Esensi

HAL UMUM YANG PERLU LO TAHU KALO MAU JADI DESAINER GRAFIS

Setelah kemaren kita ngebahas soal prospek karier desain grafis dan jabatan yang bisa diampu apa aja, kali ini kita pengen ngebahas lagi soal hal-hal mendasar yang harus lo tahu kalo mau jadi desainer grafis.

title

FROYONION.COM - Desainer grafis tuh sebenernya bisa kerja di mana aja. Bisa kerja di perusahaan periklanan, perusahaan desain, penerbit, dan masih banyak lagi. Jadi desainer grafis juga punya banyak peluang di banyak industri seperti industri periklanan, industri cetak, industri desain web, dan lain-lain. 

Kalo sebelumnya kita udah banyak ngebahas soal prospek karier dan juga jabatan yang bisa lo ampu kalo jadi desainer grafis, kali ini ada beberapa informasi umum yang perlu lo tahu kalo mau mulai berkarir jadi desainer grafis.

Yuk langsung disimak!

Gaji Karier Desainer Grafis

Untuk gaji awal menjadi seorang desainer grafis paling umum sih bisa dapet antara Rp 2 -3 juta. Tapi kalo udah punya banyak pengalaman paling nggak 3 tahun, gajinya juga bosa naik dari Rp 5 – 10 juta.

Apalagi sekarang dengan pesatnya perkembangan internet, peluang karier seorang desainer grafis juga makin luas. Yang tadinya nganggep freelance sebagai kerjaan sampingan doang, sekarang bisa loh hidup lewat pendapatan sebagai freelancer. 

BACA JUGA: PROSPEK KARIER GRAPHIC DESIGNER: GIMANA SIH CARA MERINTISNYA?

Peran dan Tanggung Jawab Desainer Grafis

Karena Peluang karier desain grafis muncul di berbagai sektor dan sebagai desainer grafis, tentu aja ada tanggung jawab yang harus lo emban kalo mau jadi desainer grafis:

1. Ketemu dengan klien untuk nentuin ruang lingkup proyek

2. Menginformasikan klien tentang strategi untuk menargetkan jenis pelanggan

3. Nentuin pesan yang harus digambarkan oleh desain

4. Membuat gambar yang bisa mengidentifikasi produk dan pesan tersampaikan ke klien

5. Mengembangkan grafik untuk ilustrasi, situs web, dan logo

6. Memilih layout, teks, gambar, dan warna untuk desain

7. Mempresentasikan desain kepada klien atau perusahan

8. Merevisi perubahan yang direkomendasikan sama klien sesuai kebutuhan mereka dalam desain akhir.

9. Memeriksa secara menyeluruh desain untuk menghindari kesalahan sebelum mencetak atau menerbitkan desain.

BACA JUGA: KULIAH DESAIN GRAFIS BISA KERJA APA AJA SIH?

Cara Ngembangin Karier di Bidang Desain Grafis

1. Punya Gelar Pendidikan

Sekarang mah udah banyak banget universitas dan perguruan tinggi negeri dan swasta yang membuka jurusan sarjana Desain Grafis. Biasanya Sih butuh waktu 4 tahun buat lulus, tapi kurang lebih mata kuliah yang diajarin mirip-mirip, kayak :

- Drawing 

- Fotografi

- Teknik Desain

- Teori seni

- Teori komunikasi visual

- Ilustrasi

- Desain digital

2. Punya Keahlian

Penting banget untuk punya keahlian atau spesialisasi yang bisa bedain lo dengan desainer lain. Misalnya kayak ngembangin skill di bawah ini:

- Adobe Illustrator

- Citra digital/ personal branding 

- Komunikasi Visual

- Tata letak dan komposisi

- Pembuatan ide dan penelitian

- Tipografi

- Desain cetak

- Desain web

3. Perbanyak Portofolio Desain

Kayak yang udah di bahas di artikel ini, terus nge-update portfolio jadi hal yang penting banget. Soalnya, portofolio desain adalah alat terbaik saat melamar pekerjaan. Portofolio pekerjaan harus menunjukkan berbagai pengalaman lo di berbagai bidang desain, serta kompetensi dalam program desain.

Jadi buat lo yang pengen berkarier di bidang ini, maka manfaatkan peluang karier desain grafis yang ada dengan mengembangkan bakat dan tuangkan ke banyak portofolio yang lo punya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.