Esensi

BUKAN SEX, INI PERBEDAAN KEBUTUHAN ANTARA WANITA DAN PRIA DALAM SUATU HUBUNGAN!

Ada perbedaan antara kebutuhan tersebut antara wanita dan pria, apa ya? Yuk kita temukan jawabannya di sini!

title

FROYONION.COM - Wanita dan pria memiliki sederet perbedaan dalam memandang sesuatu. Seperti yang dikatakan John Grey dalam bukunya yang berjudul “Men From Mars, Women From Venus” bahwa wanita cenderung berpikir dengan banyak melibatkan perasaan dan emosi, sementara pria cenderung lebih banyak berpikir menggunakan logika. Hal tersebut yang tentu saja akan banyak mempengaruhi perbedaan pandangan-pandangan lainnya. 

Karena lebih banyak menggunakan perasaan dan emosi, wanita dikenal lebih intuitif jika dibandingkan dengan pria. Seorang wanita lebih peka dan sensitif dalam membaca keadaan sekitarnya. Bahkan, jika kita membahas soal ingatan yang tajam, sudah pasti wanita cenderung menjadi “pengingat” untuk pasangannya. Ya, walaupun gak semua dan tergantung kondisi tertentu, sih. Tapi, kebanyakan seperti itu. 

Dari sekian banyak perbedaan sederhana di atas, beberapa menit kedepan, kita akan coba lihat perbedaan kebutuhan “psikologis” atau menyangkut perasaan, antara wanita dan pria dalam suatu hubungan. Kan gak semua harus tentang kebutuhan “sex” ya? Hehehe. Daripada kelamaan, kita bahas sekarang ya!

KEBUTUHAN PRIA DALAM HUBUNGAN 

Kebutuhan untuk dihormatiExactly, seorang pria secara alamiah memiliki insting untuk menjadi pemimpin dan pelindung. Untuk itu, seorang pria butuh untuk merasa dihormati. Ini berhubungan dengan harga diri. Kalo kamu seorang wanita yang lagi menjalani hubungan dengan seorang pria, hormati dia, hargai pandangannya dan jaga harga dirinya. 

Bagi seorang pria, harga diri adalah mahkota. Bukan berarti seorang wanita gak butuh dihargai, tapi bentuk “hormat” di sini itu berbeda. Hormati dia sebagai pemimpin di tengah hubungan kalian. Gitu lho, sist…

Gak cuma dihormati, pria itu juga butuh dipuji dan dikagumi! Mungkin kalo kamu seorang wanita, sudah biasa dipuji sama keluarga, teman, atau gebetan waktu masih pendekatan. Tapi, jangan salah, justru yang paling haus akan “dikagumi” adalah seorang pria. Kamu pasti sering dengar perselingkuhan pria mapan dengan asistennya. 

Padahal mungkin kalo dipikir-pikir lebih cantik istrinya. Nah, mungkin karena selayaknya asisten memuji atasan dengan pujian sesederhana “pak, hari ini kelihatan keren” yang dilakukan secara terus-menerus, bisa menimbulkan rasa senang dan bangga. 

Belum lagi, berkesinambungan dengan poin pertama di atas, soal rasa “hormat”. Sudah dapat rasa hormat dari asistennya, dapat pujian pula! Itu sebabnya, kagumi dan puji pria yang sedang bersama kamu! waktu kamu berpikir hari itu dia terlihat keren, bilang! Nanti kalo dia dipuji diluaran sana, baru panik, deh. Heheheh.. 

Seorang pria juga sangat-sangat suka merasa dibutuhkan. Terkadang, sebagai seorang wanita mandiri apalagi di era emansipasi ini, wanita merasa gak butuh bantuan dari pasangan. Merasa bisa melakukannya sendiri, jadi untuk apa minta bantuan?

 Ketika itu mulai terjadi, coba dipikirkan lagi,deh. Betul, pria sering mengatakan kalo mereka menyukai wanita yang mandiri. Tapi, jangan kelewatan! Tunjukan sedikit-sedikit rasa kalau kamu membutuhkan pasanganmu. Pria gak suka wanita yang terlalu manja, tapi bisa merasa minder dengan wanita yang terlalu mandiri. 

Coba, sesekali minta bantuannya untuk membuka tutup botol, tunjukan antusias ketika dia menjemput kamu, buat pasangan kamu merasa dibutuhkan. Setelah itu, tunjukan dan katakan rasa terima kasih. Girls, You have no idea, how much they loved to be a hero for the person they love! 

Belum selesai sampai di situ, coba di sini siapa wanita yang sering posesif dengan pasangan? Hati-hati! Pria itu butuh dipercaya. Ya, walaupun terkadang memang susah untuk mempercayai seseorang. 

Tapi, just act like it! Karena pada dasarnya, seorang pria suka ketika pasangannya menghadiahkan rasa percaya padanya. Entah kenapa, semakin diberikan kepercayaan, seorang pria cenderung berpikir dua kali untuk melakukan hal-hal “aneh”, lho. 

