Design

YUK, KULIK 8 TREND GRAPHIC DESIGN DI 2023

Yuk, kulik beberapa graphic desain yang tren dan ramai digunakan di 2023, dari retro line art sampai mixed dimension!

title

FROYONION.COM - Buat anak desain yang lagi butuh ide atau mau belajar jenis desain baru untuk keperluan portfolio, yuk merapat! Di sini kita akan bahas beberapa graphic design yang tren dan ramai digunakan di 2023. 

Tapi memangnya jika dibandingkan dengan tren masa lalu, apa yang membedakan trend graphic design di tahun 2023?

Meskipun desain berasal dari pikiran kreatif dan original, desain juga ada tren yang lahir dari konteks zamannya. Setelah pulih dari pandemi, tren desain sekarang jadi lebih mengedepankan nostalgia yang nyaman dan ekspresi penuh warna, lho.

Berikut ini adalah tren desain grafis 2023 yang sudah terbentuk menjadi momen eklektik dalam sejarah desain grafis. Check it out!

1. Mysticism

Mysticism atau Mistisisme melibatkan ikonografi yang berhubungan dengan astrologi dan ramalan. Tren ini sangat bergantung pada simbolisme yang populer, termasuk lambang zodiak, gambar kartu tarot, Third Eye, dan geometri suci. Seperti di masa lalu, simbol-simbol ini berfungsi sebagai sesuatu yang menggambarkan tentang alam semesta dengan makna yang lebih dalam.

Dari sudut pandang desain visual, ada kelembutan yang melekat pada desain-desain ini. Desain Mysticism biasanya dibuat dengan garis tipis dan lekukan organik yang terasa ringan dan halus. Warnanya lembut, banyak ornamen-ornamen seperti bintang dan wajah meditatif.

2. Risoprint reimagined

Risograph adalah teknik pencetakan pada tahun 80-an yang dikembangkan di Jepang. Teknik ini membuka jalan bagi pencetakan massal yang murah dengan menggunakan titik-titik dan warna-warna desaturasi, dengan hasil gambar yang sering kali berbintik-bintik dan secara tidak sengaja bergaya dengan pencahayaan ganda.

Pada tahun 2023, percetakan risograph sedang dirancang ulang untuk grafis digital dan abstrak. Risograph ini ternyata banyak menginspirasi desainer zaman now untuk menciptakan desain abstrak yang sureali bergaya semi-vintage.

BACA JUGA: SEASONAL COLOR ANALYSIS YANG BIKIN OUTFIT EFFORTLESSLY KECE!

3. Punk re-animation

Secara estetika, punk cenderung dicirikan oleh teknik Do It Yourself seperti tulisan yang dicoret-coret, guntingan, font yang tidak serasi, dan kolase yang kacau. Desain punk adalah penolakan secara keseluruhan terhadap kemewahan dan kesopanan. 

Desainer yang menggunakan tema konsep ini tidak takut untuk berantakan karena memang seperti itulah temanya. Di 2023 desain jenis ini kembali banyak digunakan lho.

4. Retro line art

Pada tahun 2023, banyak desainer yang beralih ke seni garis minimalis untuk menciptakan ilustrasi yang lucu, unik sekaligus funny. Desain inilah yang dikenal dengan nama retro line art. Desain bergaya ala retro yang menciptakan kembali memori nostalgia menggambar dengan spidol.

Kesederhanaan seni garis cocok untuk gaya kartun (seperti garis tebal dan tungkai selang karet), itulah sebabnya tren ini cocok untuk proyek desain yang lebih ringan. Untuk meningkatkan efek retro, banyak desainer yang memasangkan ilustrasi ini dengan font gelembung yang bernuansa retro dan fitur desain yang mengingatkan kita pada iklan majalah jaman dulu.

5. Airbrush surrealism

Airbrush surrealism memiliki efek gauzy disorientasi yang biasa ditimbulkan oleh surealisme, menyelimuti gambar dalam kabut yang seragam. Surrealism ini bisa dikatakan seperti perasaan saat sedang mengingat kembali gambar dari mimpi yang setengah teringat dan terlupa.

Secara keseluruhan, surealisme airbrush memupuk daya tarik yang seakan-akan menunjukkan bahwa yang aneh, sekarang menjadi biasa di 2023. Warna-warnanya pun dominan cerah dan menarik.

6. Folk botanical

Botanical atau nature adalah subjek yang umum digunakan untuk pola, karena campuran dedaunan, buah-buahan dan tanaman merambat menciptakan komposisi yang semarak seperti hutan.

Pada tahun 2023, botanical design seperti bunga dan daun kembali banyak digunakan. Ada yang berupa coretan atau desain watercolour. Desain folk botanical banyak dipakai untuk desain produk juga lho.

7. 90s space psychedelia

Tahun 2023, tren 90s space psychedelia menjadi salah satu jenis desain yang patut kamu cek. Meskipun psychedelia sering mengambil inspirasi dari alam, psychedelia luar angkasa adalah tentang mengawinkan masa depan dan masa lalu.

Desain jenis ini menampilkan teknik retro tahun 90-an dan memadukan tema-tema futuristik, seperti android dan pesawat ruang angkasa, lanskap gelombang uap, lingkungan simulasi, dan neon cyberpunk. Dengan ilustrasi yang cerah dan imajinatif ini, para desainer tahun 2023 menatap masa depan teknologi dengan penuh optimisme.

8. Mixed dimension

Meskipun penggabungan antara yang artifisial dan yang nyata mungkin terdengar dystopian, tren ini jauh lebih berfokus pada kegembiraan dan keanehan dan banyak desainer yang menyukainya. 

Penggabungan warna yang hidup, gambar 3D dan pola lainnya menekankan kontras antara elemen-elemen yang berbeda tapi tetap bisa bersatu padu. Biasanya kita bisa menemukan desain ini pada flyer, pamflet atau poster.

Nah, itulah 6 tren graphic design yang bisa kamu kulik dan coba. Apa sudah ada yang menjadi keahlianmu? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisa Ramadhani

Sibuk menjalani dan menikmati hidup di dunia yang seru tapi fana ini. Menulis adalah salah satu dari hobi selain bersosialisasi, travelling dan ngecekin playlist Spotify orang lain.