Esensi

EMANGNYA NGERJAIN KERJAAN DI LUAR JOB DESC ADA MANFAATNYA?

Kerjain hal yang jadi tanggung jawab kita aja emang enak. Nggak banyak pusing, kerjaan jadi jelas, dan bisa cepet beres. Tapi kalo udah diminta ngerjain hal di luar job desc, enaknya terima atau tolak ya?

title

FROYONION.COM - Bagi jiwa petualang yang masih suka nyobain dan belajar banyak hal, kemungkinan besar hal ini relate. 

Yaitu momen waktu kerjaan lo udah beres, tapi semangat buat kerja masih tinggi. Tengok kiri-kanan, liat temen-temen kantor lain ternyata masih pada sibuk. Jalan-jalan dikit, ngeliatin apa yang lagi mereka kerjain, terus muncul rasa penasaran, “Ih apaan tuh? Kok kayaknya seru?”

Ujungnya nanya-nanya tentang pekerjaan mereka, kalo bisa malah terjun langsung buat ngerjain juga. 

Eits, tapi fenomena ini ternyata nggak cuman dialamin sama ‘si paling workaholic’. Buat lo yang di kantor disuruh ini, disuruh itu, padahal bukan tanggung jawab lo, pasti pernah mikir, “Perasaan ini bukan kerjaan gue deh. Kenapa gue yang disuruh sih?”

Baik ‘si paling workaholic’ maupun ‘si paling sering disuruh’, sama-sama ngalamin pengalaman ngerjain tugas yang bukan bagian dari job description kita. 

Sebenernya, mengerjakan hal di luar job desc tuh baik atau enggak sih? 

LIHAT SITUASI DAN KONDISI

Pertama harus lihat dulu apakah memungkinkan bagi kita mengerjakan pekerjaan di luar tanggung jawab. 

Kalo lo merasa kerjaan lagi banyak, riweuh, lo lagi pusing banget, dan tiba-tiba ada permintaan untuk ngerjain pekerjaan tambahan (termasuk tawaran freelance yaaaa), jangan segan-segan untuk menolak. 

Didi Mudita, CEO Impact Factory yang sering dibilang Monster Creator, pernah bilang kalo rasa segan itu bisa menghambat diri kita sendiri. 

BACA JUGA: BELAJAR PERCAYA DIRI SAAT ‘PUBLIC SPEAKING’ DARI SOSOK DIDI MUDITA

Termasuk rasa nggak enakan untuk menolak, itu bisa jadi merugikan diri sendiri loh. Yuk, pelan-pelan latihan bilang ‘enggak’ untuk menghindari situasi seperti ini. 

Namun, kalo lo merasa masih sanggup menerima tambahan kerjaan di luar tanggung jawab, gas aja bray. 

Apalagi kalo lo masih muda, berjiwa petualang, dan suka belajar banyak hal, jangan sia-siakan kesempatan yang dikasih ini. Bisa jadi, lewat ngerjain kerjaan yang bukan jadi job desc, lo malah bisa jadi pribadi yang versatilealias serba bisa. 

JANGAN SOK TAHU

Ini terutama buat tipe yang nawarin bantuan duluan sih. Mau proaktif di kantor dengan bantuin kolega yang kesusahan itu boleh kok. Bahkan di waktu dan situasi yang pas, kebiasaan ini bisa jadi poin plus

Tapi plis, jangan jadi sok tahu yaaa…

Apalagi kalo mau bantuin kerjaan yang jauh dari ranah yang lo kuasai. Ada baiknya perhatikan dulu bagaimana cara mereka bekerja, kebiasaan apa yang mereka lakukan, termasuk bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan partner kerjanya. 

Jangan ujug-ujug lo kerjain dengan pemahaman lo sendiri tapi ujungnya malah bikin kacau. Ini mah, bukannya jadi penolong malah tambah ngerepotin.

Lebih bijak juga untuk mengakui kalo lo emang nggak terlalu tahu banyak tentang tugas mereka. Dengan begini, lo bisa tawarin bantuan yang lo bisa aja. 

Percayalah, kalo lagi hectic, bantuan sekecil apapun itu akan sangat berarti kok. 

BACA JUGA: 3 CARA BERADAPTASI DI LINGKUNGAN KERJA BIAR LO NGGAK NGERASA KAYAK OUTSIDER

BUKAN CUMA BUAT KARYAWAN, BUAT PEMIMPIN JUGA

Dilansir dari Harvard Business Review, peringatan tentang cara yang bener kalo mau ngerjain tugas di luar job desc juga berlaku buat para pemimpin atau bos. 

Ternyata, salah satu ‘penyakit’ yang sering mereka hadapi adalah keinginan untuk memimpin tim lain kalo merasa timnya kurang maksimal atau mereka lagi bosen aja. 

Di satu sisi sifat mau proaktifnya bagus ya, tapi di sisi lain kalo ambisi ini tidak disalurkan dengan tepat malah bisa bikin tambah berabe.

Soalnya, arahan dari pemimpin yang berbeda bisa bikin anak buahnya jadi tambah bingung. Bos A bilang gini, bos B bilang gitu. Bukan cuma arahan yang krusial loh ya, bahkan sesimpel arahan dokumen kerja harus ditaruh di mana aja bisa bikin alur komunikasi kerja yang tadinya rapi jadi berantakan. 

Kalo kayak gini, ada baiknya kerjain aja apa yang jadi tugas kita. 

Turunkan ego dan ambisi, kembali pertimbangkan dengan kepala dingin apakah bantuan kita akan bener-bener membantu atau malah makin ngerepotin. 

Jadi intinya, mengerjakan tugas di luar tanggung jawab nggak sepenuhnya merugikan, karena bisa jadi kesempatan kita untuk belajar. Tapi juga harus dilakukan dengan hati-hati dengan berkaca pada situasi kantor dan kemampuan diri sendiri ya, Civsi. (*/) 

BACA JUGA: EMANGNYA ‘PEKERJAAN IDEAL’ CUMA TENTANG GAJI YANG GEDE?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.