Esensi

KENAPA SIH AKUN JUALAN OBAT SAKIT MATA MAKIN MARAK DI KOLOM KOMENTAR INSTAGRAM?

Buat kalian yang mulai nggak nyaman sama komentar obat sakit mata sampai obat minus yang mereka tawarkan. Lebih baik temukan jawaban kenapa mereka makin marak dan cara menanganinya di sini!

title

FROYONION.COM“Minta sarannya dong, siapa tau di sini ada yang punya obat paling ampuh buat sembuhin sakit mata dan nunurin mata minus sama silinder?”

Kalian pasti sering lihat komentar itu di Instagram? Atau merasa kesal komentar yang kalian tulis, tiba-tiba kok dibalas sama mereka? Dan entah mengapa mereka itu ada di mana-mana. Ibarat siluman Instagram kali, ya?

Anehnya, mereka itu terdiri bukan cuma satu akun aja tapi bergerombol. Bahkan, denger-denger mereka adalah robot virtual di Instagram yang memiliki nama scam bot. Alih-alih menjual produk, kehadirannya justru bikin kita terganggu.

Tapi, sebelum kolom komentar Instagram ramai dengan akun jualan obat sakit mata atau obat mata minus, kita udah kebal duluan dengan keberadaan komentar berbau esek-esek, porno, dan nawarin jual beli followers, dan verification badge Instagram berbayar.

Salah satu target akun-akun palsu tersebut adalah menyasar pemilik akun Instagram ber-followers tinggi dan bahasan kontennya juga lagi ramai diperbincangkan. Hmm, mungkin akun Instagram Froyonion juga sering didatangi komentar ini?

Nah, biar kalian tau alasan di balik maraknya komentar obat sakit mata atau obat mata minus, beserta cara menanganinya. Simak selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: INSTAGRAM DAN BOT ‘ESEK-ESEK’ YANG MERAJALELA DI KOLOM KOMENTARNYA

SOCIAL BOTS: ROBOT VIRTUAL DI BALIK AKSI KOMENTAR OBAT SAKIT MATA

Mungkin kalian udah nggak asing dengan bot atau robot yang berseliweran di Instagram. Yang semestinya membantu untuk membalas komentar dan direct message secara otomatis, namun seringkali disalahgunakan.

Terkait komentar dari akun-akun fiktif penjual obat sakit mata, mereka menggunakan social bots. Nah jenis bot berteknologi kecerdasan buatan ini akan meniru perilaku manusia demi berbagai tujuan dan kepentingan. Mulai dari menyebarkan spam, memanipulasi pasar finansial, dan meningkatkan popularitas seseorang.

Social bots terbagi menjadi beberapa jenis:

1. The overloader: jenis bot yang mengunggah komentar yang sama secara berulang-ulang di postingan yang berbeda. Bot ini akan didukung oleh komentar dan likes dari bot lain sehingga jumlahnya makin banyak.

2. The trendsetter: tipe bot yang berjumlah banyak dengan menggunakan hashtag yang sama. Fungsinya? Nggak jauh-jauh untuk menciptakan trending topic yang sama sekali nggak relevan.

3. The auto troll: Bot yang bekerja secara mandiri untuk mengalihkan sebuah diskusi. Dan bot inilah yang bikin kita kesal karena sengaja mengganggu percakapan dalam sebuah kolom komentar.

Lalu, gimana cara mereka bisa hadir dalam profil orang yang berbeda? Begini, mereka akan menyamar menggunakan akun dan foto profil palsu. Tak lupa, mereka juga mengunci akses profil dari publik biar identitas asli mereka nggak ketahuan.

Untuk itu, kalian perlu waspada dan jangan sekali-kali mengklik link yang mereka bagikan–entah itu di kolom komentar atau pada bio Instagram dari masing-masing akun mereka. Dampaknya, gadget kalian bisa terkena serangan phising yang berusaha mendapatkan data pribadi kalian dari tautan tersebut.

Tapi kalau kalian sebatas kepo dan penasaran sama profil mereka sih nggak masalah. Siapa tau kebongkar identitas asli mereka dan kalian langsung melaporkan ke pihak berwajib malah bagus, kan? Hehehe.

CARA MENANGANI KOMENTAR AKUN PENJUAL OBAT MATA SAKIT

Sebenarnya belum ditemukan cara terampuh untuk menangani kelakuan mereka. Namun, sebagai pengguna media sosial yang cerdas, kalian bisa membedakan antara akun social bot dengan akun media sosial yang asli.

Caranya? Perhatikan setiap kejanggalan akun mereka. Katakanlah dari rasio following dan followers, apakah terdapat kejanggalan? Atau bisa juga kalian lihat dari frekuensi unggahan konten dan username aneh yang mereka buat. Kalau akun mereka digembok, dipastikan mereka masuk kriteria tersebut, ya!

Kemudian kalian bisa memanfaatkan beberapa layanan bot detection yang tersedia seperti botcheck.me atau Cloudflare Bot Management.

Selanjutnya gunakan fitur laporan yang ada di Instagram maupun platform media sosial lainnya. Biasanya pihak Instagram akan memproses laporan bila akun-akun tersebut terasa janggal dan sering berkomentar aneh, sehingga aktivitas mereka bisa di-takedown oleh Instagram.

Last but not least, kalian juga bisa melaporkan aktivitas mereka lewat akun seperti @bot_police yang ada di Instagram untuk membantu orang-orang dalam mengumpulkan laporan tentang social bot ini.

Yah namanya juga social bot. Mau secanggih apapun usaha kita untuk memberantasnya, mereka pasti muncul dalam wujud yang berbeda. Dari pihak Instagram juga terus berusaha maksimal biar seluruh pengguna di dunia nggak merasa terganggu.

Intinya, laporkan komentar tersebut semampu kalian, dan nggak perlu layani kelakuan apalagi link yang mereka bagikan. Kalian cukup menyelamatkan diri sendiri dan selalu bagikan informasi ini juga ke orang terdekat biar kita sama-sama aware dengan ini. (*/)

BACA JUGA: ANTI RIBET, 7 TOOLS BERBASIS KECERDASAN BUATAN INI MEMUDAHKAN LO BIKIN KONTEN DI MEDSOS

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas