Kreatif

PUPUS PUTUS SEKOLAH: KOMIK KARYA ANAK BANGSA PENUH PELAJARAN HIDUP

Komik yang bisa bikin mewek di terus di chapter-chapter awal, ditambah banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kalian ambil dari komik ini, “Pupus Putus sekolah”. Kalau mau tau lebih jelasnya baca yuk, Civs.

title

FROYONION.COM - Industri komik di Indonesia terbilang masih dalam tahap perkembangan. Tidak perlu muluk-muluk membandingkannya dengan industri komik barat dan manga yang sudah sangat besar dan bahkan menguasai dalam skala global. 

Hanya sekarang sudah banyak nama nama komik terkenal dalam jagat media sosial di Indonesia. Bahkan di antaranya sudah banyak berkolaborasi dengan nama-nama besar, ada nama seperti Tahilalats, komik Si Juki, lalu ada komik horor seperti Gloomy Sunday yang aktif merilis komiknya di Webtoon. 

Sebenarnya sumber daya untuk meningkatkan industri komik di Indonesia sangatlah cukup. Hanya saja, memang harus diakui dorongan dari pemerintah sendiri masih kurang. Mungkin karena mereka masih fokus dalam pengembangan bidang-bidang  industri kreatif lainnya. 

Bisa kita ambil contoh Si Juki yang sudah membuat film dan tembus hampir 700.000 penonton. Si Juki bisa dibilang sebagai salah satu komik karya anak bangsa terbaik  yang pernah ada. 

BACA JUGA: TOKO TAHILALATS: EXPERIENCE MAKAN DI KAFE TEMATIK BERNUANSA KOMIK

Selain nama-nama itu, gue akan ngenalin ke kalian ada satu nama pendatang baru. Namun, meski anyar, mereka mampu menyajikan cerita kehidupan yang penuh pembelajaran dan kadang overwhelming. Salah satunya yang patut dikenal dan diapresasi menurut gue ialah Pupus Putus Sekolah karya seorang anak bangsa bernama Kurnia Harta Winata.

Pupus Putus Sekolah menceritakan seorang anak SD yang tinggal berdua saja bersama sang nenek. Pupus sudah tidak memiliki ibu dan ayahnya yang entah ke mana. Ia hidup berkekurangan dan bertahan hidup berkat hasil dagangan neneknya yang menjual kebutuhan dapur seperti sayuran, telur, dan lain-lainnya. 

Walaupun hidup serba kekurangan, Pupus adalah anak yang ceria dan sangat aktif. Hingga suatu saat, neneknya pun meninggal dunia yang memaksa dia untuk putus sekolah dengan tinggal bersama pamannya. 

Pamannya bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah universitas. Lalu saat Pupus sedang ikutan “bekerja” dengan pamannya, datang  seorang profesor yang menawarkan dengan tangan terbuka mau merawat Pupus sekaligus memberinya pendidikan tanpa harus bersekolah dengan metode belajar bernama “cantrik”. 

Di sana Pupus bebas untuk belajar hal yang ia mau, karena ruang kelasnya seluas dunia dan setinggi langit. Itulah analogi yang disampaikan oleh sang profesor. 

BACA JUGA: KREATOR KOMIK 'BRANDAL' AMIR MALIQ: 'KARYA YANG BAGUS ADALAH KARYA YANG JUJUR'

Komik Pupus Putus Sekolah mengajarkan bahwa sekolah tidak hanya tentang jago matematika dan bahwa belajar tidak harus dari sekolah dan pendidikan formal atau menjadi seorang sarjana sebab banyak tempat dan hal yang bisa kita lakukan untuk memperkaya diri dengan ilmu.

Pupus Putus Sekolah selalu menyajikan cerita yang cukup untuk membuat air mata berderai, Civs. Rasa haru melihat kehidupan seorang anak yang tetap ceria walaupun memiliki kehidupan yang berat yang terpaksa ia jalani. 

Selain itu, kalian akan merasa terpukul dengan dialog-dialog dari cerita ini yang memberikan perspektif baru tentang apa itu pendidikan, dan mengapa pendidikan adalah hal yang penting dengan gaya yang berbeda dan tidak klise. Apalagi untuk kalian yang sering merasa tersingkirkan di kelas karena hanya tidak jago dalam pelajaran matematika namun ahli di bidang lain, akan merasa terwakili banget dengan isi komik ini.

Cerita yang unik dari komik ini akan tetap menyenangkan untuk dibaca setiap saat. Pola dan format cerita yang emosional akan selalu membawa mood kalian bagaikan roller coaster

Ditambah dengan dinamika hubungan Pupus dan sang profesor yang sangat komedik dan lucu. Bagaimana Pupus adalah anak yang nakal, sok tahu, keras kepala, ceroboh namun di satu sisi adalah anak yang cerdas dan ceria juga.

Lucunya, sang profesor terkadang selalu mendapat imbas dari hal-hal bodoh yang Pupus lakukan. Relationship yang dibangun terasa sangat hidup dan nyata dan membuat para pembaca jadi bisa turut merasakan berbagai peristiwa yang dialami oleh Pupus, entah dalam momen apapun. 

By the way, kalian bisa banget membaca Pupus Putus Sekolah di platform komik digital Webtoon yang selalu rilis setiap hari Senin dan Jumat. Selain itu, kalian bisa membeli komik fisik dengan judul yang sama.  Cukup cek saja akun Instagram @kurniaharta.

Semoga bisa menjadi referensi untuk kalian yang ingin mencari komik Indonesia yang menarik dan unik. 

Dengan komik Pupus Putus Sekolah, gue harap juga semoga ke depannya industri komik di Indonesia bisa makin maju, dan lebih besar dari yang sekarang, dengan support dari para komikus lokal kita tercinta dan tentunya lo semua sebagai penikmat komik. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Khalid Asmadi

Seorang mahasiswa di jurusan Ilmu Komunikasi, katanya sih suka baca buku filsafat, cuma ga pinter pinter amat. Pengen jago ngegambar biar bisa bikin anime.