Esensi

JANGAN KHAWATIR, TEMAN BERKURANG SEIRING WAKTU ITU GAK APA-APA

Seiring bertambahnya usia, Civs mungkin akan menyadari bahwa teman-teman akan berkurang. Ternyata hal itu cukup normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

title

FROYONION.COM - Bukan rahasia lagi kalau menjadi dewasa adalah proses yang rumit. Terlebih Civs yang masih berusia 20an, akan ada banyak sekali perubahan dalam hidup yang kadang tidak pernah disangka sebelumnya.

Nah, salah satu hal yang mungkin terasa cukup berat adalah momen saat menyadari bahwa teman-teman kalian sudah mulai berkurang. Sewaktu SMA atau awal-awal masa kuliah, Civs mungkin punya banyak sekali teman. Hari demi hari tidak terasa akan berlalu begitu saja dengan mereka. Bahkan banyak yang mungkin masih bisa merasakan momen mengerjakan tugas akhir dan wisuda bersama. 

Jika Civs masih ada di dalam proses itu, nikmatilah. Sebab kehidupan dewasa baru akan dimulai ketika kalian lulus kuliah.

***

Setelah lulus kuliah, Civs dan teman-teman mungkin akan mulai bekerja di perusahaan, ikut tes seleksi CPNS, atau bahkan lanjut studi lagi. Di masa ini, waktu untuk bertemu dengan teman akan jadi lebih jarang. Dari yang tadinya bisa bertemu setiap hari, kini kalian mungkin hanya bisa bertemu sebulan sekali, atau bahkan lebih jarang.

Satu per satu pun teman-teman akan mulai menyebar undangan pernikahan, dan kemudian memutuskan untuk memiliki anak. Kalian pun akan melihat dengan mata kepala kalian sendiri, postingan instagram story mereka akan berubah, dari yang membahas konser, film, atau fashion, kini menjadi bahasan soal parenting, MPASI, GTM, dan lain sebaginya.

Di momen itu, kalian  mungkin akan semakin sulit untuk bisa memiliki quality time seperti dulu. Bahkan ketika ada momen bertemu di akhir pekan, pasti ada beberapa teman yang membawa anak atau pasangannya, sehingga momen intim bersama sahabat jadi semakin sulit tercipta.

****

Entah seperti apa kondisi yang kini Civs jalani, kalian pasti mulai menyadari kalau satu atau dua teman akan semakin sulit untuk diajak bertemu. Bahkan saking lamanya tidak berkomunikasi, untuk kirim WhatsApp saja rasanya segan.

Kini, sahabat yang Civs miliki pun bisa dihitung jari. Mungkin kalian akan merasa sedih dan frustrasi akan kondisi ini dan berharap teman-teman yang dulu dapat dengan mudah ditemui seharusnya mau mengorbankan waktunya untuk bertemu demi menjaga keutuhan persahabatan.

Namun, jika kalian memaksakan hal ini, rasanya cukup egois, Civs. Pasalnya, kini prioritas yang kalian miliki sudah berbeda.  Jadi, tidak apa-apa jika teman yang kalian miliki semakin berkurang seiring bertambahnya usia kalian.

BACA JUGA: LOST CONTACT DENGAN TEMAN GARA GARA CONFESS? LO WAJIB BACA ARTIKEL INI

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan utama mengapa Civs mulai hanya memiliki sedikit teman seiring bertambahnya usia:

1. PRIORITAS BERUBAH

Seperti yang disebutkannya, setelah lulus kuliah, prioritas akan berubah. Ada teman yang akan fokus pada karier atau ada juga yang sedang berusaha menemukan pasangan dan membangun rumah tangganya sendiri, atau bahkan harus fokus mencari uang karena mereka menjadi tulang punggung keluarganya.

Jadi, prioritas akan berubah dari pertemanan menjadi keluarga. Sedih memang, tetapi Civs perlu ingat bahwa ini adalah hal yang normal. Bahkan ini menandakan bahwa kalian sudah semakin dewasa.

2. KALIAN HANYA PUNYA WAKTU UNTUK SAHABAT YANG TULUS

Semakin dewasa, Civs mungkin akan semakin tidak punya celah untuk teman yang hanya membawa dampak negatif pada kehidupan atau teman yang motifnya tidak tulus. Kini kalian hanya akan memberikan waktu kalian yang berharga untuk teman-teman yang benar-benar kalian sayangi, yakni teman-teman yang memang selalu ada di saat kalian susah dan senang. 

Ingat, saat Civs mulai berani menolak ajakan "toxic friend", bukan berarti kalian sudah tidak peduli lagi pada mereka. Malah ini merupakan tanda bahwa kalian berusaha melindungi diri kalian sendiri dari pengaruh buruk yang mungkin mereka bawa.

3. KALIAN MEMANG SUDAH TIDAK PUNYA BANYAK WAKTU

Ini sudah jelas, karena sekarang hidup Civs mungkin hanya untuk bekerja dari jam 9-6 sore, mengurus anak, atau mengurus keluarga. Sementara saat akhir pekan, Civs mungkin butuh waktu istirahat seharian setelah letih bekerja selama satu minggu.

4. KALIAN SUDAH MENGENAL DIRI SENDIRI LEBIH BAIK DAN PAHAM APA YANG DIBUTUHKAN

Semakin bertambah usia, kalian pasti mengerti diri sendiri lebih baik lagi. Ini artinya, kalian sudah paham apa saja yang kalian butuhkan dan yang sudah tidak lagi dibutuhkan. Karena alasan inilah, beberapa teman akan dengan sendirinya menjauh, sebab kebutuhan dan ketertarikan mereka sudah berbeda.

Mungkin saja kalian menemukan bahwa teman kalian terlalu materialistis, atau mungkin saja kalian sudah tidak sependapat dengan gaya hidup tertentu yang ia jalani. Kalian pun akan tersadar bahwa teman seperti itu sudah tidak lagi kalian butuhkan atau karena kalian sudah tidak bisa mengatasi perbedaan yang ada.

Apapun yang kalian jalani sekarang, Civs pasti mulai memahai apa yang diri kalian butuhkan dan apa yang kalian pikir layak untuk dipertahankan dalam sebuah pertemanan.

5. KALIAN MENYADARI BAHWA KUALITAS LEBIH PENTING DARI KUANTITAS

Sederhananya, kalian akan menemukan fakta bahwa kalian tidak membutuhkan banyak teman untuk merasa bahagia. Mungkin kalian akan merasa telah menemukan tujuan hidup setelah memiliki pasangan, bekerja di perusahaan, melanjutkan studi, atau apapun.

Kalian pun sudah memiliki pendukung terbaik, seperti pasangan atau teman dekat. Jadi di posisi ini kalian menyadari bahwa kalian tak butuh banyak teman untuk merasakan kebahagiaan atau merasa puas. Kalian sudah berada di posisi di mana kalian merasa puas dan bahagia dengan beberapa teman yang kalian miliki sekarang.

Jadi, jangan merasa sedih lagi ya saat teman yang dimiliki semakin berkurang. Sebab ini adalah hal yang cukup lazim seiring bertambahnya usia.

BACA JUGA: ALASAN PENTINGNYA BERTEMAN DENGAN BOS: BUKAN SEKADAR CARI MUKA!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Rizky Setiawan

Penulis dan editor. Tertarik dengan isu-isu seputar gaya hidup.