Esensi

MITOS MENGGOYANGKAN MOBIL SEWAKTU MENGISI BENSIN DAN KISAH MITOS LAINNYA

Mulai sekarang, lo boleh tinggalkan kebiasaan menggoyangkan mobil ketika isi bensin ya, Civs! Ternyata hal itu cuma mitos dan enggak ada ngaruhnya sama sekali.

title

FROYONION.COMMenggoyangkan mobil atau sepeda motor ketika mengisi bensin jadi hal lumrah yang dilakukan. Mulai dari kalangan bapak-bapak, mas-mas, atau mungkin jangan-jangan lo masih sering ngelakuin hal ini? Mitosnya sih biar bensin bisa mengalir lebih sempurna di tangki bahan bakar. Selain itu, udara yang terjebak di alam tangki juga dapat keluar dengan mudah.

Namun, pernah nggak sih lo kepikiran, kenapa ya orang-orang masih ngelakuin kebiasaan ini? Padahal lo juga tahu kalau menggoyangkan kendaraan saat isi bensin dapat memicu kebakaran. Pasalnya, ujung nozzle besi alias alat pengisi bensin yang bertemu dengan ujung tangki, bisa memicu gesekan listrik statis. Terlebih, cairan bensin yang terciprat di area pom bensin juga dapat menimbulkan percikan api. 

Belum lama ini juga beredar di jagat media sosial, video pendek yang menampilkan seorang pria tengah menggoyang-goyangkan mobilnya ketika mengisi bensin. Udah bisa ditebak dong tujuannya ngapain? Ya biar aliran bensin jadi cepat terisi di tangki, lah. Lantas video itu pun viral sampai-sampai Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) turun tangan.

Menurut artikel kominfo.go.id pada Jumat, 13 Mei 2022, video yang menunjukkan adanya teori bahwa kendaraan harus digoyang ketika isi bensin adalah hoaks! Iwan Abdurrahman selaku Techinal Service Division PT. Toyota-Astra Motor juga menyatakan kalau kebiasaan ini perlu ditinggali dan berbahaya, sebab mobil-mobil produksi saat ini punya desain tangki yang meminimalkan udara terjebak alias nggak perlu digoyangin.

Daripada lo ngelakuin kebiasaan goyangin mobil ketika isi bensin yang justru berbahaya dan nggak enak juga kalo dilihat orang, mending lo simak di bawah ini mitos apa aja terkait isi bensin lainnya yang sebaiknya juga lo tinggalkan.

1. JANGAN ISI BENSIN DI SIANG HARI

Ada anggapan kalau ngisi bensin di pagi hari itu jauh lebih baik dibanding siang hari. Kata orang-orang sih, biar bisa dapat bensin yang lebih banyak. Padahal logikanya, setiap lo ngisi bensin sebanyak 1 liter, ya keluarnya juga pasti 1 liter. Nggak berubah. Cuma, dari berbagai literatur yang gue baca, adanya perubahan suhu di pagi hari yang lebih rendah ketimbang siang hari yang cenderung tinggi akan memengaruhi volume bensin, tapi ya nggak terlalu signifikan dan aman-aman aja.

2. BENSIN BISA BASI

Nah, ini nih mitos selanjutnya yang secara logika akal sehat bikin lo mikir keras. Masa iya bensin bisa basi? Justru istilah yang tepat itu dinamakan penurunan kualitas dan deteorisasi. Sebabnya karena bensin yang didiamkan lama sekitar 6 bulan bakal mengalami perubahan senyawa kimia bernama Olefin yang gampang bereaksi dengan oksigen dan membentuk endapan. Makanya, hal ini yang sering disebut bensin basi.

3. BERMAIN HANDPHONE BISA BIKIN KEBAKARAN

Sebenarnya, mitos bermain handphone ketika mengisi bensin nggak sepenuhnya bisa memicu kebakaran. Apalagi, sekarang eranya cashless alias lo bisa bayar bensin pakai handphone! Jadi, hal yang perlu diluruskan adalah sewaktu lo bermain handphone di dekat jangkauan nozzle pengisian bensin itulah yang dapat memicu kebakaran. Jadi, nggak perlu takut, ya!

4. PAKAI OCTANE BOOSTER BISA MENAIKKAN NILAI OKTAN

Barangkali mitos yang satu ini lo juga udah paham ya, kalau nilai oktan tinggi pada sebuah kendaraan maka keuntungannya dapat meminimalisir polusi. Namun, nggak selamanya pakai octane booster untuk menaikkan nilai oktan itu bagus, malah banyak dampak negatifnya. Salah satunya, emisi gas buang bisa lebih buruk dan berbahaya jika terkontiminasi di udara. Cari amannya, tetap isi bensin sesuai nilai oktan yang ada pada kendaran lo, ya!

5. BENSIN BISA BOROS KARENA MOBIL NGGAK DIMATIKAN

Mitos terakhir yang sering gue dengar adalah terkait mobil yang sedang isi bensin, tapi mesinnya nggak dimatikan, katanya bisa bikin bensin boros. Sebetulnya, anggapan ini nggak ada hubungan ya. Malah, bisa aja menimbulkan percikan api yang berakibat kebakaran karena hubungannya dengan cairan bensin saat mesin mobil menyala. Makanya, pastikan lo mematikan dahulu mesin mobil saat isi bensin biar lebih aman.

Gimana, Civs? Ternyata yang selama ini lo lakukan belum tentu baik untuk dijadikan kebiasaan turun temurun, seperti halnya menggoyangkan mobil ketika mengisi bensin itu ternyata cuma mitos atau jadi hoaks juga malah!

Ketimbang lo meyakini mitos-mitos tersebut, lebih baik jadilah pengendara yang bijak dalam berkendara dan menyerap terpaan informasi secara baik. Dengan menyerap informasi secara baik, lo juga nggak bakal terpengaruh dengan mitos-mitos atau isu-isu yang belum jelas keberadaan dan realitanya. 

Kalau lo punya kisah mitos lainnya yang menurut lo menarik buat diceritain, lo boleh banget bergabung jadi kontributor Froyonion!

BACA JUGA: MOTORHOME: MOBIL SEKALIGUS RUMAH YANG LO BISA TINGGAL DI DALAMNYA

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas