Books

5 REKOMENDASI NOVEL BERBAHASA INGGRIS BUAT KALIAN YANG PEMULA

Belajar bahasa Inggris nggak melulu harus lewat textbook. Baca novel berbahasa Inggris juga bisa lho membantu kalian menambah kosa kata dan memahami struktur kalimat.

title

FROYONION.COM – Zaman sekarang, belajar bahasa asing termasuk bahasa Inggris bisa lewat mana aja. Nggak 'saklek' harus lewat textbook di tempat les, tapi bisa juga melalui media hiburan. Misalnya lewat film hingga buku novel. 

Wajar sih, textbook biasanya hanya berisi teori dan percakapan singkat yang cenderung formal. Sementara dalam film atau novel, kosakatanya lebih beragam dengan isi percakapan yang lebih mirip dengan kehidupan sehari-hari. 

Menonton film atau series berbahasa Inggris tanpa terjemahan bisa jadi salah satu cara belajar yang oke. Selain itu, baca novel juga termasuk cara mempelajari bahasa Inggris terutama buat kalian yang memang hobi baca. 

Untuk pemula, ada baiknya memilih children books atau buku bergenre middle-grade. Target pasar dari buku-buku ini adalah anak-anak usia 9 hingga 14 tahun. Diksinya terbilang sederhana dan alur ceritanya juga nggak terlalu berat. 

Beberapa judul novel middle-grade yang cukup populer di pasaran dan mungkin pernah kalian dengar adalah Percy Jackson dan Harry Potter. Selain dua judul itu, masih ada banyak lho rekomendasi novel middle-grade lain yang bisa dipilih sebagai bacaan hiburan sekaligus media belajar bahasa Inggris. Yuk, simak beberapa di antaranya. 

1. SEE YOU IN THE COSMOS

Novel karya Jack Cheng yang terbit pada 2017 ini mendapat nominasi Best Middle Grade & Children pada Goodreads Choice Awards, lho. Kisahnya berpusat pada petualangan Alex Petroski, seorang anak berusia 11 tahun yang berperjalanan seorang diri menuju acara peluncuran roket di luar kota tempat tinggalnya. 

Sepanjang perjalanan, Alex juga merekam apa yang dilalui dan dilihatnya melalui iPod miliknya. Satu per satu orang yang ditemuinya di jalan turut memperkaya cerita dalam buku ini, menguak rahasia seputar keluarga Alex hingga membuat bocah ini menyadari bahwa ia memiliki lebih banyak keluarga dari yang disadarinya. 

Dikisahkan dari sudut pandang anak berusia 11 tahun, novel ini memiliki penceritaan yang lugas dan terkesan lugu. Namun, akan ada banyak hal menghangatkan hati yang kalian temukan saat membacanya. Bahkan, bukan nggak mungkin kalian akan turut merasa sayang pada Alex, walaupun dia hanya tokoh fiksi! 

BACA JUGA:

CATAT! INILAH 4 SERIAL ADAPTASI NOVEL YANG AKAN RILIS 2023 

2. WONDER

Pernah nonton film Wonder yang dibintangi Jacob Tremblay, Julia Roberts dan Owen Wilson? Film tersebut diangkat dari novel berjudul sama karya RJ Palacio yang dirilis pada 2012 lalu. Sama seperti See You in The Cosmos, Wonder juga mendapat nominasi Goodreads Choice Award untuk Best Middle Grade & Childrens

Wonder mengisahkan August Pullman, seorang anak laki-laki yang lahir dengan kelainan wajah. Hal ini membuatnya nggak pernah bersekolah di sekolah umum. Tapi ketika memasuki kelas 5 SD, kedua orangtuanya memberanikan diri untuk memasukkan Auggie, nama panggilannya, ke sekolah Beecher Prep. 

