tercapai. Salah satunya adalah dengan menyegarkan isi pikiran dengan nongkrong di tempat yang super nyaman.

Maka tak heran, Gen Z selalu tahu tempat-tempat nongkrong favorit dari yang paling ramai hingga tempat yang damai untuk relaksasi pikiran untuk kaum Gen Z yang introvert.

BACA JUGA: 6 REKOMENDASI FILM TEMA EDUKASI POLITIK BUAT GEN Z FIRST VOTERS

Terkadang nongkrong di tempat yang tenang dan tidak banyak orang, bisa kembali menjernihkan isi pikiran dan semangat untuk menjalani hari akan terisi kembali.

Kebiasaan nongkrong ini akan dilakukan selepas jam pulang kerja ataupun di akhir pekan bersama teman dekat. Pastinya, ini sangat menyenangkan dan bisa menyegarkan isi pikiran.

3. IDENTIK DENGAN KOPI 

Gen Z memang tidak bisa dipisahkan dengan kopi. Minum kopi merupakan suatu keharusan dan wajib untuk dilakukan. Banyak sekali alasan mengapa Gen Z identik dengan kopi.

Salah satunya adalah dengan minum kopi Gen Z merasa lebih tenang dan dimengerti. Pilihan menu kopi yang sangat beragam adalah alasan selanjutnya yang membuat Gen Z tidak bisa dipisahkan kehidupannya dengan kopi.

BACA JUGA: PENELITI SEBUT GEN Z KURANG BERMINAT NONTON ADEGAN PANAS DI FILM

Americano banyak disukai karena lebih sehat dan nol kalori. Menu kopi yang satu ini menjadi pilihan wajib untuk Gen Z yang selalu ingin menjaga berat badannya.

Caffe Latte menu kopi untuk mereka yang lebih ingin bersantai dengan tambahan latte art yang memesona. Selain itu es kopi gula aren yang selalu diincar pecintanya karena rasanya yang super legit.

4. HEALING UNTUK KESEHATAN MENTAL 

Selain identik dengan kopi, Gen Z juga suka healing. Kegiatan seru yang satu ini selalu dilakukan oleh Gen Z di sela-sela kesibukannya. 

Biasanya Gen Z akan mengatur jadwal dari jauh-jauh hari. Agar bisa bisa pergi healing ke berbagai destinasi wisata tanpa ada gangguan apa pun, termasuk pekerjaan.

Gen Z sangat suka liburan ke tempat-tempat yang tenang dan merefleksikan isi pikiran. Salah satunya adalah liburan ke pantai atau menginap di pulau.

BACA JUGA: ‘SOFT SAVING’: MENABUNG DANA PENSIUN ALA GEN Z

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Indonesia surganya wisata bahari dari keindahan alam Pulau Dewata Bali hingga menikmati keindahan alam bawah laut Kepulauan Mentawai. 

Semua aktivitas seru tersebut Gen Z lakukan untuk menjaga kesehatan mental karena kesibukan kerja setiap harinya. Healing adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menyeimbangkan semuanya.

5. TERKENAL KOMPETITIF

Gen Z sangat terkenal kompetitif dalam bidang apapun. Ingin diterima di kampus favorit, lulus S1 dan S2, mendapatkan pekerjaan impian dengan gaji yang tinggi. Hal yang paling menarik dari Gen Z adalah mereka selalu ingin melakukan yang terbaik dan hasil yang sempurna.

Gen Z bukan tipikal yang suka berlama-lama dan selalu ingin secepat mungkin mendapatkan apa yang mereka inginkan. Berpikir selalu kritis dan pintar analitis sangat melekat den Gen Z.

6. PALING MANDIRI

Gen Z adalah generasi yang paling mandiri. Mereka bisa melakukan banyak hal dengan kemampuan sendiri. Selain mandiri Gen Z juga memiliki pemikiran yang terbuka. Mereka akan menerima berbagai macam kemajuan termasuk teknologi.

Gen Z juga terkenal sebagai seseorang yang sangat mudah beradaptasi di lingkungan sekitarnya. Kemampuan ini tentunya sangat memberikan dampak yang sangat positif untuk kemajuannya.

7. MEMBANGUN PERSONAL BRANDING

Memiliki aktivitas super padat dan berbagai macam pencapaian. Ciri-ciri inilah yang selalu bisa ditemukan pada Gen Z. Semua kegiatan tersebut selalu mereka bagian di berbagai macam sosial media.

Selain untuk menunjukkan pencapaian yang mereka dapatkan. Gen Z juga melakukan ini untuk membangun personal branding yang nantinya sangat berguna untuk kebutuhan pada masa yang akan datang.

Hal ini tentunya sudah diperhitungkan secara matang karena Gen Z memiliki pola pikiran yang perfeksionis dan kritis. Jadi, postingan yang mereka bagikan akan memberikan banyak keuntungan untuk masa depan. Terutama perihal mendapatkan pekerjaan impian.

Banyak sekali alasan yang menyebabkan Gen Z tampil beda dari generasi sebelumnya. Bukan tanpa alasan, hobi nongkrong beserta healing adalah cara terbaik mereka untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan menemukan ide baru untuk tujuan hidup ke depan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Suci Berliana

Beralih jadi content writer meskipun dulu kuliah di ekonomi. Penikmat berbagai genre musik dan penyuka seni.