Design

BIOMIMIKRI, INSPIRASI DESAIN UNIK DARI ALAM

Seringkali kita kehabisan ide dalam membuat sebuah desain. Salah satu cara unik untuk mencari inspirasi adalah dengan melihat alam di sekitar.

title

FROYONION.COM – Alam merupakan sumber kehidupan bagi seluruh komponen makhluk hidup di dunia. Banyak hal yang dapat kita pelajari dari alam, salah satunya adalah menemukan inspirasi baru dalam membuat sebuah desain.

Ada sebuah metode yang mungkin kita jarang mendengar istilah ini, namun kerap kali diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah inspirasi yang didapatkan saat kita melihat sesuatu yang menarik dari lingkungan sekitar, mulai dari bentuk, warna, ukuran, dan filosofinya. Hal tersebut dinamakan “Biomimikri”.

Konsep ini dipopulerkan oleh seorang ilmuwan bernama Janine Benyus dalam bukunya, Biomimicry: Innovation Inspired by Nature di tahun 1997. Karya ini semakin dikenal dan diterapkan oleh para praktisi desain di seluruh dunia hingga saat ini.

Secara umum, Biomimikri terdiri dari tiga komponen utama dalam penerapannya. Di antaranya adalah:

  • Ethos, yaitu menentukan karakteristik dan filosofi alam yang disesuaikan dengan tujuan desain itu sendiri.
  • Emulate, yaitu mengeksplorasi fungsi solusi yang tepat dalam kreasi desain yang akan dibuat.
  • Reconnect, yaitu menghubungkan kembali antara bentuk alam dan kebutuhan manusia dalam mengaplikasikan sebuah desain.

Salah satu biomimikri yang cukup populer adalah pada desain moncong kereta cepat di Jepang yang pipih dan runcing di bagian ujungnya. Bentuk ini rupanya terinspirasi dari paruh burung Belted Kingfisher, dikutip dari artikel Asknature.

BACA JUGA: KULIK KONSEP DESAIN INTERIOR ALA JEPANG, SIMPEL DAN ELEGAN

Bentuk kereta cepat di Jepang yang terinspirasi dari paruh burung. (Sumber: Emeritus.)

Biomimikri ini bisa juga diterapkan pada bentuk-bentuk desain apa saja, misalnya seperti membuat maket ataupun ilustrasi. Tertarik juga untuk menerapkan Biomimikri di karyamu? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Deby Priscilina

Pekerjaan utamanya bengong, nulis, repeat. Kadang ditaburi kadar kehaluan 0,01% di atasnya.