Design

INI ALASAN WEB DESIGNER JADI PROFESI YANG BANYAK DICARI DI DUNIA DIGITAL

Di tengah digitalisasi yang makin berkembang, web designer bisa jadi referensi pekerjaan yang bisa kamu coba sekarang! Siap-siap cuan datang kayak ombak waktu lagi pasang!

title

FROYONION.COM - Buat lo yang suka sama dunia desain dan kreatif. Web designer bisa jadi profesi yang bikin saldo rekening terus meningkat aktif! Dilansir dari Technojobs, web designer adalah profesional IT yang bertanggung jawab untuk merancang tata letak, tampilan visual, dan kegunaan situs web. Profesi ini tuh sangat mengutamakan kemampuan perancangan desain arsitektur kreatif dan menarik pada suatu situs.

Menurut laporan dari World Economic Forum (WEF), bidang digital marketing, software and application developer menjadi dua di antara puluhan bidang yang paling dibutuhkan di masa depan. Wih! Keren ya? Dan, seperti yang lo tahu, web designer termasuk dalam kedua bidang tadi. Nggak diraguin lagi kalau profesi ini gencar dicari. Mau tahu kenapa bisa begitu? Ya, karena kalau bisa begitu, maka bisa begini. Enggak deng bercanda.

Cukup deh, saatnya udahin basa-basi tanpa pake hati ini. Langsung aja, nih empat alasan kenapa Web Designer jadi profesi yang paling dibutuhkan dan banyak dicari! Semoga bisa jadi bahan inspirasi lo untuk nyebur di profesi eksis ini ya! Siapa tahu jadi pembuka gerbang rezeki yang selama ini lo nanti.

1. Eksistensi digital marketing yang semakin tinggi

Udah enggak asing lagi kalau digital marketing emang membawa angin segar bagi dunia pemasaran terkini. Semakin majunya teknologi, pengaplikasiannya juga semakin beragam. Dari pengaplikasian yang beragam itu, pastinya mampu menghadirkan banyak peluang cuan. 

Hal itu dapat dibuktikan dengan data dari Expert Market Research. Menurut riset itu, pemasaran digital global mencapai nilai hampir USD 321 miliar pada tahun 2022. Pasar selanjutnya diharapkan tumbuh pada CAGR 13,1% antara tahun 2023 dan 2028 untuk mencapai nilai sekitar USD 671,86 miliar pada tahun 2028. Parah sih, banyak banget ya? 

Kira-kira jumlah segitu kalau ditimbang sama beban pikiran banyakan mana ya? 

Dewasa ini, semuanya tuh udah bergantung banget sama teknologi. Kalau ingin terus maju dan enggak ketinggalan, rasanya perlu bukan untuk tingkatkan skill digital? Gelombang fakta itu bisa jadi alasan pertama kenapa web designer bisa jadi referensi profesi idamanmu.

2. Ide kreatif dan orisinil adalah hal berharga yang mahal di dunia digital

Kreativitas dan orisinalitas dalam berpikir mampu menciptakan sesuatu yang berkualitas. Dari yang berkualitas itulah, yang nantinya bakal mendatangkan apresiasi yang mahal, apalagi di dunia digital. Dua kalimat tadi sudah cukup menjelaskan poin nomor dua ini, bukan?

Ide desain yang kreatif dan orisinil itu langka. Enggak semua orang bisa melakukannya. Enggak semua orang bisa mengembangkannya. Jadi, ya wajar banget kalau banyak yang mencari dan membelinya. Kalau diibaratin barang, ide kreatif dan orisinil itu kayak berlian. Indah dan mahal, makanya banyak orang yang mengagumi, mencari, tapi stoknya terbatas di dunia ini.

3. Jadi web designer harus paham banyak skill (Visual design, HTML, CSS, SEO, dan lainnya)

Banyak belajar enggak hanya bisa memperluas wawasan, tapi juga bisa memperluas lubang buat gali pundi-pundi. Enggak percaya? Coba aja jadi web designer dan rasain sendiri sensasinya. Lo perlu belajar tentang visual designHTML, CSS, SEO, dan kawan-kawan untuk bisa survive di profesi ini. Dari banyaknya skill itu, enggak heran kalau profesi ini gajinya tinggi! 

Untuk pemula, gajinya tuh sekitar lima sampai enam juta rupiah perbulan. Terus untuk senior atau the next level-nya nih bisa sampai puluhan juta rupiah, loh! Lebih menggiurkan daripada konten mukbang, kan? Gimana? Udah makin melek sempurna belum matanya? Terus udah makin yakin buat pilih profesi ini, belum?

4. Memiliki tanggung jawab yang besar pada perkembangan branding perusahaan

Peluang dicarinya besar, skill-skill-nya sangar, dan gajinya pun bikin lo tersenyum lebar. Tapi bentar, lo juga perlu sadar kalau di balik yang indah itu, ada tanggung jawab yang besar. Lo harus meningkatkan keberanian, ketekunan, dan kesabaran untuk terjun di profesi web designer, karena kemampuan desain sangat berpengaruh dalam perkembangan branding perusahaan. 

Ada sesuap data survei dari Google nih kalau 74% pengguna perangkat mobile bakal berkunjung kembali ke sebuah website kalau website itu punya sifat mobile friendly. Terus 67 % pengguna internet bakal melakukan transaksi kalau website yang mereka kunjungi adalah website bertampilan mobile friendly. Sebaliknya, 61% pengguna bakal say“Dada” ke website kalau desainnya enggak mobile friendly.

Dari data itu, udah jelas betul kalau web designer jadi pendukung paling berpengaruh. Web designer jadi pendongkrak pemasaran. Web designer jadi penentu pergerakan kurva pendapatan. Intinya, web designer jadi faktor paling penting dalam suatu perusahaan. 

Menjadi web designer harus selalu memberikan sesuatu yang terbaik. Kalau lo kerja asal-asalan dan enggak sepenuh hati, maka siap-siap untuk say “Good bye” pada profesi ini. Sebenarnya, ini berlaku di semua bidang pekerjaan. 

Namun, web designer ini benar-benar berpengaruh besar bagi perusahaan di dunia digital. Ada baiknya lo perlakukan profesi ini selayaknya hati doi. Jangan pernah lo permainin, kecewain, PHP-in, sia-siain! Karena kalau sekali aja lo lalai, wah parah sih, ending-nya pasti bisa lo bayangin sendiri.

Udah deh segitu dulu, semoga empat alasan tadi bisa buat lo semangat untuk sabet profesi web designer dalam waktu dekat ini ya! Semangat mempercantik CV dan portfolio-nya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Adira Putri Aliffa

Pencinta kata-kata manis, tapi bukan dari mulut buaya karena enggak paham sama bahasanya