Civs

SEROJA BAKE: BAKERY WITH A MISSION, INI HIDANGAN YANG WAJIB KAMU ICIP!

Seroja Bake udah gak asing lagi bagi para pengguna sosial media akhir-akhir ini. Bukan sebatas menyenangkan lidah dengan hidangan yang lezat, tetapi juga memuaskan hati para pemburu aesthetic pleasure karena hidangan yang cantik nan ciamik.

title

FROYONION.COM - Kreativitas dan inovasi sudah melekat dengan Kota Bandung yang selalu menyajikan destinasi wisata kuliner yang tak hanya ciamik, tetapi juga memanjakan lidah para penikmatnya. Salah satu dari banyaknya wisata kuliner di Kota Bandung, Seroja Bake telah menjadi pusat perhatian para kawula muda selama setahun terakhir. Berbagai tampilan sajian dari Seroja Bake tentu tak asing lagi bagi para pengguna media sosial, mulai dari Tiktok hingga Instagram. 

Tak hanya hidangan manisnya yang cantik dan menggugah selera, tetapi konsep serta lokasi dari neighbourhood bakery ini membuat para pelanggannya rela menunggu jadwal reservasi yang selalu penuh setiap harinya karena Seroja Bake bukan hanya menawarkan hidangan lezat, tetapi juga pengalaman mencicipi hidangan-hidangan berbahan lokal dengan cita rasa unik yang belum pernah dijumpai sebelumnya.

Seroja bake didirikan oleh Faza Chu dan Anne Mutiara pada 2020 yang masih berstatus mahasiswa di Institut Teknologi Bandung pada waktu itu. Keduanya mengembangkan Seroja Bake dengan misi memanfaatkan bahan lokal yang belum “tersentuh” di industri roti dan kue. Tak hanya memanfaatkan bahan lokal, pencarian inspirasi yang didasari dari kearifan dan budaya lokal merupakan daya tarik Seroja Bake yang menjadikannya sebagai Indonesian Bakery.

Ragam Hidangan Seroja Bake (Dok. Pribadi/Videla Zannuba Arifah)
Ragam Hidangan Seroja Bake (Dok. Pribadi/Videla Zannuba Arifah)

Berbagai riset dan kunjungan kepada petani lokal dilakukan selama proses pengembangan produk yang berlokasi di rumah kecil di daerah Plesiran yang menjadi lokasi pertama Seroja Bake. Produk-produk awal Seroja Bake berfokus pada berbagai jenis roti, seperti sourdough dan roti tawar berbahan lokal. Faza Chu juga kerap kali mengantarkan roti-rotinya langsung ke tangan konsumen dengan menggunakan sepedanya.

Sejak saat itu, berbagai hidangan terus dikembangkan tanpa melepas misi awal mereka dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal dan mengadaptasi kearifan lokal ke dalam satu piring cantik hidangan yang disajikan. Tak hanya roti dan kue, kini produk-produk Seroja Bake telah berkembang hingga ke makanan utama dan berbagai minuman. Sebagai pelanggan dan penggemar Seroja Bake sedari awal berdiri, ini dia beberapa menu Seroja Bake yang patut dicoba jika berkunjung ke Bandung.

1. QUICHE RENDANG SINGKONG

Quiche Rendang Singkong (serojabake.com)
Quiche Rendang Singkong (serojabake.com)

Sebagai seseorang yang bukan penggemar berat rendang seperti kebanyakan orang pada umumnya, menu ini sukses menjadi urutan 3 teratas menu favorit gue di Seroja Bake. Potongan daging rendang yang cukup banyak dengan rasa autentik dan aromatik membuat gue terbayang rendang buatan nenek. Bukan hanya rendang, ternyata bahan-bahan lain yang membangun kombinasi enak ini adalah singkong goreng, wortel, dan daun ubi. Walaupun, pada awalnya gue gak tau bahan-bahan tambahan ini, tapi gue menyadari adanya sedikit rasa manis dan kompleksitas rasa dari menu ini yang gue yakini dari sayuran tertentu.

Isian yang gurih dengan rasa yang cukup kuat dipadukan dengan kulit pie yang renyah dan sedikit asin. Bagian favorit gue dari kulit pie ini adalah bagian-bagian yang sedikit gosong karena aroma khas panggangan yang menggugah selera. Tekstur renyah dari kulit pie ini diperoleh dari penggunaan tepung singkong yang jadi bahan utama pembuatannya.

2. TART SINGKONG COKLAT JAWA BARAT

Tart Singkong Cokelat Jawa Barat dan Jeruk Kunci (serojabake.com)
Tart Singkong Cokelat Jawa Barat dan Jeruk Kunci (serojabake.com)

Serupa dengan quiche, kulit tart di Seroja Bake juga berasal dari tepung singkong dengan dua jenis isian yang berbeda. Salah satunya adalah tart coklat yang berisi krim coklat pekat dengan marshmallow lembut yang dipanggang di bagian atasnya. Waktu pertama kali gue nyobain ini, gue gak heran kalau menu ini jadi menu favorit banyak orang. Krim coklat yang gue kira akan terlalu manis, ternyata punya cita rasa cokelat yang kuat dan sedikit pahit. Marshmallow di bagian atasnya punya rasa manis dengan tekstur yang lembut dan langsung meleleh di mulut. Perpaduan isian yang manis dan lembut dengan cita rasa yang kuat serta kulit tart yang sedikit asin menjadi kombinasi yang saling melengkapi dan tak bosan untuk dinikmati hingga suapan terakhir. Sebagai penggemar hidangan penutup yang tak terlalu manis, menu ini sukses jadi hidangan penutup favorit gue di Seroja Bake.

3. TART SINGKONG JERUK KUNCI

Bagi penggemar makanan asam, tart ini dapat menjadi pilihan ketika berkunjung ke Seroja Bake. Tart Jeruk Kunci memiliki isian vla jeruk kunci yang asam juga lembut serta dipadukan dengan kemangi gel di bagian atasnya yang aromatik dan sedikit manis. Ekspresi yang bisa menggambarkan rasa menu ini adalah ketika lo dikasih kejutan ulang tahun setelah seharian dicuekin abis-abisan sama temen-temen lo. Kaget.

Dari penampilannya, gue kira isian vla dari kue ini adalah kombinasi creamy dan sedikit rasa asam. Tapi, ternyata rasa yang dominan dari menu ini adalah asam yang menggigit dengan tekstur yang lembut. Rasa manis di kue ini justru berasal dari kemangi gel di bagian atasnya. Kue ini jadi satu-satunya kue dengan rasa asam segar yang unik dan gak main-main yang pernah gue coba.

4. PAVLOVA MUSIM BUAH

Pavlova Musim Buah (serojabake.com)
Pavlova Musim Buah (serojabake.com)

Hidangan manis berbahan dasar putih telur yang satu ini menjadi salah satu ikon dan menu yang wajib dipesan di Seroja Bake. Popularitasnya yang tinggi bisa dilihat dari berbagai foto dan video banyak orang yang memesan menu ini ketika berkunjung di Seroja. Rasa manis dengan aroma susu yang menjadi ciri khas dengan hidangan ini mudah untuk diminati berbagai kalangan terutama para penggemar hidangan manis. Tapi, tambahan buah-buahan segar dengan berbagai macam rasa segar dan asam di bagian atasnya jadi penyeimbang dan berhasil memikat buat gue yang gak terlalu suka hidangan penutup manis. Bukan hanya soal rasa, teksturnya yang renyah dengan krim lembut di bagian atasnya menjadikan pavlova hidangan yang mampu untuk memikat berbagai kalangan dari mulai anak-anak hingga orang tua.

5. TEH KECOMBRANG STROBERI

Teh Kecombrang Stroberi (serojabake.com)
Teh Kecombrang Stroberi (serojabake.com)

Setelah mencicipi berbagai hidangan khas Seroja Bake, jangan lupa juga untuk mencicipi minuman segar sebagai penutup yang terdiri dari campuran kecombrang dan stroberi yang segar dan cenderung masam serta teh tubruk yang beraroma harum. Minuman ini jadi penutup yang tepat setelah mencicipi berbagai hidangan manis dan gurih yang menjadi primadona di Seroja Bake.

Tak hanya 5 menu di atas, masih banyak lagi berbagai hidangan kontemporer yang menarik dari Seroja Bake, seperti taco kambing muda dengan daging yang lembut, choux jajanan pasar dengan isian yang tak biasa, dan roti bakar ala kopitiam dengan pilihan selai buatan sendiri. Seroja Bake juga baru saja meluncurkan menu brunch terbarunya yang tak kalah menggugah selera serta kue wortel dan kue pisang yang dipadupadankan dengan bahan-bahan unik yang tak diduga. Jangan lupa juga produk biskuit lebaran “Khong Cuan” mereka dengan bahan yang tak kalah unik.

Sejak April 2022 lalu, Seroja Bake berpindah ke Cihapit dengan lokasi yang lebih luas dan strategis dibanding sebelumnya, tetapi tidak meninggalkan ciri khasnya sebagai neighbourhood bakery. Sekarang, berkunjung ke Seroja Bake tak perlu lagi menunggu antrian panjang reservasi. Pengunjung dapat langsung datang dan menikmati berbagai hidangan memikat mata yang memanjakan lidah. Tak hanya wisata kuliner, tetapi juga mengenal berbagai bahan lokal yang diolah menjadi hidangan yang tak dikenal sebelumnya. Jangan lupa untuk membeli roti, biskuit, atau selai-selai berbahan lokal sebagai buah tangan yang menghangatkan hati. Semoga ke depannya semakin banyak Indonesian bakery yang berkembang bukan hanya di Bandung, tetapi juga di kota-kota lainnya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Videla Zannuba

Biasa dipanggil Marie. Asalnya nulis puisi, tapi cuma nulis kalau sedih. Hobi masak dan dandanin orang. Sibuk jadi anak Buk dan Bap di rumah.