Civs

MOTORHOME: MOBIL SEKALIGUS RUMAH YANG LO BISA TINGGAL DI DALAMNYA

Umbu Tedy membawa keluarganya menggunakan motorhome dalam perjalanan dari Jakarta menuju Sumatera. Motorhome adalah rumah yang berjalan, bagi Tedy.

title

FROYONION.COMCoba lo bayangin sebuah mobil, yang di dalam sana, lo bisa ngelakuin apapun kayak yang lo lakuin di rumah. Mobil seperti itu beneran ada, namanya adalah motorhome. Disebut juga rumah berjalan atau rumah bermesin. Kalau lo familiar dengan serial kartun The Wild Thornberrys, mereka juga menggunakan motorhome untuk bertualang.

Acara Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran. Dalam event tersebut, komunitas Indonesia Motorhome turut hadir mengenalkan “rumah berjalan” kepada pengunjung. Stan Indonesia Motorhome dapat dikunjungi dalam acara IIMS hingga 10 April 2022.

“Mungkin banyak yang belum tahu kalau kendaraan juga bisa digunakan sebagai tempat tinggal. Motorhome bisa digunakan sebagai tempat tinggal, kerja dan sekolah bagi anak-anak,” kata Umbu Tedy selaku ketua komunitas Indonesia Motorhome kepada Froyonion.

Tedy menjelaskan bahwa motorhome adalah kendaraan yang memiliki mesin penggerak, sekaligus fasilitas cukup lengkap layaknya tempat tinggal. Bertualang dengan motorhome bagi Tedy tidak sekadar berpindah tempat, tapi juga merasakan pengalaman dengan warganya dan budaya setempat.

“Dengan mengenal banyak tempat dan karakter orang, kita bisa lebih mengenal keberagaman Indonesia dan menghargai perbedaan yang ada,” terang Tedy. Motorhome dalam perjalanannya juga turut memajukan pariwisata dan mengenalkannya kepada orang banyak.

PERJALANAN INDONESIA MOTORHOME

Seluruh anggota komunitas Indonesia Motorhome melakukan perjalanan dari Jakarta menuju ke Pulau Bangka, provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Oktober 2021. Komunitas Motorhome Indonesia turut mengajak peserta yang belum memiliki motorhome untuk merasakan pengalaman bertualang dengan motorhome.

Dalam perjalanannya, mereka singgah di Lampung dan Palembang untuk merasakan tinggal di daerah tersebut. Lalu pada tanggal 16 Oktober 2021, mereka tiba di Pulau Bangka dan mendeklarasikan berdirinya komunitas Indonesia Motorhome. Akhirnya komunitas Indonesia Motorhome yang anggotanya dari kalangan usia dan latar belakang berbeda, berhasil berdiri dengan kesamaan visi dan hobi.

Tidak sekadar bertualang, Indonesia Motorhome turut mengadakan aksi sosial di tiap perjalananya. Mereka turut memberikan donasi kepada 2 panti asuhan di Lampung dan Pulau Bangka. Indonesia Motorhome kini berencana melakukan penanaman pohon di lokasi yang mereka lalui.

“Kami menyadari bahwa perjalanan ini meninggalkan jejak karbon, dan kami ingin memberikan sumbangsih kepada bumi dengan melakukan penanaman pohon,” tutur Tedy kepada Froyonion. Program penanaman pohon tersebut nantinya akan berkolaborasi dengan aktivis lingkungan. Tedy berharap program tersebut dapat segera terlaksana.

PERJALANAN BERIKUTNYA

Pada bulan Mei mendatang, Tedy bercerita bahwa Indonesia Motorhome akan melakukan perjalanan menuju ke Sulawesi. “Kami mau melakukan perjalanan ke Sulawesi,” kata Tedy. “Dari ujung Selatan, kami akan pergi menuju ke Utara Sulawesi, lalu kembali lagi ke Selatan.”

Tedy telah melakukan perjalanan mengitari Jawa, Bali, dan Sumatera. Sangat menyenangkan baginya melakukan perjalanan bersama dengan orang yang memiliki antusiasme dalam hal yang sama. Tedy mengaku ingin sekali bepergian mengelilingi Asia hingga Eropa, dimulai dari Malaysia.

Misal lo udah punya motorhome atau campervan sendiri, lo bisa bergabung dengan komunitas Indonesia Motorhome dan melakukan perjalanan bersama mereka. Untuk bisa bergabung dengan Indonesia Motorhome, lo bisa mengajukan nama dan kendaraan yang sesuai dengan kriteria motorhome atau campervan. 

Perjalanan dengan motorhome atau campervan mulai diminati banyak orang. Lo pun bisa menyewa motorhome atau campervan dengan menghubungi Indonesia Motorhome. Komunitas Indonesia Motorhome dapat dihubungi lewat media sosial Facebook dan Instagram, juga lewat situs resmi mereka. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung