Esensi

APA IYA COWOK YANG HUMORIS LEBIH DISUKAI SAMA CEWEK-CEWEK?

Emangnya cewek-cewek sukanya sama cowok humoris doang ya? Emang ada cewek yang suka sama cowok romantis doang? Apa kedua sifat itu harus dimiliki sama semua cowok?

title

FROYONION.COMPastinya semua orang di dunia ini bakal ngerasa bahagia ketika mereka bisa tertawa dengan lepas. Supaya bisa sedikit ‘lepas’ beban di dunia, ‘humor’ jadi salah satu alat yang penting buat mencapai keinginan itu. 

Dari bukti saintifik yang ada, tubuh kita ngelepasin hormon endorfin setiap kita ngerasa bahagia atau pas lagi tertawa, nah hormon ini yang bisa memberikan efek tenang dan jadi moodbooster kalo suasana hati lagi jelek. Selain endorfin, tertawa juga bisa menurunkan hormon kortisol yang katanya jadi penyebab seseorang bisa stress atau nggak nyaman, Civs.

Ngomongin usaha dalam menjalin hubungan yang romantis dan harmonis dengan si doi, cewek-cewek pastinya punya kriteria dan preferensi buat pasangannya masing-masing dong. Ada cewek yang suka cowok good looking, ada yang suka cowok karena personality-nya yang sopan dan santun, ada juga yang suka sama cowok yang romantis dan practical, gercep ngelakuin ini itu supaya si cewek ngerasa nyaman.

Tapi, gue yakin, dari semua preferensi di atas, hampir semua cewek nggak bisa nolak cowok yang humoris dan bisa bikin ceweknya ketawa. Hampir semua lho ya, gue nggak bilang semua cewek pengen punya cowok yang humoris, tapi, masa iya sih ada yang nggak pengen?

Gue pribadi melihat ‘humor’ sebagai salah satu skill yang wajib lo punya. Terlebih lagi, selera humor yang dimiliki cowok jadi salah satu sifat yang ‘saklek’ buat kebanyakan cewek ketika lagi melakukan penilaian calon pasangan. Apalagi di zaman sekarang, di mana tingkat stress masyarakat yang makin tinggi, pastinya lo lebih suka ada di dekat seseorang yang bisa cairin suasana dan bikin ketawa kan?

Buat pasangan yang sekarang lagi ada di fase pacaran, positive humor lebih bisa berkontribusi buat kepuasan hubungan (contohnya kayak jokes receh, tebak-tebakan, atau bagi-bagi meme ke doi). Sedangkan aggressive / negative humor (kayak ngetawain cewek lo sendiri, atau body shaming dengan harapan doi malah ketawa) itu nggak disaranin, takutnya doi bukannya ikutan ketawa, yang ada malah baper dan bete sama lo.

Tapi, seperti statement yang udah gue kasih di atas, nggak semua cewek prefer punya hubungan sama cowok yang humoris. Dari sebuah artikel yang gue baca (ih keren), di dalam konteks humor, ada tiga tipe manusia. Pertama, ada orang yang takut diketawain (gelotophobia). Kedua, ada orang yang seneng diketawain (gelotophilia). Dan yang ketiga, ada orang yang suka ngetawain orang lain (katagelasticism).

Dari salah satu riset yang pernah dilakukan tentang kepuasan hubungan, hasilnya mengatakan bahwa orang nggak masalah ketika diketawain sama orang lain (gelotophilia) itu cocok berpasangan sama orang yang suka ngetawain orang lain (katagelasticism) meskipun korelasinya nggak terlalu kuat. Tapi intinya sih tetep sama, hubungan yang romantis dan harmonis diisi sama pasangan yang punya preferensi yang sama – Mereka sama-sama nggak masalah diketawain sama pasangannya, atau mereka sama-sama suka ngetawain orang lain.