Beradaptasi di sekolah umum dengan tampilan fisik yang nggak biasa tentu bukan hal mudah bagi Auggie. Ia kerap dirundung hingga mendapat diskrimasi, walau akhirnya mendapat penerimaan dari teman-teman dan lingkungannya. Kalau filmnya berhasil bikin kalian nangis, siap-siap karena novelnya bakal lebih bikin banjir air mata! 

3. ELIZA AND HER MONSTERS

Di dunia nyata, Eliza Mirk adalah sesosok gadis remaja pemalu, aneh dan nggak punya banyak teman. Tapi di dunia maya, dia adalah Lady Constellation, seorang kreator anonim dari web komik populer berjudul Monstrous Sea

Hingga suatu hari, Wallace Warland, seorang penggemar berat Monstrous Sea, pindah ke sekolah Eliza. Pertemanan mereka membuat Eliza berpikir bahwa hidup di dunia nyata bisa semenyenangkan dunia maya yang diciptakannya.

Namun, saat identitas rahasia Eliza secara nggak sengaja terungkap, semua yang dibangunnya mulai dari kisah fiksinya, hubungannya dengan Wallace hingga kewarasannya sendiri, perlahan mulai berantakan. 

Novel karya Francesca Zappia ini mengangkat tema yang cukup berat yakni seputar kesehatan mental. Namun, pembahasannya tetap menarik dan nggak berbelit-belit sehingga cocok dibaca oleh pemula sekalipun. Nggak usah terintimidasi melihat bukunya yang cukup tebal, ya. Banyak halamannya yang hanya berisi ilustrasi, kok. 

BACA JUGA: BERZIARAH KE PUSARA MINKE, TOKOH UTAMA DI NOVEL DAN FILM ‘BUMI MANUSIA’ 

4. CITY OF GHOSTS

Cari bacaan berbahasa Inggris untuk pemula yang berhubungan dengan dunia paranormal? Trilogi Cassidy Blake yang ditulis oleh VE Schwab ini bakal cocok banget untuk kalian. Coba dulu deh baca novel pertamanya, City of Ghosts.

Ceritanya, kedua orangtua Cassidy Blake adalah tim pemburu hantu bernama The Inspecter yang memiliki acara TV populer. Cass sendiri bisa melihat hantu, bahkan dia memiliki teman dari dunia lain bernama Jacob. 

Saat kedua orangtua Cass pergi menuju Skotlandia untuk program TV terbaru mereka, Cass dan Jacob yang ikut dalam perjalanan tersebut bertemu dengan Lara, seorang gadis yang sama-sama mampu melihat hantu. Cass kemudian menyadari bahwa kemampuannya ini bertujuan untuk mengirim hantu-hantu kembali ke alam mereka. 

Cass yang masih beradaptasi dengan tugas barunya ini kemudian dihadapkan pada sosok Red Raven, hantu misterius yang terus menerornya saat ia berada di Skotlandia. Ceritanya seru banget dan bukunya juga nggak terlalu tebal. Kalau udah tamat buku pertama, ada dua sekuel yang menanti untuk kalian baca: Tunnel of Bones dan Bridge of Souls

5. DIARY OF A WIMPY KID

Novel satu ini juga udah diadaptasi menjadi film, lho. Kisahnya seputar keseharian seorang remaja tanggung bernama Greg Heffley dalam menghadapi aneka problematika kehidupannya di sekolah dan juga di rumah. 

Karakter Greg yang naif, kepedean dan sering ketiban sial ini menghibur banget, deh. Bukunya sendiri berformat graphic novel dengan banyak gambar ilustrasi dan bahasa yang mudah dipahami, membuatnya cocok dibaca oleh pemula. 

Jeff Kinney selaku penulisnya juga produktif banget nih, karena ada 16 buku dalam series ini yang udah rilis. Pas banget buat binge-reading karena bukunya juga nggak tebel-tebel amat. 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi novel berbahasa Inggris yang cocok dibaca buat kalian yang masih pemula. Semuanya seru, menarik, best seller dan pastinya mudah dipahami. Selamat membaca! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read