Trends

BERKENALAN DENGAN SAWERIA, PLATFORM DONASI ONLINE YANG POPULER DI KALANGAN GAMERS

Di era serba digital seperti sekarang ini, apa sih yang nggak bisa dilakukan secara online? Bahkan nyawer pun online!

title

FROYONION.COM Sawer atau menyawer diartikan sebagai meminta uang pada penonton atau penonton yang secara sukarela memberi uang pada pemain di pertunjukan keliling. Nyawer biduan dangdut, misalnya. Seiring perkembangan zaman, nyawer kini nggak lagi dilakukan secara langsung, tapi bisa juga secara online.

Saweria.co secara khusus adalah wadah untuk penikmat suatu karya agar bisa nyawer atau mendonasikan uang kepada pembuat konten favoritnya. Kenapa harus lewat platform segala sih, kan bisa ditransfer langsung ke rekening kreatornya? Soalnya, Saweria terintegrasi dengan beberapa platform streaming seperti YouTube, Facebook Live, Twitch dan lain-lain. 

Saat seorang kreator tengah melakukan live streaming dan ada penonton yang nyawer padanya, akan muncul pesan dari layout yang disediakan platform Saweria bahwa seseorang telah mendonasikan uang sekian rupiah. Nggak hanya itu, Saweria juga menerima saweran dari beragam dompet digital mulai dari DANA, GoPay, OVO dan LinkAja. 

Menarik, kan? Nggak heran kalau kemudian Saweria banyak digunakan oleh konten kreator yang rutin menggelar live streaming. Yuk, kenal lebih jauh dengan platform donasi online ini!

BACA JUGA: BARD, TEKNOLOGI AI BESUTAN GOOGLE BUAT JADI TANDINGAN CHATGPT

HASILKAN RP44 JUTA SEBULAN DARI SAWERAN PENONTON

Didirikan pada 2019 lalu, tercatat 90% streamer di Saweria datang dari ranah gaming. Sebanyak 10 penerima saweran terbesar di Saweria juga tercatat sebagai gamer. Donasi yang dikirimkan sendiri rata-rata berada di kisaran Rp27 ribu. Sementara rekor highest earner pernah mencapai Rp44 juta dalam sebulan. 

Walau didominasi gamers, namun Saweria bukanlah platform khusus untuk pegiat permainan online. Ada juga streamer Saweria yang berasal dari ranah musik seperti band hingga 3D Artist. Siapa saja boleh menggunakan Saweria dengan berpatokan hukum yang berlaku di negara Indonesia. Muatan pornografi, misalnya, akan langsung ditutup jika ditemukan.

Promosi Saweria terbilang masih minimal, namun industri gaming memang sedang lumayan ‘panas’. Daily Active Users Saweria telah mencapai 500 hingga 700 streamers. Itu angka streamer alias kreator yang menerima saweran, ya. Artinya, jumlah pengguna yang nyawer harusnya lebih banyak lagi. Website Saweria sendiri tercatat mengumpulkan 700 ribu kunjungan tiap minggunya. 

CARA BERGABUNG DAN IKUT NYAWER

Kalian yang tertarik menggunakan Saweria bisa langsung mendaftarkan diri melalui situs resminya berikut. Masukkan data diri dan username yang akan jadi tautan saweran. Verifikasi akun dan atur overlay yang akan digunakan saat live streaming. Jangan lupa untuk pasang QR Code serta tautan Saweria untuk mulai menyapa dan menerima saweran dari penonton konten kalian. 

Besaran saweran minimal yang bisa diberikan adalah Rp1.000 dan dana minimal yang bisa dicairkan adalah Rp50.000. Tiap transaksi masuk akan dikenakan biaya 5% dan khusus melalui OVO sebesar 6%. Pencairan dana ke rekening bank atau e-wallet milik streamer akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per transaksi. 

Buat kalian yang mau nyawer, caranya juga mudah. Klik tautan Saweria atau pindai kode QR dari kreator yang kalian tonton kontennya. Isi formulir yang disediakan dengan memasukkan jumlah dana saweran, nama kalian dan alamat email. Kalian juga bisa memasukkan pesan kepada kreator yang disawer. Pilih metode pembayaran dan saweran akan langsung dikirim ke akun kreator. 

BACA JUGA: BERKACA DARI KASUS BSI, RI DARURAT SDM CYBER SECURITY

RENCANA MASA DEPAN SAWERIA

Pihak Saweria percaya bahwa fans pasti rela memberi dukungan pada konten yang benar-benar mereka sukai. Dana dukungan dibarat vote yang diberikan untuk sebuah konten yang disukai masing-masing orang. Sistem donasi untuk sebuah konten memang bukan hal baru, namun sebelumnya nggak ada sarana pemberian dukungan yang cukup memadai. 

Misalnya, dulu seseorang harus menggunakan PayPal, padahal kebanyakan orang Indonesia nggak punya kartu kredit. Sekarang, sistem e-wallet sudah banyak dikenal dan digunakan oleh mayoritas pengguna internet. Inilah yang kemudian dimanfaatkan Saweria guna memaksimalkan platform yang mereka bangun.

Ke depannya, Saweria akan berfokus pada penambahan fitur. Sebagai contoh adalah fitur overlay yang akan membuat para fans bisa nyawer lebih banyak. Fitur-fitur yang sudah ada sekarang ini juga sebenarnya terbilang menarik. Misalnya fitur Voting yang membuat penonton bisa menentukan pilihan sambil mengirim saweran dan Milestone yang akan ditampilkan tiap kali total dana saweran telah mencapai angka tertentu.

Lebih lanjut, Saweria juga ingin memberi lebih banyak opsi pembayaran seperti kartu kredit hingga transfer bank. Namun, hal ini akan diriset terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa efektif pengaplikasiannya nanti. Bisa dibilang, Saweria mampu membaca kekurangan platform donasi lain yang sudah ada sehingga dapat mendominasi pasar ketika mereka terjun ke lapangan. 

Aliran dana dari sebuah komunitas memang diharapkan akan dapat menyegarkan tren konten gaming maupun konten-konten lain yang berhubungan dengan live streaming. Biar nggak gitu-gitu aja dan lebih kreatif, lah. Walau mungkin aliran dana masih didominasi oleh para sponsor, namun nggak menutup kemungkinan kalau aliran dana baru seperti ini akan dapat membantu mereka yang masih di tahap merintis. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read