Beauty

PEMILIK KULIT SENSITIF MERAPAT! INI 3 TIPS YANG HARUS KAMU TAHU

Kulit sensitif yang sering rewel memang jadi masalah tersendiri buat sebagian orang. Tenang, ada tiga tips yang bisa diikuti untuk perawatan sehari-hari kulit sensitif.

title

FROYONION.COM - Jenis kulit manusia umumnya terdiri dari kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif dan kulit normal. Tiap jenisnya memiliki karakteristik, masalah, kekurangan hingga kelebihannya masing-masing.  

Kulit kering, misalnya, berarti  jenis kulit yang kekurangan hidrasi karena minimnya produksi minyak sehingga akan tampak pecah-pecah dan mudah berkeriput. Kelebihannya, pemilik kulit kering biasanya nggak memiliki permasalahan dengan jerawat.  

Kebalikan dengan kulit kering adalah kulit sensitif yang memiliki produksi minyak berlebih sehingga sering bermasalah dengan jerawat. Namun, konon orang dengan tipe kulit ini akan lebih sulit mendapat keriput. 

Kulit normal tentu jadi dambaan semua orang, tapi hanya mereka yang memenangkan lotre genetik yang memiliki jenis kulit ini. Jenis kulit ini akan memiliki produksi minyak dalam batas wajar sehingga nggak terlalu berlebihan tapi juga nggak terlalu kurang. Kulit senantiasa lembab dan relatif nggak banyak bermasalah dengan jerawat ataupun kerutan.  

Terakhir, ada kulit sensitif yang bisa dibilang cukup menjengkelkan. Bagaimana nggak, pemilik kulit sensitif nggak bisa sembarangan gonta-ganti produk perawatan dan beberapa bahkan hanya harus menggunakan produk tertentu saja untuk merawat kulitnya. 

Kulit sensitif ialah tipe kulit yang lebih rentan mengeluarkan reaksi berlebih ketika terpapar zat tertentu. Ciri-ciri yang banyak ditemukan pada pemilik kulit sensitif adalah rasa kering, tampilan bersisik, rentan berjerawat dan gatal-gatal serta reaktif pada produk kosmetik terutama yang baru dicoba. 

Nggak jarang, pemilik kulit sensitif harus ekstra hati-hati saat menggunakan produk tertentu. Mereka juga wajib memberikan perhatian lebih pada kulitnya, seperti memilih baju dengan bahan tertentu, menghindari beberapa jenis makanan dan senantiasa mengatur suhu ruangan tempatnya berada. 

Kalau kulit kalian termasuk jenis yang sensitif, perhatikan tiga tips berikut pada perawatan kulit sehari-hari. 

BACA JUGA: PUNYA KULIT SENSITIF? COBA BODY WASH INI! 

1. INVESTASIKAN BASIC SKINCARE

Jangan terburu-buru memikirkan untuk membeli aneka serum, toner, essence, masker, dan aneka produk perawatan kulit lainnya. Mulailah dan investasikan lebih banyak pada basic skincare. 

Termasuk dalam basic skincare ini adalah pembersih wajah, tabir surya dan pelembab. Bersihkan wajah dengan menyeluruh secara teratur terutama setelah seharian beraktivitas. Jika dirasa perlu, lakukan double cleansing dengan first cleanser seperti micellar water atau cleansing balm lalu lanjutkan dengan facial wash

Selalu ingat untuk aplikasikan tabir surya tiap pagi dan ulangi tiap 2 - 3 jam sekali, terutama apabila harus beraktivitas di luar ruangan. Pilih tabir surya dengan SPF yang cukup untuk melindungi kulit dan kandungan bahan yang nggak mengiritasi. 

BACA JUGA: KULITMU BERMINYAK? INI JENIS SKINCARE YANG TEPAT UNTUKMU

Terakhir, pilih dan gunakan pelembab yang memberikan hidrasi cukup serta melindungi skin barrier agar nggak cepat rusak. Pemakaian pelembab ini bisa dilakukan pada malam hari saja jika tabir surya dirasa sudah cukup melembabkan di pagi hari. 

Bukan hanya pada kulit sensitif, investasi basic skincare juga wajib dilakukan untuk tipe kulit apapun. Ketika kulit sudah terbiasa menerima rangkaian basic skincare, barulah kalian bisa mulai menambah step lain dalam rangkaian skincare routine seperti toner, serum dan lain-lain. 

2. STOP GONTA-GANTI SKINCARE

Makin sering coba-coba skincare, makin tinggi juga resiko kalian mengalami alergi sebagai akibat dari ketidakcocokan penggunaan produk. Ya, memang seperti inilah sedihnya punya kulit sensitif. Nggak bisa ikut cobain tren skincare baru yang sedang booming

Apalagi tren skincare dan produk-produk dari aneka merek terus-menerus bermunculan hampir tiap harinya. Brand lokal maupun internasional tampaknya berlomba-lomba mengeluarkan lini baru untuk semua masalah kulit, dan kalian mungkin pernah merasa tergoda untuk mencobanya. 

Tapi, buat kalian yang kulitnya sensitif, sebaiknya pikir-pikir dulu sebelum mulai coba-coba skincare baru. Ada resiko skincare itu nggak akan cocok dan malah mengiritasi kulit. Ujung-ujungnya skincare yang sudah dibeli nggak akan dipakai lagi. 

Kalau kalian sudah cocok dengan satu produk tertentu, lanjutkan pakai produk itu saja dan hindari lirik-liirk produk lain. Sisi positif punya kulit sensitif adalah mengurangi rasa FOMO akan suatu tren produk yang sedang banyak dibicarakan. 

3. LAKUKAN UJI COBA

Tetap mau mencoba produk lain yang belum pernah dipakai sebelumnya? Terlebih dulu lakukan patch test alias uji coba penggunaan produk baru di area kecil. Oleskan sedikit produk pada bagian belakang telinga atau lengan, lalu tunggu 24 jam untuk melihat reaksinya. 

Kalau muncul kemerahan atau iritasi, hentikan penggunaan produk saat itu juga. Tapi kalau ternyata nggak ada reaksi apa-apa dari pengujian ini, artinya kulit kalian bisa menerima produk tersebut dan penggunaan bisa dilanjutkan. 

Patch test bisa dilakukan untuk semua produk perawatan kecantikan mulai dari pelembab, toner, serum, masker hingga parfum. Supaya nggak boncos, pastikan kalian beli travel size dulu ya agar bisa dilihat dulu ada reaksi negatifnya atau nggak. 

Ingat, patch test belum tentu berhasil. Kemungkinannya 50/50, jadi kalian harus bersiap untuk menerima kalau produk yang dicoba itu ternyata nggak cocok. 

BACA JUGA: TIPS DAN TRIK MAKSIMALKAN SKINCARE YANG NGGAK COCOK DI WAJAH

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa diikuti oleh kalian yang memiliki kulit sensitif. Tiap jenis kulit memang memiliki masalahnya masing-masing, termasuk kulit sensitif. Jika diperlukan, kalian bisa meminta bantuan langsung pada ahlinya. 

Semoga bermanfaat! (*/) (Photo credit: Karolina Grabowska)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read