Books

BINGUNG MAU SUMBANG BUKU KEMANA? CEK 5 AKUN KHUSUS DONASI BUKU INI

Sekarang tidak perlu bingung untuk menyumbang buku koleksi pribadi. Berikut ini ada 5 akun penampung donasi buku terpercaya yang bisa kamu coba!

title

FROYONION.COM - Buku-buku mulai banyak numpuk nih, kira-kira dikemanakan ya? Dibandingkan bertumpuk gak berguna, berdebu dan gak dibaca lagi, lebih baik buat buku-bukumu bermanfaat dengan menyumbangkannya ke tempat yang sesuai. Selain donasi buku, kamu juga bisa ikut event tukar buku atau bergabung dengan komunitas-komunitas yang ada.

Berikut ini 5 akun media sosial yang bisa kamu coba untuk donasi buku, gratis dan terpercaya!

  1. @jakartabookhive

Jakarta Bookhive adalah public library yang tersebar di beberapa taman di Jakarta. Bentuknya lucu seperti rumah mini trapesium, disini kamu bisa menyumbang sekaligus meminjam buku secara mandiri. Buku-buku yang tersedia di Bookhive beragam, mulai dari buku psikologi sampai novel dan komik. Kamu bisa menaruh atau meminjam buku-buku dari pukul 06.00 sampai 18.00 ya.

2. @bukuberjalan.id

Akun media sosial yang menerima penyumbangan buku bekas adalah @bukuberjalan.id yang juga memiliki beberapa agenda lain lho, seperti Bicara Buku, Temu Buku, Kelas Buku dan Tukar Buku. Selain donasi buku, kamu bisa gabung jadi member komunitasnya juga!

BACA JUGA: KENAPA SIH FANS K-POP ROYAL SOAL DONASI?

3. @donasi_bukukita

Kalau kamu mau mendonasikan buku-buku bekas ke tempat yang terpercaya, coba deh cek @donasi_bukukita. Mereka menerima bermacam jenis buku, dari buku anak sampai buku masak. Akun ini telah menerima dan membantu mendistribusikan buku-buku ke 1592 perpustakaan dan TBM di seluruh Indonesia.

4. @lemaribukubuku

Slogan @lemaribukubuku unik banget sih, “Donate your books, get 1 drawing for free!”. Kalau mereka mengadakan acara dan open donation, kamu bisa ikutan menyumbangkan buku-bukumu dan mendapatkan free self portrait sebagai gantinya. Konsep yang manis sekali. Sejauh ini, @lemaribukubuku telah membantu mendistribusikan banyak buku bekas untuk anak-anak dan tempat yang membutuhkan ke berbagai wilayah di Indonesia.

5. @donasibarang

Terakhir adalah akun @donasibarang yang menerima segala jenis barang, gak hanya buku saja. Tapi, kalau kamu memang khusus mau menyumbangkan buku bekas layak baca, kamu bisa cek dan hubungi akun ini. @donasibarang telah terpercaya mengumpulkan dan menyalurkan banyak barang yang masih memiliki manfaat untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Itulah 5 rekomendasi tempat menyumbangkan buku bekas layak pakai yang bisa kamu coba. Dengan begitu, kau bisa memberi hidup dan nilai baru pada barang-barang lama untuk bisa menjadi sumber kebahagiaan orang lain. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisa Ramadhani

Sibuk menjalani dan menikmati hidup di dunia yang seru tapi fana ini. Menulis adalah salah satu dari hobi selain bersosialisasi, travelling dan ngecekin playlist Spotify orang lain.