Sebagai seorang wanita, ada baiknya kita hanya perlu mengobservasi dari kejauhan. Menyelidiki dalam diam. Karena kalo udah diberikan kepercayaan, pasangan kamu masih membelot, semua juga akan terbongkar kok! HAHAHA *tertawa jahat*.

BACA JUGA: MENURUT LO MANA YANG LEBIH KREATIF, COWOK ATAU CEWEK?

KEBUTUHAN WANITA DALAM HUBUNGAN 

Sepertinya, segitu dulu pembahasan soal kebutuhan pria dalam suatu hubungan, ya. Sebelum jadi besar kepala nih para pria-pria. Kita bergeser ke kebutuhan wanita dalam suatu hubungan. Eits, para pria! Jangan keluar dari laman ini, ya!

Kalo di atas tadi pria butuh dihormati, kali ini seorang wanita butuh untuk dihargai. Setiap hal yang dilakukan atau usaha, wanita suka dihargai. Ketika pasanganmu memasak, walaupun rasanya kurang enak, hargai. 

Lain kali, dia akan akan mencoba lebih baik lagi. Ketika seorang wanita memberikan saran, hargai sarannya. Libatkan dirinya dalam keputusan yang kamu (sebagai seorang pria) ambil. Wanita suka ketika mengetahui dirinya dilibatkan dalam setiap hal penting dalam hidup pasangannya. 

Selain itu juga, seorang wanita itu butuh bukti nyata dari kata cinta. Gimana tuh? Iya, lakukan! Manjakan pasangan kamu dengan hadiah-hadiah kecil, perilaku manis misalnya inisiatif membukakan pintu mobil, atau kalo yang naik motor, ya sesederhana melepaskan helmnya. 

Wanita itu suka ketika pria menunjukan sisi romantis dan perhatiannya. Mungkin seorang wanita gak sadar atau malu untuk mengatakan bagaimana dia menyukai hal itu dan untuk pria itu hal yang “memalukan” untuk dilakukan karena terlihat “lembek”. 

Tapi, percaya deh, kalau kamu seorang pria yang peka dan melakukannya untuk pasangan kamu tanpa diminta. Dia pasti senyum-senyum sendiri! Ingat, cinta itu perlu dirasa bukan hanya didengar. 

Kalo pria butuh dipercaya, wanita itu butuh diyakinkan. Gak begitu jauh dari poin di atas, wanita butuh merasa yakin dicintai dan merasa aman untuk mencintai. Yakinkan wanitamu bahwa dia satu-satunya yang kamu inginkan, bahwa meskipun banyak wanita yang lebih cantik darinya di luar sana, tapi kamu akan tetap memilihnya. 

Ya, lebih amannya jangan bilang ada yang lebih cantik dari dia, sih. Yakinkan dia bahwa kamu bisa bertanggung-jawab bersamanya, bahkan, wanita lebih suka ketika dia melihat kamu bisa bertanggung jawab dengan diri sendiri sebelum “mencoba” bertanggung-jawab atas dirinya. Yakinkan dia, bahwa kamu memilihnya dan menginginkannya selamanya. 

Yang terakhir, wanita itu butuh didengarkan dan divalidasi. Perasaannya, emosinya, keinginannya. Terkadang, ketika seorang wanita bercerita dia hanya butuh untuk didengarkan, tidak perlu memberikan komentar apalagi komentar yang berlawanan dengan perasaannya. 

Seorang pria harus tahu kapan waktu untuk mendengar dan kapan waktu untuk memberikan saran. Apalagi, ketika pasangan kamu berbagi cerita kekesalannya dengan seseorang. 

Sebagai seorang pria yang baik, mungkin kamu akan berusaha memberikan nasehat. Tapi, kalo kamu pria yang cerdas, kamu akan berpikir untuk diam dan dengarkan, sambil sesekali memberikan respon seperti “ah masa gitu banget sih dia? Parah juga, ya”. Exactly, di sinilah nanti kamu akan mengerti pentingnya sebuah validasi.

Sedikit menambahkan, wanita butuh dimengerti sementara pria butuh diterima. Mencoba mengerti wanita ketika ia melewati masa datang bulannya, mencoba mengerti mengapa dia menyukai warna ungu di atas warna pink, mencoba mengerti mengapa sulit membedakan jahe dengan kunyit. Sementara pria, butuh merasa diterima. 

Jangan berusaha mengubah seorang pria. Jika dia mau berubah, maka dia akan melakukannya. Penting bagi seorang pria merasa diterima oleh pasangannya. Ketika seorang pria telah merasa diterima, dia akan lebih mudah untuk memahami kebutuhan wanita. 

Jadi, selesai sudah menit-menit mempelajari kebutuhan masing-masing pria dan wanita dalam sebuah hubungan. Resapi, ya. Minggu depan kita ada ujian. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annya Leonny

Gemar membaca dan menulis sambil menyulam mimpi.