Jadi, meskipun lo orangnya suka ngelawak dan terkenal humoris, nggak semua cewek bakal ngerasa nyaman untuk punya hubungan yang lebih serius sama lo. Terlebih, selera humor tiap orang tuh beda-beda, apalagi selera humor cowok dan cewek tuh terkadang kayak langit dan bumi. Cowoknya suka ngelawak tentang A, ceweknya suka ngedenger lawakan tentang B. Kudu ketemu tuh titik tengahnya biar lebih nyambung.

Di awal, lo tetep harus melakukan penilaian ke doi, kira-kira doi orangnya kayak gimana ya? Bakal bete nggak ya kalo gue ajak becanda? Dan seterusnya. Kalo kira-kira bakal nggak cocok, kata gue sih mending di-cut aja di awal, ketimbang nantinya terlanjur sayang sama orang yang salah (sad noise).

Kembali ke laptop.

Secara umum, cowok dengan sifat humoris itu emang likeable bagi sebagian besar kaum hawa. Alasannya banyak banget.

Pertama, cowok humoris tau kapan harus serius dan kapan harus jadi kocak buat doinya. Terkadang, di dalam hubungan yang dijalin, ada kerumitan tersendiri. Di sini peran cowok humoris, yaitu buat cairin suasana dan ningkatin mood di dalam hubungan itu. Cowok humoris bisa mengubah momen yang tensinya tinggi jadi momen kocak.

Kedua, seiring bertambahnya umur, lo pasti pengen punya pasangan yang bisa bikin lo bahagia sampe lo tua. Di saat lo udah susah jalan, ataupun nggak punya selera mau ngapa-ngapain, lo cuma pengen ngeliat pasangan lo dan ketawa bareng sama dia, bahkan di saat-saat yang sulit kayak gitu sekalipun.

Ketiga, cowok yang punya selera humor dinilai punya tingkat percaya diri yang baik di mata cewek-cewek. Gue rasa hal ini disebabkan karena cowok humoris itu nggak ragu-ragu ketika lagi berusaha menyampaikan jokes-nya ke pasangan. Cewek-cewek juga menilai kalo cowok humoris tuh lebih menantang dan menyenangkan, karena apa sih gunanya hidup ini kalo diri kita nggak bahagia? hahayy. 

Rupanya pendapat tentang cowok humoris lebih disukai sama cewek-cewek cukup mendapat banyak pro-kontra bagi sebagian cewek, at least buat para kaum hawa di kantor Froyonion sih.

“Gue lebih suka cowok humoris sih, karena gue receh jadinya humoris lebih cocok ke gue, kalo romantis tuh kayak serius gitu,” Kata Lisa.

“Kayaknya yang deketin gue yang humoris deh tipe-tipenya. Tapi gue orangnya takut diketawain, lebih ke malu wkakaka soalnya gue orangnya suka error, tapi suka ketawain orang juga jadi gimana tuh.” yak, berarti Lisa cocok sama cowok yang sama-sama suka ngetawain orang lain.

Sebaliknya Civs, pendapat yang berbeda dilayangkan oleh Nindhy.

“Gue lebih prefer cowok romantis, tapi kalo bisa sih + humoris juga, soalnya kaku banget nggak seru juga ya,” kata Nindhy.

“Kalo dia humoris itu poin plus banget gitu jatohnya. Love language gue kan emang quality time, physical touch sama receiving gift, nah jadi gue emang butuh di-treat cowok yang romantis gitu. Kalo gue dikasih kado gitu tuh gue berasa disayang banget. Berarti tergantung love language si cewek sih,” lanjut doi.

Memang sih, sebagai cowok, kita nggak bisa mematok sifat humoris jadi satu-satunya senjata buat meluluhkan hati wanita. Nyatanya nggak semua cewek butuh cowoknya buat rajin ngelawak tiap doi badmood. Lebih bijak lagi kalo lo bisa ‘mainin kartu’ lo di momen yang tepat. Ya kayak main kartu Yu-Gi-Oh! aja, tau kapan harus ‘nyerang’ dan ‘bertahan’.

Nah, menurut lo sendiri, sifat kayak apa sih yang harus dimiliki para cowok buat mendapatkan hati doi? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.