Books

CATAT! INILAH 4 SERIAL ADAPTASI NOVEL YANG AKAN RILIS 2023

Dari The Witcher season 3 di Netflix sampai Daisy Jones di Amazon Prime Video, harus banget nih kamu tandain series adaptasi novel yang bakal tayang di 2023 ini.

title

FROYONION.COM - Buat kamu yang hobi baca buku, 2023 akan jadi tahun penuh kebahagiaan. Gimana nggak, beberapa series adaptasi novel bakal rilis tahun ini. Ada yang lanjut season 2 dan 3, ada pula yang baru mulai season pertamanya. Genrenya juga beragam, mulai dari fantasy, horor sampai drama. 

Buat kamu yang belum baca novelnya, tenang! Bisa jadi setelah nonton seriesnya, kamu akan lebih termotivasi lagi buat namatin versi cetaknya. Keempat series ini diadaptasi dari novel yang punya respon bagus dari para kritikus. Nggak akan zonk, deh.

Yuk ah, langsung kita cek series adaptasi novel apa aja sih yang wajib masuk watchlist 2023!

1. LOCKWOOD & CO (27 JANUARI, NETFLIX)

Bergenre horor komedi, petualangan trio pembasmi hantu Lockwood & Co akan bisa kamu saksikan mulai 27 Januari di platform Netflix. Diangkat dari novel pentalogi karya Jonathan Stroud, kisahnya berlatar di London era jadul. Sebuah agen pendeteksi psikis yang terbilang masih baru, Lockwood & Co, memulai aksinya dengan hanya tiga pegawai: Anthony Lockwood, Lucy Carlyle dan George Cubbins.

Sumber daya yang terbilang minim nggak menyurutkan langkah tiga agen muda ini dalam memberantas aneka kasus misterius yang berhubungan dengan arwah. Lockwood & Co bisa jadi alternatif tontonan buat kamu yang penasaran sama genre horor tapi nggak mau ditakut-takutin banget sama hantunya. Alias, masih aman buat jantung!

Series novelnya sendiri sudah tamat di buku kelima dan semuanya sudah rampung diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh penerbit Gramedia. Gampang nih kalau mau cari bukunya di toko-toko terdekat. Gaya bahasanya lugas, mudah dimengerti dan pastinya seruuu. 

Sedikit bocoran, nih. Buat kamu yang kesemsem sama karakter Thing di serial Wednesday, harus banget tonton Lockwood & Co nanti, ya. Ada tokoh figuran yang mirip-mirip dan nggak kalah menariknya. Tungguin aja deh pokoknya.

2. DAISY JONES & THE SIX (3 MARET, AMAZON PRIME VIDEO)

Fans berat Taylor Jenkins-Reid bakal senyum lebar, nih. Salah satu karya unggulan beliau, Daisy Jones & The Six, resmi diadaptasi Prime Video dan bakal tayang perdana 3 Maret besok. Aktor utamanya juga kita semua pasti kenal, si ganteng Sam Claflin!

Novelnya sendiri menceritakan lika-liku kehidupan penyanyi cantik bernama Daisy Jones hingga akhirnya ia bergabung dengan band The Six di era 1970an. Nggak sekedar soal kerja keras dan drama-drama percintaan di balik layar, novel ini turut memperlihatkan gimana keterlibatan perempuan dalam industri musik di tahun tersebut. 

Kamu yang penasaran dan nggak bisa nunggu sampai 3 Maret, bisa banget baca novelnya dulu. Hanya ada satu buku, kok. Diceritakan dengan format wawancara, kisahnya begitu mengalir sampai-sampai kupikir ini real! Nggak salah kalau novelnya dapat nominasi Goodreads Choice Awards untuk kategori Best Historical Fiction. Wajar kalau antusiasme dan ekspektasi pembaca buat seriesnya bakal tinggi banget. 

3. SHADOW AND BONE SEASON 2 (16 MARET, NETFLIX)

Shadow and Bone bisa dibilang punya konsep adaptasi yang unik. Series Netflixnya menggabungkan dua seri novel dengan timeline berbeda yang terjadi di universe yang sama. Shadow and Bone terdiri dari tiga buku dengan tokoh utama Alina Starkov. Sementara Six of Crows, memiliki setting beberapa tahun setelah kejadian dalam Shadow and Bone, terdiri dari dua buku berisi petualangan gengnya Kaz Brekker.

Banyak karakter dalam dua seri novel ini yang sebenarnya nggak pernah ketemu satu sama lain. Tapi di series adaptasinya, mereka bekerjasama buat menumbangkan musuh yang sama. Konsep ini sempat bikin aku khawatir kalau eksekusinya bakal mengecewakan. Nyatanya, season satu yang tayang 2021 lalu sukses menyuguhkan banyak aksi epic dan kejutan menyenangkan.

Secara pribadi, series ini yang paling aku tunggu, sih. Apalagi, musim kedua Shadow and Bone akan kedatangan empat wajah baru. Mereka adalah Pangeran Nikolai, Wylan Van Eck dan si kembar Tamar – Tolya. Bahkan, sempat ada sedikit spill dari tim produksi bahwa season dua ini akan dibuat berbeda dari novelnya. Makin penasaran, nih! 

4. THE WITCHER SEASON 3 (TBA, NETFLIX)

Geralt of Rivia is back! Musim ketiga kisah petualangan The Butcher of Blaviken ini sekaligus akan jadi kali terakhir kita melihat Henry Cavill dalam wig silver-nya. Walau series The Witcher dikabarkan akan terus diproduksi sampai season keempat, tapi partisipasi Cavill hanya sampai season 3 di tahun ini saja. Peran Geralt of Rivia akan dilanjutkan oleh Liam Hemsworth di musim keempat mendatang. 

Sedih, pasti. Apalagi mengingat salah satu alasan terbesar orang-orang mantengin The Witcher ya demi Henry Cavill. Tapi apa mau dikata, memang begitu adanya. Season tiga ini nantinya nggak cuma tentang kelanjutan kisah Geralt, Ciri dan Yennefer tapi juga salam selamat tinggal untuk Cavill. Benar-benar nggak boleh dilewatkan deh season tiga ini.

Oh ya, buat kamu yang belum tahu, The Witcher diadaptasi dari series novel karya penulis Polandia, Andrzej Sapowski. Terdiri dari 6 novel dan 15 cerita pendek, bisa banget nih kamu tuntasin dulu novelnya sambil nunggu tanggal tayang resminya di Netflix. 

Nah, itu dia empat series adaptasi novel yang bakal rilis tahun ini. Buat kamu yang mungkin bertanya-tanya, di mana Percy Jackson dan House of the Dragon season 2? Tenang, dua-duanya bakal resmi rilis di 2024 besok. Jadi, belum bisa dimasukkan ke daftar ini, ya. 

Udah siap-siap mau nonton yang mana aja, nih? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read