Esensi

MASANG FOTO KUCING DI DATING APP BISA MENARIK PERHATIAN CEWEK, EMANG IYA?

Tanggal 8 Agustus ditetapkan sebagai Hari Kucing Sedunia. Maka dari itu, Froyonion bakal membahas tentang memasang foto kucing di dating app dan media sosial yang katanya bisa bikin cewek jadi tertarik. Benarkah demikian?

title

FROYONION.COM - Foto atau video kucing gemoy tentu pernah nongol di media sosial lo. Perlu lo tahu bahwa pada hari ini, tanggal 8 Agustus, dinyatakan sebagai Hari Kucing Sedunia

Hari Kucing Sedunia pertama kali dicetuskan oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW) dan kelompok hak asasi hewan lainnya pada 2002, untuk memperbaiki kesejahteraan kucing di seluruh dunia, termasuk kucing liar.

Pecinta kucing liar juga mulai banyak belakangan ini. Makanya nggak jarang lo bakal menemukan wadah berisi makanan kucing di area stasiun ataupun kawasan kampus. 

Kucing pun mempunyai daya tarik tersendiri, terutama buat sesama kucing lainnya. Kalau kata The Conversation, terdapat studi sebelumnya yang bilang, kalau cewek lebih suka sama cowok yang berfoto dengan kucing daripada cowok yang foto sendirian. 

BACA JUGA: PUNYA SELERA MUSIK BAGUS BIKIN COWOK AUTO-GANTENG, EMANGNYA IYA?

Perlu lo ketahui bahwa foto yang lo pasang di dating app dan media sosial memengaruhi persepsi mereka yang melihatnya. Studi menunjukkan bahwa 43% orang berpikir kalau mereka dapat memahami kepribadian seseorang melalui gambar mereka. 

Sangat mungkin ketika lo ngeliat teman lo mengunggah foto mendaki gunung, pasti lo beranggapan bahwa dia menyukai kegiatan luar ruangan. Contoh lainnya, ketika lo ngeliat teman lo mengunggah lagi di bar atau klub, pasti lo beranggapan bahwa dia menyukai minuman beralkohol.

Lalu bagaimana dengan mereka yang mengunggah foto sedang bermain bersama kucing?

Studi sebelumnya bilang kalau cewek lebih suka sama cowok yang foto sama anjing daripada sama kucing. Namun, kalau dibandingin sama yang nggak melihara apa-apa, cewek lebih milih sama cowok yang foto sama kucing. Makanya banyak yang mengira bahwa foto dengan cewek bisa memikat mereka. 

Berdasarkan penelitian oleh Molecular Diversity Preservation International, mereka merekrut 1.388 cewek heteroseksual asal Amerika Serikat yang berusia 18-24 tahun sebagai responden, dan hasilnya ternyata berbeda dengan studi sebelumnya.

Dalam survei tersebut, para responden diminta memilih satu di antara dua foto cowok; foto yang satu bersama dengan kucing, sedangkan foto yang lainnya tanpa kucing. Setiap responden cuma boleh memilih satu, sama kucing atau tanpa kucing.

Responden yang sudah memilih bakal diminta alasan atas pilihannya. Mereka diminta untuk menilai beberapa hal, seperti maskulinitas dan feminitas berdasarkan foto yang diperlihatkan. Para cewek juga ditanyain apakah mereka mendefinisikan diri mereka sebagai "cat person", "dog person", "bukan keduanya" atau "keduanya".

Sebagian besar cewek menganggap cowok yang memegang kucing terlihat kurang menarik. Hasil ini cukup mengejutkan lantaran penelitian sebelumnya bilang kalau cowok dengan kucing katanya terlihat menarik.

Para responden menilai bahwa cowok yang berfoto dengan memegang kucing terlihat menyenangkan, terbuka, tetapi juga kurang ekstrovert, serta memiliki kepribadian neurotik (penuh emosi negatif). Mereka juga menilai cowok-cowok tersebut terlihat kurang maskulin.

BACA JUGA: MENURUT LO MANA YANG LEBIH KREATIF, COWOK ATAU CEWEK?

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa feminitas laki-laki dan homoseksualitas masih dianggap berhubungan. Kucing pun terkadang dinilai berkaitan dengan seorang pemilik yang gendernya cewek

Makanya kucing dianggap sebagai hewan peliharaan feminin, walaupun melihara kucing susah dan lo berisiko kena cakar, dan lain-lain. Namun, beberapa media populer kelihatannya berupaya menormalisasi cowok buat melihara kucing hingga saat ini. 

Lagipula memelihara kucing, baik oleh cowok maupun cewek, sebetulnya enggak apa-apa asal mereka bisa merawatnya dengan baik. Nah, karena pemilik kucing dinilai menyenangkan, makanya para cewek menempatkan mereka di posisi “cukup jadi teman saja.”

Penting untuk dicatat bahwa apakah wanita mengidentifikasi diri mereka sebagai "cat person" turut memengaruhi persepsi mereka. Wanita yang mengidentifikasi diri sebagai "cat person" cenderung melihat cowok yang difoto dengan kucing lebih menarik, atau mengatakan bahwa mereka tidak memiliki preferensi.

Kalau lo emang suka sama kucing, mungkin lo bisa ngasih tahu ke cewek yang lagi lo deketin ini di saat proses pendekatan lo sudah berjalan jauh, atau lo sama dia sudah jadian. Satu saran lagi kalau lo punya kucing di Hari Kucing Sedunia ini, jangan lupa kasih kucing lo makanan yang enak ya, Civs!

BACA JUGA: BISAKAH HEWAN JADI CERDAS BAK MANUSIA?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung